Kerajan Hindu dan Budha di Indonesia

History is the written by the Victors
Bicara tentang Indonesia tentu tidak terlepas dengan sejarah kerajaan-kerajaan Hindu-Budha yang ada di Indonesia, Melalui hubungan dagang dan juga penyebaran agama yang terjadi seperti tiongkok, India hingga persia membuat indonesia dapat dikenal dan menjadi wilayah yang cukup disegani khususnya ketika zaman kerajaan Sriwijaya dan juga Kerajaan Majapahit yang saat itu pengaruh kekuasaannya bahkan sudah sampai keluar indonesia seperti thailand, malaysia, singapura saat ini dan beberapa negara di Asia Tenggara lain. Berikut ini penjelasan mengenai beberapa kerajaan Hindu Budha  di Indonesia berikut.

KERAJAAN HINDU DAN BUDHA DI INDONESIA 


1. Kerajaan Kutai (400-500 M)

Kerajaan Kutai bisa dibilang sebagai kerajaan tertua yang pernah berdiri di Indonesia hal ini didukung oleh temuan dari Yupa (batu bertulis) sebanyak 7 dan bertuliskan huruf pallawa dan memiliki bahasa sansekerta. Kerajaan ini terletak di Muara Kaman (dekat Kota Tenggarong Saat ini) tepatnya di hulu sungai Mahakam saat ini. Penemuan ini berhasil ditemukan di wilayah kutai sehingga penamaan kerajaan ini diambil dari hasil temuan tersebut. didalam prasasti tersebut terdapat penjelasan pendiri kerajaan kutai adalah raja yang bernama kudunga dan tahtanya kemudian diberikan kepada anaknya yang bernama asmwarman. Kerajaan Kutai juga dianggap sebagai akhir dari masa praaksara di Indonesia karena ditemukannya prasasti Yupa pada abad ke 4 M.

a. Masa kejayaan kerjaan Kutai

Berdasarkan hasil penelitian dari beberapa hal yang dijelaskan dalam prasasti Yupa menjelaskan bahwa perkembangan dan juga kerajaan kutai mengalami kejayaan pada masa Mularwarman dan menguasai hampir seluruh wilayah yang ada di Kalimantan Timur. 


b. Keruntuhan kerajaan Kutai 

Kerajaan Kutai mulai mengalami keruntuh sejak dipimpin oleh Maharaja Dharma Satya yang kalah melawan Aji Pangeran Sinum Panji yang merupakan raja dari kerajaan Kutai Kartanegara dan ia tewas terbunuh. akhirnya kerajaan Hindu pertama ini runtuh dan berakhir.

c. Peninggalan Kerajaan Kutai

-Prasasti Yupa
-Kalung Ciwa
-Ketopong Sultan
-Kura-kura Emas
-Kalung Uncal
-pedang sultan kutai

2. Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan yang selanjutnya Tarumanegara merupakan kerjaan Hindu Tertua setelah kerajaan kutai yang berdiri sekitar abad ke 4 hingga abad ke 7 M. Nama kerajaan ini memiliki arti Tarum dan Nagara nama Tarum sendiri diambil dari nama sungai Citarum dan Nagara yang berarti negara atau kerajaan. Raja Tarumanegara didirikan oleh raja Jayasingawarman sekitar 358 M.



a. Masa kejayaan Kerajaan Tarumanegara

Masa Kejayaan Kerajaan Tarumanegara pada masa Purnawarman rakyat hidup makmur melalui pertanian dan juga perdagangan. Pada Masa Purnawarman kerjaan Tarumanegara mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan berhasil menaklukan kerajaan kecil yang ada di sekitarnya. dan Raja purnawarman pernah menyumbang sekitar 1000 ekor sapi yang digunakan oleh pekerja untuk melakukan pembangunan sungai yang digunakan untuk mengaliri sekitar kerajaan yang luasnya hampir seluas wilayah jawa barat saat ini.


b. Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara

Runtuhnya kerjaan Tarumanegara ketika dipimpin oleh raja ke 13 yang bernama Tarusbawa. keruntuhan kerajaan ini selain tidak cakapnya raja saat itu hingga serangan dari kerajaan seperti Majapahit hingga kerajaan Sriwijaya. 

c. Peninggalan kerajaan Tarumanegara

-Prasasti Ciaruteun
-Prasasti Kebun Kopi
-Prasasti Tugu 
-Prasasti Jambu
-Prasasti Muara Cianten
-Prasasti Cidanghiyang
-Prasasti Pasir awi


3. Kerajaan Mataram Kuno (732 M-929 M)

Kerajaan ini berdiri sekitar abad ke 8 M dan letaknya berada di wilayah Jawa Tengah. kerajaan ini sering juga disebut kerajaan Medang Raja pertama kerajaan ini adalah Raden Sanjaya yang menganut agama Hindu. namun setelah raja sanjaya meninggal ia digantikan oleh Rakkai Panagkaran yang memilih berganti agama menjadi Budha Mahayana dan sejak saat itu agama Hindu dan Budha menyebar di wilayah Jawa Tengah.

a. Masa Kejayaan Mataram Kuno

kejayaan kerajaan Mataram Kuno, dipimpin oleh raja Balitung diperkirakan pada 898-910 M.  kekuasaanya hingga ke wilayah jawa Timur (Malang saat ini).

b. Kuruntuhan Kerajaan Mataram Kuno

penyebab keruntuhan kerajaan Mataram Kuno disebabkan oleh beberapa sebab pertama, adanya letusan gunung merapi yang merusak bangunan-bangunan candi dan pertanian rakyat. kedua, adanya krisis politik yang menyebabkan sistem pemerintahan tidak berjalan dengan baik. ketiga, 

c. Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

-Prasasti Canggal
-Prasasti kelurak
-Prasasti Matnyasih
-Prasasti Sojomerto
-Prasasti tri tepusan
-Prasasti Wanua
selain berbagai prsasti terdapat bangunan candi serta kebudayaan yang  masih ada hingga saat ini letaknya berada di sekitar jogjakarta dan sekitarnya.


PEMBAGIAN ZAMAN PRASEJARAH BERDASARKAN ILMU GEOLOGI


4. Kerajaan Sunda Galuh (932-1579M)

Kerajaan ini merupakan dua kerajaan yang bersatu. pada awalnya kerajaan ini merupakan pecahan dari kerajaan Tarumanegara. Berdasarkan naskah dari wangsakerta bahwa kerajaan ini didirikan oleh  Tarusbawa pada 591 saka atau 669 M. kerajaan ini cukup luas meliputi, wilayah Jawa barat, Banten, Jakarta hingga bagian barat Jawa Tengah.


a. Masa Kejayaan Kerajaan Sunda Galuh

Masa Kejayaan kerajaan ini terlihat dari bala tentara dan terciptanya kedamaian di kerajaan ini dikarenakan belajar dari runtuhnya kerajaan Tarumanegara sebelumnya merupakan bagian dari kerajaan Sunda Galub saat itu.

b. Keruntuhan Kerajaan Sunda Galuh

keruntuhan Kerajaan Sundah Galuh ketikan wilayah kekuasaanya sedikit deimi sedikit berhasil ditaklukan oleh cirebon yang pada saat itu sudah masuk agama islam yang membuat kerajaan ini mengalami kemunduran.

c. Peninggalan Kerajaan Sunda Galuh

-Prasasti Cikapundung
-Prasasti Pasir Datar
-Prasasti Huludayeh
-Prasasti Ulubelu
-Prasasti karang kamulyan

5. Kerajaan Kediri (1042-1222 M)

Terletak di sekitar kali Brantas, Jawa Timur. meliputi malang saat ini. kerajaan ini juga sering disebut kerajaan Panjalu. Ibu kota terletak dikota Daha (wilayah kediri saat ini). Sri Jayawarsa Digjaya Shastraprabu merupakan pendiri sekaligus raja pertama kerajaan Kediri. Keberadaan kerajaan Panjalu atau Kediri mulai diketahui melalui Prasasti Sirah Keting 1104 M. Sebelumnya di ceritakan kerajaan ini terbentuk karena perang Saudara antara Putra Airlangga yang kemudian salah satunya mendirikan kerajaan Kediri di Daha atau Dahanaputra yang berarti Kota Api.

a. Masa Kejayaan Kerajaan Kediri

Pada era Kameswara kerajaan Kediri mengalami perkembangan yang sangat pesat ia kemudian digantikan oleh Prabu Jayabaya dan merupakan raja paling terkenal dan terbesar yang pernah memimpi kerajaan kediri. Raja Jayabaya juga merupakan raja yang memiliki Ramalan Jangka Jayabaya yang terkenal.


b. Keruntuhan Kerajaan Kediri

Kerajaan Kediri mengalami keruntuhan pada era Kertajaya dan merupakan raja terkahir yang memimpin kerajaan Kediri. Ia dibunuh oleh Ken Arok pada 1222 M,

c. Peninggalan Kerajaan Kediri

-Prasasti Panumbang
-Prasasti Palah
-Kitab Samaradhahana
-Kita Hariwangsa
-Candi Panatara


7. Kerajaan Singosari (1222-1292 M)

Kerajaan ini didirikan oleh Ken Arok pada 1222 M. Letak kerajaan ini berada di Tumapel dan beradadi kawasan Kutaraja. Kerajaan kediri diketahui melalui Kitab Negarakertagama yang menceritakan Raja-raja yang ada di kerajaan Singosari hingga Mpu Gandring.Cerita Ken Arok dijelaskan melalui kitab Parawaton yang menceritakan saat itu Ken Arok hanya bawahan dari Tunggul Ametung yang merupakan Raja Sebelumnya namun ia dibunuh oleh Ken Arok dengan Kris yang dibuat oleh Mpu Gandring .

a. Masa Kejayaan Kerajaan Singosari

Puncak kejayaan kerajaan Singosari berada dibawah pimpinan raja Kertangera. Hal ini telah dijelaskan dalam prasasti kudadu yang menjelaskan bahwa setelah pemindahkan kekusaan ke wilayah Malang dibawah pimpinan Raja Kertanegara kodisi kerajaan Singosari menjadi damai selama1268-1292 M.


b. Keruntuhan Kerajaan Singosari

Singosari mengalami kerutuhan karena raja kertajaya terlalu fokus untuk menaklukan wilayah yang ada sehingga kondisi kerajaan mengalami kekosongan dan dimanfaatkan oleh para pemberontak sehingga berhasil membuat raja kertajaya terbunuh oleh Jayakatwang.

c. Peninggalan Kerajaan Singosari

-Candi Jago
-Candi Jawi
-Candi Singosari
-Candi Kidal
-Patung Prajnaparamita

Kerajaan sepenuhnya bercorak Budha :


1. Kerajaan Kalinga (674 M- 732 M)

Kerajaan Kalingan Merupakan kerajaan bercorak Budha pertama di Nusantara khususnya wilayah utara Jawa. Kerajaan ini juga sering disebbut kerajaan Holing karena sejarah kerajaan ini juga terdapat dalam catatan Tiongkok yang menyebutkan kerajaan ini merupakan kerajaan Budha pertama di jawa. Diperkirakan kerajaan ini awalnya didirikan diwilayah pekalongan atau jepara dan kemudian dipindahkan ke wilayah Magelang. kerajaan ini di pimpin oleh ratu yang bijaksana bernama ratu Shima. Kerajaan ini merupakan cikal bakal kerajaan Mataram kuno.


a. Masa Kejayaan Kerajaan Kalingga

Kejayaan kerajaan Kalingga atau Holing saat dipimpin oleh Ratu Sima (674-732 M) dengan menerapkan keadilan dan juga rakyatnya yang patuh terhadap ratu Shima sehingga membuat kerajaan ini menjadi damai. selain itu tanahnya juga subur.


b.. Keruntuhan kerajaan Kalingga

Kejayaan kerajaan Kalingga tidak bertahan lama sejak sepeninggalan ratu Shima kerajaan ini mengalami kemunduran karena tidak ada pemimpin yang tegas dan bijaksana belum lagi serangan dari kerajaan Sriwijaya yang membuat kerajaan ini hancur jalur perdagangan direbut sehingga membuat kemunduran kerajaan Kalingga.

c. Peninggalan Kerajaan Kalinga

-Prasasti Tukmas
-Prasasti Sojomerto
-Prasasti Upit
-Candi Angin
-Candi Bubrah


2. Kerajaan Sriwijaya (6 M- 13 M)

kerajaan Sriwijaya didirikan pada abad ke 6 M. Kerajaan ini terletak di kota Palembang Sumatera Selatan. Nama Sriwijaya diambil dalam bahasa Sansekerta Sri yang berarti cahaya dan wijaya yang berarti kemenangan. Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan Budha yang memiliki pengaruh sangat besar di Nusantara. Kekuasaan kerajaan Sriwijaya membentang dari wilayah Kamboja, Thailand bagian selatan, Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa. kerajaan ini sangat mengandalkan kekuatan Maritim yang ada


a. Kejayaan Kerajaan Sriwijaya

Kejayaan kerajaan Sriwijaya cukup gemilang karena sekitar 1 abad. antara abad ke 9 hingga abad ke 10 M. Kerajaan Sriwijaya mampu menguasai jalur perdagangan Maritim di Asia Tenggara. Selain itu kerajaan-kerajaan lain juga berhasil ditaklukan oleh kerajaan Sriwijaya.


b. Keruntuhan Kerajaan Sriwijaya

Keruntuhan kerajaan Sriwijaya sekitar abad ke 10 M. Serangan yang dilakukan oleh Raja Cholamandala yang pada saat itu menekan kerajaan Sriwijaya dan membuat kekuasaan kerajaan Sriwijaya melepaskan diri.  kekuasaan kerajaan Sriwijaya berkahir sepenuhnya pada abad ke 13 M,


c. Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

-Candi Muaro Takus
-Candi Muara Jambi
-Candi Biaro Bahal
-Candi Kota Kapur
-Gapura Sriwijaya
-Prasati kota Kapur
-Prasati Ligor
-Prasati Palas Pasemah
-Prasasti Hujung Langit
-Prasasti Telaga Batu
-Prasasti Kedukan Bukit
-Prasasti Talang Tuo
-Prasasti Laiden
-Prasati Bukit Siguntang
-Prasasti Karang Birahi


3. Kerajaan Mataram Kuno (752 M-929 M)

Kerajaan Mataram kuno pada awalnya beraliran Hindu Syiwa dan merubah alirannya menjadi Budha aliran Mahayana. Kerajaan ini juga dikenal sebagai kerajaan Medang yang terletak di sekitar Jogjakarta, Jawa Tengah. Raja Sanjaya merupakan raja pertama kerajaan Mataram Kuno. kerajaan Mataram kuno beralih aliran ketika dipimpin oleh Rakai Pikatan ia pun berhasil menyingkirkan wangsa Syailendra yang bernama Balaputradewa dan pindah ke Sumatera dan mendirikan kerajaan Sriwijaya.

a.Kejayaan Kerajaan Mataram Kuno

Puncak kejayaan kerajaan ini ketikan dipimpin oleh raja Balitung, Raja Balitung merupakan raja yang cakap dan ahli dalam strategi sehingga ia berhasil memperluas wilayah kekuasaan meliputi jawa tengah hingga jawa timur.


b. Keruntuhan kerajaan Mataram Kuno


runtuhnya kerajaan Mataram kuno dipicu oleh perang lama yang membuat Balaputradewa ingin melakukan balas dendam secara turun temurun kerajaan ini bermusuhan dan sama ingin menguasai wilayah perdaganga strategis. Runtuhnya kerajaan ini ketikan dipimpin oleh Dharmawangsa yang merupakan cucu dari empu sindok. ia dibunuh oleh Aji Wuruwari yang merupakan sekutu dari kerajaan Sriwijaya. akhirnya kerajaan Mataram kuno berhasil ditaklukan.


c. Peninggala Kerajaan Mataram Kuno

-Candi Mendut
-Candi Borobudur
-Candi Prambanan
-Candi Kalasan
-Candi Sari
-Candi Sambisari
-Candi Sewu
-Prasasti Canggal
-Prasati Balitung

Demikian penjelasan mengenai Kerajaan yang bercorak Hindu dan Budha di Indonesia semoga bermanfaat.
LIHAT JUGA : HISTORY OF MAJAPAHIT EMPIRE 👇


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel