Periode Pembagian Zaman Sejarah berdasarkan ilmu Geologi

manusia purba, zama prasejarah, prehistoric times
Quality is not an act, it is a habit

 Pembagian zaman sejarah dibagi kedalam beberapa zaman yang mana setiap zaman sangat mempengaruhi pola kehidupan setiap mahluk hidup yang ada pada zaman tersebut. Pembagian zaman menurut ilmu geologi yang mani ilmu geologi merupakan ilmu yang digunakan untuk mempelajari mengenai keadaan bumi baik dari dalam inti bumi hingga ke luar bumi para ahli memperkirakan zaman ini sudah dimulai sejak 2,5 Milyar tahun yang lalu.

Sungguh luar biasa bumi kita ini bukan waktu yang singkat bukan. maka dari itu marilah kita jaga dan rawat bumi kita mulai dari hal-hal kecil sehingga bumi kita bisa tetap lestari dan tetap memberikan kehidupan bagi seluruh mahluk hidup yang ada. 

Penjelasan mengenai pembagian zaman ini menurut ilmu geologi akan saya jelaskan secara ringkas dan ter struktur yaitu sebagai berikut :

1. Zaman Arkaekum/Arkeozoikum diartikan sebagai Zaman Tertua
Merupakan zaman tertua yang tercatat dalam ilmu ini diperkirakan zaman arkaeokum merupakan zaman ketika bumi terbentuk. zaman ini di perkirakan berusia 2,5 Milyar tahun yang lalu dan pada saat itu belum ada Mahluk hidup dikarenakan pada zaman ini kondisi bumi tidak stabil dan suhu dibumi masih panas.

2. Zaman Paleozoikum diartikan sebagai zaman hidup tua/primer
Pada zaman ini merupakan zaman kelanjutan dari zaman Arkaeokum. Paleozoikum berasal dari bahasa Yunani Palaiao  yang berarti tua dan Zolon berarti hewan atau kita kenal kehidupan purba. zaman ini di perkirakan berusia 340-542 Juta tahun yang lalu dimana pada zaman ini diperkirakan terdapat tanda-tanda kehidupan untuk pertama kalinya. akan tetapi mahluk hidup yang ada pada zaman itu masih diluar 

dari apa yang kita pikirkan karena pada zaman ini baru mahluk hidup bersel satu yang dapat hidup seperti bakteri, amoeba dan sejenis hewan amfibi yang dapat bertahan hidup di berbagai situasi kondisi yang berubah-ubah pada saat itu. zaman ini dibagi ke dalam 6 periode dimulai dari periode Kambrium, periode ordevisium, periode silur, periode devon, periode karbon, periode perm.

3. Zaman Mesozoikum diartikan zaman Hidup pertengahan-zaman sekunder
Pada Zaman ini dikenal dengan zaman hidup pertengahan atau zaman reptil yang berlangsung sekitar 250-65 juta tahun yang lalu. Sehingga pada zaman hidup pertengahan ini dihuni oleh mahluk hidup yang sebagian besar telah punah seperti dinasaurus hingga binatang menyusui tingkat rendah. zaman ini dibagi kedalam tiga periode kehidupan dimulai dari periode triassic, jurassic dan periode Cretaceous.

4. Zaman Neozoikum diartikan zaman hidup muda
Zaman Neozoikum berusia sekitar 60 juta tahun yang lalu. keadaan di bumi pada zaman ini sudah mulai lebih baik dan lebih stabil dan cuaca sudah tidak seekstrim zaman sebelumnya. zaman ini juga sudah mulai beraneka ragam mahluk hidup yang ada. periode Neozoikum dibagi kedalam dua periode dimulai dari zaman tersier dan kuarter.

pada zaman tersier mahluk hidup atau hewan berukuran raksasa sudah mulai berkurang dan munculnya mahluk hidup berupa kera dan primata lainnya. sedangankan periode kuarter diperkirakan manusia purba ada pada zaman ini. 

Demikian penjelasan mengenai zaman sejarah berdasarkan ilmu geologi semoga bermanfaat 👍 



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel