Periode Pembagian Zaman berdasarkan Ilmu Arkeologi

sejarah, pembagian zaman berdasarkan ilmu arkeologi
The Purpose of our lives is to be happy
Pembagian zaman sejarah dibagi kedalam beberapa ilmu salah satunya ilmu arkeologi. pada zaman ini penelitian lebih ditekankan kepada peninggalan-peninggalan yang ada. periode ini terdapat banyak sekali peninggalan-peninggalan yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk membagi zaman berdasarkan benda peninggalan yang ada. peninggalan-peninggalan itu berupa alat-alat dari batu, perhiasan, gerabah,hingga tempat tinggal manusia purba berupa gua seperti

gua Harimau dan gua putri yang ada di Baturaja Sumatera selatan berdasarkan penelitian saya terdapat beberapa lukisan cadas dan kerangka yang ada di dalam gua purba tersebut hal ini dapat diteliti oleh ilmu arkeologi berdasarkan temuan-temuan yang ada. Nah bagi kalian yang ingin mengenal lebih jauh atau sedang mencari informasi mengenai pembagian zaman berdasarkan ilmu arkeologi akan saya jelaskan secara singkat dan dan jelas sebagai berikut.

1. Zaman Batu 

Pada zaman ini manusia purba dalam memenuhi kebutuhan hidup masih menggunakan alat-alat yang sangat sederhana. Batu merupakan alat utama yang digunakan manusia purba untuk meramu hingga berburu. namun tidak sepenuhnya hanya batu terdapat kayu maupun tulang yang digunakan manusia purba pada zaman ini. zaman batu juga dibagi kedalam 3 periode yaitu :

a. Zaman Batu Tua  (Paleolitikum)
pada zaman ini alat-alat yang dibuat masih sangat sederhana dan terkesan primitif. pola kehidupan manusia purba pada periode ini juga masih bersifat nomaden (berpindah-pindah). pada zaman ini  memiliki ciri-ciri yaitu : 
-Pola hidup berkelompok dan berpindah-pindah
-Menghasilkan makanan dari alam dengan teknik yang dikenal dengan food gathering

pada zaman ini jenis manusia purba yang hidup adalah Pitchecantropus erectus, pitchecantropus robustus, hingga megantropus paleojavanicus. Hasil kebudayaan berupa Dolmen, Waruga, Menhir, Sarkofagus dan Punden Berunduk sedangkan alat yang ditemukan berupa kapak genggam, kapak perimbas, perkakas dari tulang dan tanduk hewan.

a. Zaman Batu Tengah ( Mesolithikum)

Pada zaman ini diperkirakan dimulai setelah zaman es berakhir sekitar 10 ribu tahun yang lalu. pada zaman ini juga masih belum banyak berubah kehidupan sedikit mulai berubah semulai tinggal berpindah kini sudah mulai menetap dan mengasah alat-alat yang digunakan untuk berburu walaupun hasilnya belum halus dan masih melakukan food gathering. jenis manusia purba pada zaman ini melanoside merupakan nenek moyang orang-orang papua, semangat saeta hingga aborigin. Alat yang ditemukan berupa kapak genggam (Peblle) penggiling batu, hingga coretan yang ada digua. 

b. Zaman batu Muda (Neolitikum)

pada zaman ini manusia purba sudah lebih maju dari dua zaman sebelumnya hal ini didukung dengan alat-alat yang ditemukan sudah diperhalus dan lebih beragam. pada zaman ini manusia purba sudah mulai mengenal yang namanya kepercayaan seperti animisme berupa roh nenek moyang dan juga dinamisme kepada benda-benda yang diangga sakral hal ini juga didukung dengan adanya sarkofagus dan juga kubur batu.

2. Zaman Logam

zaman logam muncul setelah zaman batu dimana manusia sudah mulai menemukan cara untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara yang lebih moderen melalui dua cara yang umum digunakan pada zaman itu yaitu cetak batu (bivalve) dan menggunakan cetakan dengan bahan dasar tanah liat dan dicampur dengan lilin ( acire perdu) zaman logam juga sering disebut zaman perundagian

karena umumnya muncul undagi yang mahir. pada zaman ini juga dibagi kedalam beberapa periode dan umumnya di Indonesia dan Asia tenggara tidak mengalami zaman Tembaga dan langsung ke zaman perunggu dan juga besi dikarenakan tidak banyak ditemukannya peninggalan zaman tembaga  :

a. Zaman Perunggu

pada zaman perunggu manusia sudah bisa mencampur tembaga dengan timah sehingga alat-alat yang digunakam menjadi lebih baik lagi. zaman ini juga dikenal dengan kebudayaan Dongson. alat yang ditemukan berupa kapak corong, kapak perunggu, Nekara atau Moko alat berupa dandang yang digunakan maskawin pada saat itu terdapat arca perunggu di bangkinang di Riau.  

b. Zaman Besi

Zaman besi manusia berhasil menemukan teknik peleburan yang sudah bertahan hingga saat ini seperti kapak bergagang kayu, mata pisau, hingga cangkul yang umum digunakan manusia saat ini. 

Demikian penjelasan mengenai pembagian zaman berdasarkan arkeologi baca juga pembagian zaman berdasarkan ilmu geologi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel