Wisata favorit di Palembang dengan tema sejarah

wisata di palembang

Setiap perjalan memiliki cerita masing-masing jangan mengeluh dan tetap bersyukur


Assalamualikum wr.wb, apa kabar nih, mau liburan ke palembang tapi bingun mau kemana jangan khawatir, Palembang gak hanya terkenal Pempeknya kok, masih banyak tempat wisata sejarah yang di jamin gak bakal bikin boring saat berkunjung ke Palembang. Sebab, di Bumi Sriwijaya ini terdapat banyak tempat untuk sekadar menghabiskan waktu luang sambil refreshing. 


Palembang merupakan kota yang penuh dengan tempat ber sejarah sehingga tidak heran jika banyak terdapat objek wisata bersejarah yang sayang kalau dilewatkan ketika berkunjung ke Palembang, Berikut beberapa objek wisata yang bisa Anda kunjungi.


Wisata di palembang, bertemakan sejarah


1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera merupakan icon dari kota palembang dan merupakan jembatan peninggalan zaman jepang tentu membuat jembatan ini penuh dengan nilai sejarah yang wajib kalian kunjungi ketika berlibur kepalembang. Jembatan ampera juga 

merupakan jembatan yang masih aktif digunakan oleh warga palembang sehingga jembatan ini sangat diperhatikan oleh pemerintah setempat dan menjadi tujuan berfoto ketika datang ke kota palembang.

2. Masjid Agung

Masjid Agung merupakan masjid unik yang ada dipalembang karena memiliki 3 aliran seperti eropa, tiongkok dan juga islam sehingga membuat masjid ini menjadi icon kota palembang selain ampera. masjid ini merupakan masjid terbesar di Sumatera selatan dan letaknya sangat strategis dan berada di pusat kota.


3. Museum Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II

Letaknya bersebelahan dengan berbagai objek wisata lainnya membuat museum ini sangat ramai di kunjungi oleh para pengunjung terutama ketika hari libur karen didalam museum ini banyak sekali terdapat peninggalan dari zaman Sriwjayan hingga Belanda.


4. Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera)

Monumen Perjuangan Rakyat terletak dekat dengan berbagai destinasi wisata seperti jembatan Ampera, Masjid Agung, Museum Sultan Mahmud Badarudin II, Benteng Kuto Besak dan berbagai destinasi lainnya. 

Pada museum ini, pengunjung dapat menjumpai berbagai jenis senjata yang dipergunakan dalam pertempuran tersebut termasuk berbagai dokumen perang dan benda-benda bersejarah lainnya seperti uang lama, patung pahlawan dan lain-lain. 


5. Museum Bala Putra Dewa

Museum Balaputera Dewa adalah salah satu yang wajib anda kunjungi karena terdapat peninggalan unik sejak zaman Kerajaan Sriwijaya, zaman Kesultanan Palembang dan juga zaman Kolonialisme Belanda. 

6. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang yang terletak di Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I Palembang ini menyimpan banyak sejarah zaman Kerajaan Sriwijaya, pemerintahan perwakilan Majapahit dan juga  Kesultanan Palembang Darussalam.

7. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS)

Situs Karanganyar atau yang dikenal dengan nama Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya. bahwa pusat kerajaan Sriwijaya di Palembang terletak di situs ini. 

Di kawasan ini ditemukan banyak peninggalan purbakala yang menunjukkan bahwa kawasan ini pernah menjadi pusat permukiman dari zaman kerajaan Sriwijaya.


8. Kampung Kapitan

Kampung Kapitan terletak di pinggir Sungai Musi atau berseberangan dengan Benteng Kuto Besak. Merupakan kampung yang pada zaman Belanda merupakan tempat tinggal bagi orang0orang Tionghoa yang ada di Palembang, Kampung ini sekarang sudah dijadikan sebagai tempat wisata bagi yang ingin berkunjung ke Palembang.



9. Pulau Kemaro

Terletak di tengah Sungai Musi, sekitar 6 KM dari Jembatan Ampera. Saat ini Pulau Kemaro adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang cukup terkenal. Di Pulau Kemaro terdapat sebuah vihara yang banyak didatangi oleh umat Budha untuk berdoa dan berziarah. Di sini juga dapat ditemukan sebuah makam yang merupakan makam dari seorang putri Palembang dan terdapat Pohon 
Cinta. 

Sebagian masyarakat percaya, bila sepasang kekasih mengukir namanya di bagian Pohon ini maka hubungan asmara mereka akan berlanjut sampai ke jenjang pernikahan.  Bagi kalian yang ingin berkunjung harus menumpang perahu atau bus air dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 15 Menit.

10. Masjid Muhammad Cheng Ho

Masjid Cheng Ho yang di Palembang memiliki nama lain yaitu Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho. Merupakan Masjid Orang Muslim Tionghoa yang berlokasi di sekitar Jakabaring Palembang. 

Masjid ini memiliki ornamen yang unik khas biara atau klenteng dari agama Tionghoa namun beraliran islam. Masjid ini merupakan salah satu destinasi wisata yang ada dikota palembang karena letaknya strategis tidak jauh dari Glora Sriwijaya palembang. itulah beberapa tempat wisata sejarah yang ada dikota Palembang.

 Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel