Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli



"Sejarah adalah eksperimen yang sudah teruji  di masa lalu, manfaatkanlah sebaik mungkin pengetahuan itu untuk masa kini dan masa depanmu"  

Assalamualaikum Wr. Wb. Haii Apa Kabar semua, semoga selalu sehat Kali ini saya akan menjelaskan mengenai definisi Sejarah berdasarkan pendapat para ahli serta kesimpulannya secara ringkas dan jelas.

ok langsung saja ke pembahasan sebelumnya jika kalian ada yang sedang mencari panduan mengenai penulisan skripsi silahkan baca Panduan Penulisan Skripsi yang baik dan benar  ok selamat membaca.

PENGERTIAN SEJARAH MENURUT AHLI

Secara Etimologi Pengertian Sejarah berasal dari bahasa Arab yaitu Syajaratun yang memiliki arti pohon yang mengambarkan silsilah keturunan. 

sedangkan di Indonesia Sejarah di definisikan sebagai silsilah, asal usul, kejadian yang terjadi di masa lalu secara kronologis dan sesuai dengan makna pohon dalam bahasa Arab yang memiliki arti bahwa sejarah sebagai Akar dari setiap kejadian ataupun pristiwa yang telah 

terjadi dan dapat dijadikan sebagai bahan ajar ataupun untuk menambah wawasan dan sejarah memiliki tiga aspek yaitu Masa lalu, Masa Kini dan juga Masa yang akan datang.

A. Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli.

Penjelasan mengenai Sejarah sangat beragam dan banyak pendapat mengenai makna sejarah itu sendiri.

 1. Menurut Evans 

Sejarah menurutnya didefinisikan sebagai memori manusia itu sendiri, sehingga sejarah menjadi tidak terbatas karena manusia selalu berubah dan berkembang. 

2.Menurut Muhammad Hatta 

Sejarah merupakan gambaran dari suatu kejadian dimasa lampau hal ini dimaksudkan bahwa sejarah bukan hanya penjelasan tentang suatu kejadian yang telah terjadi melainkan dapat mencerminkan kejadian yang telah terjadi di masa lalu. 

3. Menurut Sartono Kartodirjo

Sejarah sebagai suatu kejadian yang telah terjadi di masa lalu yang dapat menjelaskan berbagai kejadian yang telah terjadi dan sebagai bahan pembelajaran di masa ini dan masa yang akan datang. 

4. Menurut Ibnu Khaldun

Sejarah dapat dikatakan sebagai suatu catatan atau watak yang terjadi di masyarakat pada zaman dahulu sehingga sejarah  menjadi cerminan kejadi atau pristiwa suatu bangsa pada zaman dahulu. 

5. Menurut Ariestoteles

Sejarah merupakan suatu kejadian yang telah terjadi dan dapat di lihat secara terstruktur mengenai setiap kejadian berdasarkan kronologi kejadian yang terjadi pada masa lalu. 

Ariestotales juga berpendapat bahwa sumber sejarah harus sesuai dengan sumber-sumber kejadian sehingga tidak ditambah ataupu dikurangi setiap pristiwa yang telah terjadi dengan demikian sejarah dapat menjadi bahan referensi bagi dunia pendidikan.

Terdapat tiga cara untuk mendefinisikan sejarah:

1. Sejarah Merupakan suatu cabang dari setiap kejadian atau prsitiwa masa lalu dan berkaitan langsung dengan masyarakat pada masa lalu. Kejadian yang berlangsung direkam dan dicatat oeh koran harian untuk memberitakan kejadian tersebut namun ketikan masanya telah lewat atau berlalu maka hal tersebut dapat dikatakan sebagai bagian dari sejarah.

 Hal ini juga berkaitan dengan Biografi, kisah kerajaan, tokoh termasuk dalam kategori ini.

2. Sejarah sebagai cabang pengetahuan tentang aturan dan juga tradisi yang mengatur kehidupan masyarakat di masa lalu. Dalam penjelasan kedua ini Sejarawan adalah menemukan karakter pristiwa sejarah dan mengetahui hubungan sebab akibat yang berlaku pada semua persitiwa serupa di masa lalu dan sekarang pada saat ini cabang ilmu ini disebut "Sejarah ilmiah". 

Sejarah ilmiah sifatnya  umum bukan khusus hal ini dapat dibahas dalam pokok bahasan sosiologi.

3. Sejarah sebagai filsafat, yaitu pengetahuan mengenai perkembangan masyarakat dari tahap  ketahap  dalam pengetahuan tentang hukum yang mengatur perubahan-perubahan yang telah terjadi di setiap kejadian atau kelompok masyarakat pada masa lalu.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Sejarah semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel