Pengertian Kolonialisme dan Imperialisme Latar belakang serta jenis-jenisnya

imperalisme dan kolonialisme


The Supreme art of war is subdue the enemy without fighting 

Masa Kolonialisme di Indonesia membuat masyarakat Indonesia pada saat itu sangat menderita semua kekayaan bangsa ini dikuras oleh negara asing tanpa kenal waktu nenek moyang kita bekerja kerasa demi kepentingan bangsa asing. 

Sejarah Kolonialisme dan Imperalisme dimulai sejak abad ke 15 sejak terjadinya perang salib nda jatuhnya konstantinopel ketangan Turki pada 1453.

LATAR BELAKANG TERJADINYA KOLONIALISME DAN IMPERIALISME.

Semenjak Turki Utsmani (Ottoman) menguasai konstantinopel membuat bangsa Eropa kesulitan mencari rempah-rempah atau kebutuhan perdagangan lainnya akibat dari penutupan jalur perdagangan Asia-Eropa terhenti.

Sejak hal itu terjadi mulailah bangsa eropa berlomba-lomba untuk mencari sumber rempah-rempahnya sendiri dan membuat jalur pelayaran baru. 

Terlepas dari jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Utsmani ada beberapa faktor lain yang melatar belakangi munculnya Kolonialisme dan Imperalisme.
  • Semangat Penaklukan terhadap orang-orang muslim (reconguista)
  • Perkembangan ilmu pengetahuan serta keinginan untuk mengetahui lebih jauh kondisi geografis serta kondisi alam semesta yang ada
  • keinginan untuk mendapatkan sumber rempah-rempahnya sendiri
  • ambisi Gold, Glory dan Gospel (3G).

PENGERTIAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME

1. Pengertian Kolonialisme

Kata Koloni berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti Colonus atau Colonia yang berarti tanah jajahan (pemukiman) sehingga diartikan sebagai wilayah pemukiman di suatu negara atau diluar wilayahnya yang dicap sebagai wilayah kekuasaanya.

 Tujuan dari dilakukannya Kolonialisme adalah untuk mencari bahan mentah ataupun sumber daya yang didapat kemudian digunakan oleh negara yang melakukan Kolonialisme atau bisa juga digunakan untuk melakukan perdagangan dengan negara lain.

Jenis-jenis Kolonialisme terbagi kedalam beberapa bagian dintaranya :

1. Koloni Eksploitasi
Pengertian Koloni Eksploitasi menguasai suatu daerah atau wilayah secara paksa dengan menggunakan kerja paksa (Kerja rodi) yang dilakukan dengan cara kekerasan kepada penduduk setempat demi mengambil semua kekayaan yang terdapat di wilayah atau daerah yang tereksploitasi.

2. Koloni Penduduk
Pengertian Koloni penduduk merupakan daerah atau wilayah baru dengan mengusir atau menggantikan penduduk asli sehingga penduduk asli kehilangan tempat dan terabaikan.
3. Koloni Deportasi
Pengertian Koloni deportasi merupakan wilayah atau daerah yang digunakan sebagai tempat pembuangan  para tahanan yang sudah tidak dapat ditangani oleh pemerintah atau para pekerja paksa yang sudah tidak dapat bekerja lagi sehingga daerah atau wilayah tersebut di isi oleh orang-orang tersebut.


2. Pengertian Imperialisme

Kata Imperialisme sendiri berasal dari latin "Imperare" dengan arti memerintah. Hak untuk melakukan Imperare disebut dengan Imperium sedangkan orang yang berhak melakukan Imperium disebut Imperator

Pada dasarnya orang yang bisa melakukan Imperator adalah seorang raja atau orang yang memiliki kekuasaan atau pengaruh besar terhadap negaranya. Pengertian Imperialisme secara umum dapat diartikan sebagai usaha politik yang  bertujuan untuk memperluas kekuasaan secara paksa demi kepentingan sendiri. 

Penaklukan kekuasaan ini tidak harus menggunakan kekerasan atau senjata akan tetapi bisa melalui berbagai cara seperti agama,ekonomi, kebudayaan, maupun ideologi.

Imperialisme terbagai kedalam beberapa jenis yaitu :
1. Imperialisme Kuno (Acient Imperialism)
Imperialisme kuno diperkirakan muncul sekitar 1500 M antara zaman kuno hingga zaman pertengahan. Zaman ini memiliki semboyan Gold, Glory dan Gospel. Gold berarti memperoleh kekayaan, Glory memiliki arti kejayaan dan gospel melakukan penyebaran agama atau kepercayaan.
pada zaman dahulu negara yang mempelopori adalah Spanyol dan juga Portugis.

2. Imperalisme Moderen (Modern Imperalism).
Pengertian Imperialisme Moderan terjadi ketika revolusi Industri pada 1500 M hingga akhir dari perang dunia kedua tahun 1941. Pada masa revolusi ini banyak wilayah di eropa membutuhkan banyak sekali bahan-bahan mentah sehingga mereka berusaha mencarinya ke seluruh dunia. Inggris merupakan negara pelopor dari Imperialisme Modern.

3. Imperialisme Ultra Modern (Neokolonialisme)
Imperialisme Ultra Modern dilakukan  sejak akhir perang dunia 2 hingga saat ini. Pada umumnya Neokolonialisme ini lebih mengutamakan pengusaan ideologi, Psikologi dan juga Mental.

DAMPAK DILAKUKANNYA KOLONIALISME DAN IMPERIALISME 

Berikut ini sedikit penjelasan mengenai dampak dari Kolonialisme dan Imperialisme yang terjadi diberbagai bidang kehidupan :

 Politik : Berubahanya sistem pemerintahan Adat yang sudah berlaku sejak turun temurun dilakukan  di wilayah tersebut sebelum kedatangan negara Imperialisme.
Kebudayaan : Masuknya paham-paham atau kebiasaan bangsa barat yang merusak kebudayaan lama yang ada sehingga banyak kebudayaan lama yang ditinggalkan.

Ekonomi : Dampak dibidang ekonomi sangat terlihat daerah jajahan dari kolonialisme atau imperialisme sangat terlihat bagi rakyat tersebut karena dilakukannya kerja tanpa henti membuat mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan mereka sendiri.


RESPON BANGSA INDONESIA TERHADAP KOLONIALISME DAN IMPERIALISME DI BERBAGAI BIDANG KEHIDUPAN

1. Bidang Politik

Adanya kolonialisme dan juga Imperialisme di Indonesia membuat bangsa Indonesia memiliki keinginan yang kuat dalam melakukan perlawanan seperti mendirikan organisasi-organisasi politikseperti salah satunya Budi Utomo. Walaupun tujuan utamanya hanya dibidang pendidikan namun hal inilah yang menjadi akar dari kebangkitan semangat nasionalisme bangsa indonesia. 

2. Bidang Sosial Budaya

Pada awalnya tingkatan Sosial dan Budaya di Indonesia yang dianggap tinggi adalah bangsa Eropa sedangkan kaum pribumi adalah yang paling rendah kastanyaa/kedudukan. 

Akibatnya banyak kata serapan dan juga budaya asing yang melekat bagi bangsa Indonesia. Namun akibat penderitaan dan juga rasa persamaan nasib tersebut membuat munculnya keinginan bangsa untuk merdeka sehingga dapat melepaskan diri dari kolonialisme dan imperialisme bangsa Asing yang mencoba untuk mengambil keuntungan di Indonesia.  

3. Bidang Ekonomi

Respon masyarakat Indonesia dibidang ekonomi pada awalnya sangat disambut baik karena bangsa Asing yang datang ke Nusantara tujuannya adalah untuk berdagang dan saling menguntungkan bagi keduanya. 

Namun akibat ketamakan khususnya bangsa Belanda membuat kondisi ekonomi di Nusantara saat itu sangatlah menderita mereka bahkan tidak mampu untuk membeli beras karena semua komoditi yang ditanam saat itu hanya yang laku di pasar Eropa saja sehingga membuat kondisi ekonomi bangsa ini sangat menderita. 

Namun bangsa ini tidak menyerah mereka melakukan perlawanan dan mempertaruhkan segalanya untuk merebut kembali hak mereka dan Indonesia berhasil merdeka pada 17 Agustus 1945 setelah lepas dari kolonialisme dan Imperialisme bangsa asing yang berkuasa saat itu.

BEBERAPA NEGARA BERPAHAM KOMUNIS
  • Republik Rakyat Tiongkok
  • Korea Utara
  • Laos
  • Vietnam
  • Kuba

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Kolonialisme dan Imperialisme Semoga bermanfaat.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel