Dinasti yang ada di Cina (Tiongkok) Lengkap bagian pertama

https://buanadelta.blogspot.com/2020/01/dinasti-yang-ada-di-cina-lengkap-bagian.html
Gambar Peninggalan Dinasti yang ada di China

Lakukan Perjalanan Sulit ketika hal tersebut masih mudah dan lakukan hal besar ketika hal tersebut masih kecil, Perjalanan ribuan Mil dimulai dari satu langkah Pertama
Haii Assalamualaikum Wr.Wb. Apa kabarnya semoga selalu sehat dan tetap semangat dan kalian yang sedang berjuang menempuh bangku sekolah ataupun Kuliah semoga di permudah aminn.

Ok kali ini saya akan membahas tentang Dinasti-dinasti yang ada di Cina sekarang RRT (Republik Rakyat Tiongkok). semoga materi kali ini bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin mencari informasi mengenai dinasti yang ada di Cina.

DINASTI YANG ADA DI TIONGKOK 

Cina atau Tiongkok pada zaman dahulu diperintah berbagai macam Dinasti mulai dari Dinasti Chou hingga Dinasti Manchu (Chi'ng) hal tersebut akan saya jelaskan secara beruntun dan singkat lets goo.

1. Dinasti Chou (1222-221 SM)

Dinasti Chou dalam periode ini dibagi menjadi 2 tahapan mulai dari Chou Barat dan juga Chou Timur:

A. Chou Barat  (1222/1223-771 SM)

Dinasti Chou Barat pada awalnya berasal dari lembah Sungai Wei yang letaknya berada di sekitar di sekitar wilayah shansi dan Kansu. sejarah mencatat pada saat itu pemimpin masyarakat chou barat adalah pangeran K'an Fu dan berpindah (Migrasi) ke dekat lembah sungai Chou Yuan. 

Wilayah ini mereka bersosialisasi  dengan suku-suku yang telah ada di sekitar lembah sungai Chou Yuan yang dikenal dengan "Orang Yin".

setelah bergabung mereka semakin kuat dan berkembang  ketika dipimpin oleh Weng Wang dan wilayah kekuasaannya semakin meluas dan dikenal dengan penguasa wilayah barat. 

Semakin luas kekuasaan Dinasti Choun dibawah pimpinan Wu Wang dengan berhasil merebut Dinasti Shang pada 1222-1223 SM dan saat itu lahirlah Dinasti Chou. Dalam memerintah dinasti Chou, dan Wu wang memliki kebijakan yang digunakan agar masyarakat dapat sejahtera  yaitu :

a). Kekuasaan Raja merupakan penguasa tertinggi

b). Raja dalam menjalankan pemerintahan didampingin oleh perdana menteri yang bertugas sebagai penasihat raja. di dalam menteri ini dibagi menjadi 5 bagian yaitu Menteri Pertahanan, Menteri Upacara, Menteri Pertanian, Menteri Kehakiman, dan Menteri Pekerjaan Umum.

c). Kerajaan dibagi kedalam beberapa Provinsi.

pada masa pemerintahan Wu Wang berjalan dengan damai dan sejahtera hingga tahun 1116 SM. kemudian setelah Wu Wang meninggal dunia Tahta kerajaan di berikan ke pada putranya yang bernama Cheng Wang dan dimpingin oleh seorang wali yang bernama  Chou Kung karena putra Wu Wang masih kecil.  

pada masa ini beberapa kali terjadi penyerangan  yang dilakukan oleh orang-orang Barbar dari Bangsa Hsiung Nu).

 kemudian pada abad ke VIII M dan juga abad ke IX SM karena sering dilakukan serangan ke Dinasti Chou kekuasaan Dinasti Chou mulai melemah sehingga menyebabkan kerjaan menjadi terpecah-pecah sehingga pada masa terkahir yang dipimpin oleh Yu Wang mengalami keruntuhan.

Selanjuttnya kekuasaan Chou Barat berhasil di ambil alih  dan pusat kekuasaan di pindahkan ke wilayah  Timur oleh  Raja P'ing, yang kemudian mulailah era Chou Timur.



B. Dinasti Chou Timur (771-221 SM)

Era Dinasti Chou setelah berhasil dipindahkan oleh Raja P'ing ke wilayah Timur yang bertujuan untuk menghindari serangan-serangan yang dilakukan oleh orang-orang Barbar yang sebelumnya 

berhasil melemahkan kekuasaan dari Chou Barat. pada masa Chou Timur ini terjadi perubahan-perubahan pada sistem kehidupan masyarakat seperti :

a). Meningkatnya kehidupan para pedagang

b) kekuasaan pemerintah daerah mengalami peningkatan namun pada pemerintah pusat sebaliknya.

pada era ini juga munculah perebutan kekuasaan dan filsafat juga mulai lahir pada era ini. sehingga kemajuan militer perang mulai meningkat demi 

mengamankan wilayah kekuasaan mereka. pada kondisi demikian dinamakan masa permulaan zaman "The Independent and Contending States" 

kemudian masa setelahnya dinamakan "The Warring States". perubahan yang terjadi pada masa Dinasti Chou timur sangat pesat sejak ditemukaannya Besi maka perubahan masyarakat sangat pesat khususnya dibidang pertanian hal ini terlihat meningkatanya jumlah hasil panen dan perdagangan semakin meluas.

Munculnya golongan masyarakat baru yang menyebabkan menurutnya feodalisme dan mereka beranggapan zaman sudah berubah dan tidak mau terikat dengan adat-adat lama sehingga mengalami keruntuhan adat dan juga 

sistem feodalisme  pada masa ini juga mnculnya tokoh-tokoh filsafat yang sangat terkenal seperti , Mo Ti, Kung Fu Tzu hingga Lao Tzu ketiga tokoh ini sangat melegenda dan dikenal sebagai "Three Father of Chinese Philosophy"

3. Dinasti Ch'in (221-207 SM)

Setelah kekuasaan Chou timur berakhir kurang lebih sekitar 30 tahun maka munculah kekuasaan baru yang dipimpin oleh  Ch'eng yang sebelumnya berhasil menaklukan 6 negara vassal yang sebelumnya terpisah dari Dinasti Chou. Raja Ch'eng memiliki gelar Shih Huang Ti yang berarti lebih kuat dari tiga raja dan lima kaisar.

 pada masa ini sangat berpengaruh terhadap sistem pemerintahan negara-negara di cina karena pada masa ini muncul sistem kaisar yang bertahan hingga awal abad ke 20. 

Pada masa ini juga sejarah mencatat bahwa dibawah kekuasaan Huang Ti seluruh Cina dapat dipersatukan.

Shih Huang Ti berhasil menjadi raja sejak umur 13 tahun faktor yang membuatnya dapat menaklukkan seluruh Cina pertama, letak Dinasti Ch'in yang berada di wilayah

yang sangat strategis yaitu antara Shensi dan Kansu, letanyak yang di ketinggian juga mengakibatkan sulit untuk diserang.

kedua, Raja Huang Ti banyak memiliki ahli strategi dan juga tata negara sehingga sulit untuk dilawan pada zaman itu. pada masa ini juga "The Greath Wall" yang berarti tembok raksasa dibangun untuk 

menghindari serangan bangsa Barbar yang luasnya terbentang hingga 6.450 Km.

Pada masa ini juga sistem pemerintahan feodalisme dihapuskan sepenuhnya dan menggantinya dengan sistem pemerintahan Sentralisasi(terpusat). 

Shih Huang Ti meninggal pada 210 SM dan semenjak Huang Ti meninggal munculah benih-benih pemberontakan yang sudah mulai terlihat sejak akhir kepemimpinan Huang Ti.

Penasehat utama Huang Ti juga ingin menududuki kekuasaan maka ia membuat surat palsu dan ditunjukkan kepada Fu Ssu agar melakukan pengorbanan dan memberikan tahta kepada Putra kedua. 

Hal ini sesuai dengan rencana muncullah raja baru yang bergelar Erl Shih Huang Ti memiliki arti Kaisar Kedua. pada  masa kekuasaan Erl Shih Huang Ti terjadi kesombongan dan juga pembawaan yang kurang cakap dalam pemerintahan

sehingga terjadi kekacauan di bidang internal dan terjadilan pembunuhan Erl Shih Huang Ti pada 207 SM ia dibunuh oleh Chao Kao dan diangkatlah cucu dari Shih Huang Ti yaitu Tze Ying. 

Tze Ying mengetahui dalang dari pembunuhan Erl Huang Ti maka dibunuhlah Chao Kao dan seluruh keluarganya.

kekuasaan Tze Ying sangat kacau banyak terjadi pembunuhan dan juga pemberotakan semakin banyak disetiap wilayah kekuasaan dan kurang lebih 

sekitar 15 tahun berakhirlah kekuasaan dinasti Chi'ng hal ini disebabkan karena pemberontak berhasil masuk kedalam pemerintahan

pusat dan membunuh Tze Ying yang dilakukan oleh Hsiang Yu. kemudian keuasaan yang kosong tersebut berusahan diperebutkan oleh Hsiang Yu dengan Liu Pang dan dimenangkan Oleh Liu Pang kemudian Liu Pang mendirikan Dinasti Han.

4. Dinasti Han (206 SM - 220 M)

Pada era Dinasti Han Cina mengalami kejayaan. Masyarakat Cina saat ini juga bangga dengan Dinasti Han. 

Pada Dinasti Han terbagi kedalam dua masa yaitu Masa Han Sebelum dinasti Hsin disebut dengan Han Barat (206 Sm- 8 M) dan Dinasti Han sesudah Dinasti Hsin disebut dengan Han Timur  (23 M- 220 M).

a). Han Barat (206 SM -8 M)

Sesudah dinasti Ch'in runtuh lahirlah dinasti Han yang didirikan oleh Liu Pang dengan gelar Han Kao Tsu (206-195 SM). teman dekan Liau diangkan sebagai anggota kerajaan dengan gelar wang (raja kecil). 

Han Kao banyak belajar dari keruntuhan Dinasti Ch'in dan juga mengembalikan sistem pemerintahan feodalisme.  Hal ini berjalan cukup baik hingga Han Kao Tsu meninggal dunia pada (206-195 SM).

Penerusnya yaitu Hui Ti (195- 188 SM). Kaisar ini sangat lemah dan tidak memiliki putra sehingga diangkatlah Lu Hou namun karena keluarga raja sebelumnya masih kuat maka ia tidak dapat berbuat banyak hingga ia meninggal pada 180 SM.  

Setelah Lu Hou meninggal tahta kembali kepada keluarga utam dan Han Wen Ti diangkat menjadi raja (180-156 SM).

HanWEn Ti merupakan raja yang bijaksana filosofinya didasari oleh ajaran  Lao Tze. pada masa inilah zaman keemasan Dinasti Han terkahir banyak sekali kemajuan yang dilakukan negara juga menjadi tentram sistem pegawai juga diadakan pemilihan dan juga saran dari tokoh yang ada pada saat itu.

pada masa ini sistem feodal kembali dihapuskan  pada zaman ini juga munculah jalan sutra yang pada saat itu sangat pesat kemajuaannya hingga perdagangan semakin meluas. Jalan Sutra ini merupakan penghubung dua kerajaan besar antara Cina dengan Bangsa Romawi pada saa itu.

Han Wu Ti meningga pada 87 SM. perpecahan kembali terjadi setelah sepeninggalan raja yang hebat tersebut.pada era selanjutnya muncul Dinasti Han Timur.

b) Han Timur (8-220 M)

Setelah Liu Hsiu berhasil mengakhiri Wang Mang kemudian manaiki singgasana dengan gelar Kuang  Wu Ti. pada era ini didirikan sekolahan yang mempelajari ajara kung Fu Tze.

kekuasaan Wu Ti jug sampai hingga ke Jepang dan juga Singkiang.Kaisar Wu Ti meninggal selanjutnya dilanjutkan oleh Kaisar Ming Ti (58- 75 M).

kaisar ini juga sangat dikenal sejarah Cina perluasan wilayah hingga ke Asia Tengah. Agama Budha masuk ke Cina pada masa Ming Ti. Wilayah Cina kemudian melemah setelah Ming Ti meninggal kaisar-kaisar selanjutnya tidak berperan besar hingga runtuhnya Dinasti Han.


5. Dinasti T'ang (618-960 M)

Dinasti T'ang juga dikenal Dinasti yang Gemilang. dinasti ini didirikan oleh Li Yuan yang memiliki gelar T'ang Kao Tsu (618-627 M).  kemudian tahtanya dilanjutkan oleh T'ang Thai Tsung (627-649 M). Ia dapat dikatakan sebagai

kaisar Terbesar Cina sepanjang sejarah, ia dikenal sebagai jendral yang cakap, bijaksana, sastraan dan imperalis. kekuasaanya bahkan lebih megah dari dinasti Han. zaman Kesustraan semakin berkembang pada era ini.

Undang-udang juga di terapkan pada era ini yang banyak diikuti oleh sistem pemerintahan selanjtnya. Hubungan dengan dunia luar juga semakin meluas seperti Yunani pada 640 M India 643 M. 

pada masa ini juga Tang Thai Tsung berdaulat atas Manchuria, Amur, Korea, Mongolia, Turkestan, Thibet, Tashkent, Samarkhand, Bokhara, Fergana,dan Anam. 

Tang Thai Tsu berusaha untuk mengambil alih seluruh kekuasaan di korea namun mengalami kegagalan  dan kekuasaan diberikan kepada putranya

Tang Kao Tsung ( 648-683 M). pada kaisae ini mulai mengalami banyak pemberontakan dan era T'ang mengalami kemunduran.

1/2/
BACA JUGA :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel