Apakah benar Indonesia dijajah Selama 350 Tahun


"Jangan sekali-kali melupakan sejarah- Ir Soekarno"

Halo apa kabar semua, semoga sehat selalu bagi yang masih sekolah semoga bisa lanjut ke Universitas yang di inginkan dan yang sudah bekerja semoga sesuai dengan keinginan, amin. 

Materi kali ini saya akan membahas mengenai sejarah dari negara kita tercinta ini, apa benar Indonesia itu dijajah selama 350 tahun ? ada yang tau?.'

Serta negara mana saja yang pernah datang untuk menjajah Indonesia ya... Hmm.. Namun sebelumnya saya akan membahas sedikit tentang awal sejarah Indonesia dimulai dari kedatangan 


Bangsa Portugis sebagai bangsa dari Eropa yang menjadi pelopor datangnya bangsa Eropa hingga Indonesia bisa lepas dari jajahan bangsa asing, langsung saja.



1.Kedatangan Bangsa Portugis pada tahun ( 1511-1605 M)

Bangsa asing yang pertama kali datang ke Indonesia adalah Alfonso de Albuquerque dan berhasil melakukan pelayaran yang sangat jauh melalui tanjung harapan Afrika hingga tiba ke Indonesia dan sampailah ke Kepulauan Maluku pada tahun 1512, Pada awalnnya kedatang mereka di sambut dengan hangat oleh Raja di Ternate.

Tujuan awalnya datang ke Indonesia ya untuk mecari sumber rempah-rempah yang sangat dibutuhkan bangsa Eropa pada saat itu serta melakukan penyebaran agama Kristen, Hingga Portugis kemudian berhasil membangun Benteng Gamalama pada tahun 1522.

Rupanya benteng ini lah yang nantinya menjadi saksi-saksi sejarah dari beberapa banyak perlawanan rakyat Indonesia Khususnya Ternate untuk melawan Portugis.

Namun setelah diberi kepercayaan oleh rakyat Ternate Bangsa Portugis malah mengambil keuntungan yang sangat merugikan bangsa seperti melakukan tindakan-tindak seperti Monopoli perdagangan walaupun pada dasarnya monopoli yang dilakukan oleh Portugis belum dapat dikatakan berhasil.

Kemudian pada tahun 1570  hingga 1575 terjadilah peperangan yang berlangsung sekitar 5 tahun, antara rakyat Maluku yang dipimpin oleh Sultan Babullah dan menyebabkan portugis harus pergi menuju Tidore wilayah Ambon Saat ini. Hal ini membuat perlawanan di berbagai wilayah yang ada di Indonesia pada saat itu terhadap Portugis.

Selain itu kedatangan bangsa Belanda membuat Portugis harus angkat kaki dari Indonesia karena setelah diserang oleh Belanda akhirnya Portugis menyerah tanpa perlawanan terhadap Belanda dan terpaksa harus meninggalkan kekuasaan meraka di Indonesia.

2.Kedatangan Bangsa Spanyol (1521 –1641 M)

Negara selanjutnya yang pernah menjajah Indonesia adalah Spanyol. Kabar mengenai Portugis yang berhasil menemukan pulau Maluku membuat negara-negara yang ada di Eropa seperti kejatuhan Bintang, mereka Berlomba-lomba untuk mengikuti jejak dari Portugis dan menjadikannya sekutu. Sebelumya Spanyol pernah singga di Negara Filiphina.

 Orang yang memimpin ekspedisi besar ini adalah Ferdindand Maghellands akan tetapi Ia terbunuh di Filiphina karena bersengketa dengan penduduk setempat, kemudian ekspedisi tetap dilanjutan yang di pimpin oleh Juan Sebastian Elcano dan Berhasil mencapai Maluku pada 8 November 1521.

Namun dari 5 Kapal yang berangkat dari Sevilla Spanyo hanya 2 kapan saja yang bisa bertahan, Mereka mendarat dan mendarat di wilayah Tidore, karena pada saat ini antara Tidore dan juga Ternate sedang mengalami gencatan akhirnya mereka disambut dengan cukup baik oleh masyarakat setempat.

Namun penjajahan Spanyol di Indonesia tidak berlangsung lama karena adanya gencatan dengan bangsa portugis membuat Spanyol harus angkat kaki dan membuat Perjanjian yang kemudian dikenal dengan saragosa Kesepakatan ini langsung di buat oleh raja-raja dari kedua bangsa tersebut seperti Spanyol.

Charles ke V dan Portugis oleh John ke III, yang pada dasarnya membagi kekuasaan antara Spanyol mulai dari Meksiko bagian Barat hinnga ke Filiphina dan juga Portugis mulai dari Brasil timur hingga di Asia tenggara, dengan begitu maka Portugis 

berhak memonopoli dan mengusai wilayah di Indonesia, namun pada akhirnya banyak negara lain yang berusaha memperebutkan hal ini. Akhirnya pada 1529 Spanyol kembali ke tempat dimana Ia pernah singgah yaitu Filiphina dan mendirikan kekuasaan disana.

3.    Kedatangan Bangsa Belanda  (1596-1942 M)

Motivasi Belanda datang ke Indonesia dikarenakan ingin mencari rempah-rempah langsung karena pada saat itu wilayah Eropa sebagian besar dikuasai oleh Spanyol termasuk Belanda merupakan jajahan dari Spanyol dan akhirnya berhasil melepaskan diri dari bawahan Spanyol kurang lebih 50 tahun dijajah.

Namun setelah lepas mereka masih kesulitan dalam mendapatkan sumber rempah-rempah Sehingga Belanda  berusahan mendapatkan secara langsung sumber rempah-rempah di negara Asia yang mana pada saat itu merupakan wilayah penghasil dari rempah-rempah terutama Indonesia.

Tujuan ini dimulai pada tahun 1595  dengan Nama vereenigdhe  Ost Indische Compagnie (VOC) dengan tujuan awal untuk melakukan perdagangan dan menyebarkan budaya belanda di Indonesia, serta agama tapi tetap yang menjadi tujuan utama mendapatkan rempah-rempah. Sebutan ini sering disebut dengan Gold, Glory, dan Gospel (3G).

Belanda berhasil sampai pertama kali di Banten Pada 22 juni 1596 yang dipimpin oleh Cornnelius De Hotman (sodara Hotman Paris Bukan ya, Hmm).

Awalnya kedatang Belanda dibanten disambut dengan baik namun akhirnya mereka memaksa rakyat Banten untuk melakukan penanaman secara paksa tanpa dibayar, hal ini yang membuat perlawanan dari rakyat banten dan meyebabkan Belanda terusir.

Mereka kemudian mendarat di Bali namun tidak mendapat sambut yang baik dan akhirnya mereka kembali ke asalnya.

Kemudian untuk kedua kalinya Belanda datang ke Indonesia dipimpin oleh Jacob Corneliz Van neck dan juga Van warwijk, mereka berusaha lebih ramah dan mengajak kembali rakyat Banten untuk berdagang.

VOC di dirikan pada 12 maret 1602 dengan tujuan untuk memengkan persaingan dagang dan juga demi mendapatkan keuntungan yang sangat besar dengan melakukan Monopoli, kemudian Belanda semakin serakah dan berusaha untuk menaklukan seluruh wilayah yang ada padahal tujuan awalnya hanya untuk berdagang saja.

Ya mungkin namanya juga manusia? Belanda berusaha menjali kerjasama dengan kerajaan yang ada serta mencetak uang sendiri. Kekuasaan Belanda Pada saat itu ada di Jayakarta(Batavia), saat ini adalah Jakart, Ambon, dan juga Banda. Kemudian pada awal abad ke 18, atau sekitar 31 Desamber 1799

VOC dibubarkan, dikarenakan mengalami kebangrutan dikarenakan tindakan korupsi, dan juga kalah bersaing dan menyebabkan hutang yan besar terhadap prancis yang kala itu di pimpin oleh Napoleon Bonaparte.

Sehingga pemerintahan yang ada Indonesia berhasil langsung dipegang dan diambil alih oleh pemerintah Belanda, dan dari sinilah kekejaman yang terjadi dimulai hingga 1942 Belanda berhasil di usir dan Indonesia akhirnya medapatkan hak Kemerdekaannya dari Belanda, Terus,

Apa benar Indonesia dijajah selama 350 tahun ?

Hmm coba simak Penjelasan Berikut ini ya.Seorang ahli sejarah dari Universitas Sanatha Darma yaitu Yerry Wirawan mengatakan bahwa "peryataan 350 tahun hanyalah sebagai penyemangat atau pembakar semangat bangsa Indonesia saja, Kok bisa ?

jika dihitung sejak kedatangan Belanda ke indonensia kemudian ditambahkan 350 hasilnya 1946 hal ini tentu tidak benar jika Indonesia dijajah selama itu, dan Indonesia juga merdeka pada Tahun 1945", sumber wawacara Kompas.

 Selain itu berdasarkan de facto dan de jure Indonesia baru secara resmi berdiri sejak 17 Agustus 1945 jadi sebelum itu Indonesia belum ada dan hanya berupa bagian wilayah yang memiliki kepemimpinan dan bukanlah sebuah negara yang berdaulat yang dipimpin oleh satu komando besar seorang raja/presiden.

Namun jikalau memang Indonesia dijajah sebelum itu maka hanya 126 tahun dan ditahun tersebut terdapat bangsa-bangsa lain yang datang ke Indonesia contohnya Inggris, dan Jepang maka Indonesia bukanlah dijajah selama 350 tahun karena Belanda menjajah secara terorganisisir sejak VOC dibubarkan dan Belanda sangat membutuhkan sumber pendapatan karena Belanda Baru saja lepas dari jajahan Prancis.

Jadi sekarang sudah taukan bahwa Indonesia tidak dijajah oleh Belanda selama 350 tahun yang selama ini sudah di ajarkan kepada kita bahkan sejak SD kita percaya hal tersebut, hal ini juga seperti Penemu Benua Amerika dapat dibaca dibawah ini:

4. Kedatangan Bangsa Inggris di Indonesia (1811-1816 M)

Sejak Inggris mampu mengalahkan Prancis yang terkenal dengan Nappoleon Bonapartenya akhirnya Inggris memiliki kekuasaan di Indonesia dan mendapatkan kerjasama dengan Belanda seiring dengan perjanjin tuntang, dengan isi bahwa Inggris memiliki kekuasaan seperti di wilayah jawa.

kemudian wilayah tersebut dipimpin Oleh Thomas Stamford Raffles dari Inggris sebagai gubernur baru Hindia Belanda menggantikan jendral Jannsens gubernur sebelumnya dari Belanda, dengan tujuan pembaruan bagi rakyat yang ada di Indonesia khususnya di Pulai jawa. 

Raflles membentuk kebijakan dengan membagi jawa menjadi 16 kresidenan (bupati)  sera menghapuskan feodalisme yang dilakukan oleh Belanda serta memberikan lahan kepada investor untuk menyewakan tanah denganjumlah biaya yang telah diseakati, menghapuskan kerja paksa sebelumnya dan menggantikannya dengan upah.

Raflles merupakan orang yang suka dengan ilmu pengetahuan dan karya seni seperti pengetahunan ia menulis buku dengan tema History of Java, yang dicetak sebanyak 2 jilid serta menemukan tenaman unik yang di sebut Bunga Raflesia Arnoldi (Bunga Bangkai). 

Namun Belanda tidak terima dengan keputasan tersebut dan berusaha untuk merebut kembali kekuasanya di Indonesia melalui perjanjian yang dilaksanakan di London tahun 1814.

Belanda akhirnya kembali lagi dan berhasil memenangkannya, sehingga Raffles pun  kemudiam pindah ke Bengkulu namun tidak bertahan lama karena ia harus pergi lagi ke Singapura pada tahun 1816 dan saat itu berakhirlah kekuasaan dari Inggris di Indonesia.


5.    Kedatangan Bangsa Jepang (1942-1945)

Kedatangan bangsa jepang ke Indonesia disebabkan oleh Peperangan yang terjadi antara Belanda melawan Nazi Jerman, sehingga belanda tidak lagi dapat mengotrol jajahannya dengan baik yaitu di Indonesia.

sehingga hal ini menyebabkan celah bagi bangsa lain dan berhasil di manfaatkan oleh Jepang untuk menduduki Indonesia, tepatnya di 3 wilayah di yaitu wilayah Jawa Indramayu, Banten, dan juga rembang, misi jepang datang keindonesia untuk mencari sumber minyak yang akan digunakan untuk peperangan.

Tentu saja hal ini disambut dengan antusias bangsa Indonesia dikarenakan pada saat itu juga Ingin melepaskan dari jajahan Belanda, dengan Slogan 3A nya yaitu Jepang Cahaya Asia, Jepang Pelindung Asia, jepang Pemimpin Asia kemudian berhasil menarik simpati rakyat Indonesia. 

Hal tersebut berhasil membuat Belanda menyerah pada 9 Maret 1942.  Dari sinilah jepang berkuasa sepenuhnya di Indonesia, Jepang mendirikan Romusha atau tentara dari Pribumi yang nantinya digunakan untuk peperangan, namun setelh Jepang kalah dalam perang dunia ke 2 


menyebabkan kekosongan kekuasaan diIndonesia sehingga pemuda serta para cendikia berusaha untuk memerdekakan diri dari seluruh jajahan yang  ada dan membuat persatuan dan menunjuk Soekarno dan juga Mohhamd Hatta untuk menjadi Presidan dan juga wakil Presiden Indonesia.


kemudian secara resmi Indonesia berhasil memerdekakan diri pada 17 Agustus 1945, hal ini membuat Indonesia lepas dari jajahan asing yang selama ini membuat rakyat menderita.

Apa benar Indonesia dijajah oleh Belanda Selama 3,5 Abad ?

Berdasarkan dari sumber Buku Sejarah Nasional Indonesia dan juga pengalaman yang saya dapatkan ketika kuliah di Universitas Sriwijaya maka di dapatkan kesimpulan bahwa sebagai berikut : 
  1. Masa Penjajahan Belanda dimulai setelah keruntuhan VOC pada 31 Desember 1799
  2. Negara Indonesia belum terbentuk dan siftnya masih terpisah-pisah sehingga penjajah yang dilakukan oleh Belanda bukan penjajahan negara melainkan penjajahan wilayah saja.
  3. Ucapan Bung Karno mengenai jajahan selama 350 tahun merupakan kata-kata pembakar semangat bangsa agar memiliki persamaan nasib, tekad dan juga jiwa nasionalisme yang kuat.
  4. Ucapan 350 tahun di percaya bahwa disebar oleh pihak Belanda untuk menyebar paham bahwa Indonesia merupakan wilayah kekuasaan Belanda sehingga tidak ada yang bisa merebutnya dari mereka.

Dari penjelasan diatas tentu dapat anda simpulkan sendiri bagaimana tanggapan anda mengenai kebenarannya tahi hal tersebut juga bukanlah hal baik yang harus dibanggakan karena bangsa Indonesia, 

nenek moyang kita sangat menderita atas kekejaman dan penindasaan-penindasan yang dilakukan semena-mena.  Sehingga ada baiknya kita menghargai perjuangan bangsa ini agar kita terus bisa merasakan jiwa nasionalisme yang tidak pernah pudar. 

Demikian penjelasan mengenai Negara yang pernah menjajah Indonesia jika terdapat kekurangan mohon maaf karena saya juga masih belajar dan jika ada kiritik dapat disampaikan melalui komentar, terima kasih.

Jangan lupa bantu saya dengan klik iklan gambar diartikel ya, semoga Allah yang membalas kebaikan kalian, see you, Adios karamelos salam, jasmerah wkwk.

Referensi : Buku Sejarah Nasional Indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel