Sejarah Peradaban Yunani Kuno

 

A. Asal usul peradaban Yunani 

Bangsa asli Yunani sampai saat ini belum di temukan secara pasti namun peneliti sepakat bahwa suku atau bangsa asli dari Yunani adalah suku Ionia. Suku Ionia dianggap sebagai penduduk asli bangsa Yunani sejak 200-800 SM. 

Diperkirakan suku ini awalnya merupakan suku yang berpindah-pindah namun kemudian menetap di wilayah Yunani. Suku Ionia datang secara bergelombang melewati semenanjung balkan dan akhirnya sampai di Yunani. 

Namun ada juga bangsa lain yang menempati wilayah Yunani yaitu bangsa Akheya yang menyusul bangsa Ionia pada 2000 SM.

Secara Geografis wilayah Yunani terletak antara lain :

  • Sebelah Barat : Berbatasan dengan wilayah laut Ionia
  • Sebelah Selatan : Berbatasan dengan semenanjung Balkan
  • Sebealah Utara : Bdrbatasan dengan Mecodonia
  • Sebelah Timur : Berbatasan dengan Laut tengah kawasan Mediterania

Seorang ahli sejarah Bertrand Russel berbepadapat kelahiran bangsa Yunani sekitar abad ke 6 SM hingga 6 M. Seiring dengan perkembangannya zaman Yunani mencapai puncaknya ketika Yunani Klasik sekitar abad ke 5 hingga abadmke 4 SM, Kota Athena merupakan salah satu bukti bahwa peradaban Yunani sudah maju pada saat itu bahkan Bangsa Persia pun tidak dapat meruntukan kejaan Bangsa Yunani saat itu.

Bangsa Yunani sangat Percaya dengan mitos mereka percaya bahwa wilayah-wilayah yang mereka tempati dijaga oleh dewa-dewi yang sangat kuat. Kondisi geografis di wilayah Yunani saat itu tidak cocok untuk digunakan pertanian karena wilayahnya tidak subur. 

Bangsa Yunani memiliki kebudaya yang terpengaruh dari wilayah Mesopotamia dikarenakan kondisi penduduknya yang berpindah-pindah(Nomaden). 

Bangsa Yunani memiliki kepercayaan Polytheisme, yang berarti percaya terhadap dewa-dewi mereka dengan dewa Zeus sebagai dewa tertinggi. Bangsa Yunani melakukan Olimpiade sebagai bentuk penghormatan terhadap dewa-dewi mereka terutama dewa zeus. 

Pada Olimpiade hal yang dilakukan seperti Kegiatan Bermusik(Pesta), Kontes, Minum-minuman keras hingga kegiatan atletik yang saat ini dijadikan Kompetisi Olahraga terbesar di Dunia. Olimpade Yunani ini pertama kali diperkirakan sejak tahun 776 SM.

B. Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan Bangsa Yunani Kuno

Pada zaman Yunani Kuno dianggap sebagai awal dari kelahiran dari ilmu pengetahuan, banyak Ilmu pengetahuan modern saat ini yang berkiblat dari ilmu pengetahuan zaman Yunani kuno salah satunya yaitu dibidang Filsafat modern yang mengikuti filsafat zaman Yunani.

Pada zaman Yunani kuno diterapkannya kebebasan berpendapat atau ide-ide sehingga masyarakat pada saat itu tidak menerimasaja melainkan berpikir secara kritis terhadap suatu hal.

  Pada zaman Yunani banyak sekali melahirkan ilmuan atau filsuf yang sangat dihormati hingga saat ini karena penemuan atau pemikirannya dianggap sangat luar biasa dan masih sangat relevan hingga saat ini. Beberapa tokoh ilmuan atau Filsuf tersebut antara lain :

  1. Thales (625-545 SM)
  2. Anaximandros (640-546 SM)
  3. Pythagoras (572-497 SM)
  4. Socrates (470-399 SM)
  5. Plato (427-347 SM)
  6. Aristotales (384-322 SM)
  7. Herodotus (484-426 SM)
Selain beberapa tokoh diatas masih banyak lagi tokoh-tokoh zaman yunani yang terkenal namun apa yang melatar belakangi perkembangan ilmu pengetahuan zaman Yunani saat itu hingga memunculkan peradaban yang besar, berikut penjelasannya :

  • Bangsa Yunani memiliki kebebas berpendapat sehingga melahirkan ide-ide baru yang dapat memajukan suatu peradaban dibandingan dengan wilayah lain yang sezaman dengan Yunani Kuno.
  • Bangsa Yunani kuno berfikir secara rasional dan juga sistematis sehingga bangsa Yunani kuno mencintai kebenaran atau sesuatu yang bisa dihitung secara sistematis dan sesuai dengan logika manusia.
  • Perkembangan karya sastra juga salah satu pendorong perkembangan ilmu pengetahun di zaman Yunani kuno karena didalamnya terkandung nilai-nilai edukatif bagi para pembacanya.
  • Bangsa Yunani terkenal kreatif ia mempelajari sesuatu dan kemudian mengebangkkannya menjadi sesuatu yang lebih baik dan baru.
Dari penjelasan mengenai latar belakang lahirnya ilmu penetahuan zaman Yunani kuno, kita akan membahas mengenai Munculnya Polis-Polis Yunani.

C. Munculnya Polis-Polis Yunani 

Pengertian Polis sendiri berarti negara atau wilayah kecil yang memiliki populasi-rakyat didalamnya.
Munculnya Polis-polis Yunani sekitar abad ke VIII-VII BC. Sepanjang sejarah perkembangannya Yunani memiliki berupuluh-puluh Polis.

Plato pernah menyimpulkan bahwa idealnya populasi disetiap polis saat itu sekitar 5000 orang saja. Fungsi Polis-polis Yunani yaitu sebagai lembaga politik dan membuat pertahanan Yunani semakin kuat. selain itu setiap polis memiliki ciri-ciri yaitu :
  1. Setiap Polis memiliki hak yang istimewa dan sebagai pemersatu atau juga bisa dikatakan sebagai alat politik.
  2. Setiap Polis Yunani saat itu memiliki kehidupan sosial yang terbuka dalam artian kepentingan negara merupakan kepentingan rakyat.
  3. Setiap Polis terorganisis dan bersifat demokratis sehingga sistem berjalan dengan baik saat itu dan juga banyak pemimpin yang kuat lahir dari Polis-polis Yunani saat itu.
Walaupun polis yunani secara umum masih merupakan satu kesatuan namun di setiap polis yang ada memiliki ciri dan kebudayaan yang sedikit berbeda diatara satu polis dengan polis lainnyanamun tidak menutup kemungkinan bahwa setiap polis masih memiliki kebudayaan yang sama. 

namun akibat perbedan yang ada disetiap polis membuat persaingan antar polis yang ada sehingga menimbulkan persaingan antar polis salah satunya perebutan kekuasaan polis dan juga ketika diadakannya olimpiade. 

D. Keruntuhan Peradaban Yunani Kuno

Terdapat beberapa faktor dalam keruntuhan bangsa Yunani kuno salah satunya perang Peloponnesos pada 431 SM. Perang ini terjadi antara bangsa Sparta melawan Athena yang saat itu merupakan polis yang paling makmur dan merupakan musuh dari bangsa Sparta.

Hal ini merupakan salah satu faktor pendorong kehancuran bangsa Yunani kuno karena perbedaan polis tidak salamanya dapat bertahan sehingga menimbulkan persaingan-persaingan kecil bahkan berdapak fatal bagi peradaban Yunani Kuno.

Selain itu serangan dari Bangsa Persia yang sangat ingin mengalahkan bangsa Yunani membuat bangsa ini mengalami tekanan dari luar namun berhasil diatasi oleh bangsa Yunani. 

Namun hal tu tidak membuat bangsa Athena dan Bangsa Sparta bisa ikut bertahan lama untuk berdamai bangsa tersebut terus berperang hingga 27 tahun lamanya sehingga membuat bangsa Yunani mengalami kemiskinan dan juga kehancuran yang besar akibat peperangan tersebut. 

Akibatnya kelemahan tersebut dimanfaatkan oleh bangsa luar yaitu kerajaan Mecodonia dan berhasilkan menaklukan bangsa Yunani saat itu yang sudah terpecah belah.

Demikian penjelasan menganai Sejarah Peradaban Yunani, semoga bermafaat. 

Referensi : Sejarah Eropa oleh Drs. Supriyanto, Mhum dan Kerutuhan Bangsa Yunani.

  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel