Darimana Penduduk Indonesia Berasal | Sejarah Asal-usul Masyarakat Indonesia



Asal-Usul Penduduk Indonesia-Sudah kita kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara yang sangatlah beragam baik itu ras, budaya, etnis, kepercayaan hingga memiliki semboyan yang juga lahir dari keberagaman yaitu Bhineka Tunggal Ika. 

Melalui Ke majemukan tersebut bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar, bangsa yang kuat sehingga mampu mengusir penjajah yang datang silih berganti walaupun mengorbankan banyak hal namun keutuhan bangsa menjadi prioritas utama.

Kondisi keberagaman bangsa Indonesia bisa menjadikan kita kuat atau malah sebaliknya tergantung dari kita sendiri. Bermacam-macam orang yang tinggal dalam satu tempat tentu memiliki berbagai macam kebiasaan dan juga tujuan tapi jika tetap harus menjaga keutuhan maka keberagaman bisa menjadi identitas dari bangsa Indonesia yang sudah terlahir karena kita majemuk. 

Dalam buku-buku sejarah orang Indonesia berasal dari Yunan mereka merupakan orang-orang yang bermigrasi dari China bagian selatan (Tiongkok saat ini) lalu menetap. Mereka juga dikenal dengan nama Austronesia atau dikenal juga dengan ras Mongoloid.

Bangsa tersebut bergerak kearah timur dan menetap di wilayah Taiwan saat ini kemudian melanjutkan pergerakan kearah selatan melalui Sulawesi hingga ke timur Polinesia dan Madagaskar, Afrika.

Banyak ahli yang berpendapat bahwa penduduk Indonesia berasal dari Afrika lantaran kesamaan genetik hal ini wajar karena orang-orang tersebut telah melakukan perjalanan yang panjang.

Migrasi bangsa Austonesia tidak hanya datang dalam satu kali gelombang saja melainkan data secara bertahap. Menurut Van Heine Geldern menyatakan bahwa Bangsa Austronesia menempati wilayah yang sangat luas dari Madagaskar, Pulau Paskah, Taiwan hingga Selandia Baru. 

Tapi jauh sebelum itu telah ada yang menempati wilayah Nusantara yaitu Homo Erectus. Manusia jenis Homo Erectus bukan hanya datang ke Indonesia saja melainkan ke berbagai penjuru dunia seperti India, Asia tengah, hingga Eropa akan tetapi fosil yang paling banyak ditemukan terdapat di Indonesia.

1. Homo Erectus 

Berdasarkan temuan arkeologi bahwa penduduk yang migrasi ke Indonesia yang paling tua adalah Homo Erectus datang dari Afrika setelah melakukan perjalanan yang sangat panjang kira-kira 1,8 juta tahun yang lalu. Bagaimana bisa manusia purba menyeberangi lautan hingga sampai ke Indonesia ?

ya itu pertanyaan umum yang sering saya terima, Dahulu berdasarkan teori pembentukan bumi bahwa wilayah-wilayah seperti Jawa dan Sumatera bahkan asia belum terpisah seperti sekarang ini hal ini.

Sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa perjalanan Homo Erectus yang datang ke Indonesia tidak menyeberangi lautan sama sekali hal tersebut diperkirakan sekitar 2 juta tahun yang lalu.

Homo erectus kemudian menetap di Indonesia sekitar 1,5 juta tahun lamanya dan sebelum akhirnya punah sekitar 100.000 tahun lalu karena tidak mampu beradaptasi akibat perubahan cuaca yang ekstrim dan beberapa ahli berpendapat bahwa Homo Erectus punah karena kemalasan. lebih jelasnya dapat lihat video berikut ini.




2. Homo Sapiens (Melanesia)

Manusia purba ini dikatakan sebagai manusia modern yang datang ke Indonesia melalui dua tahap kedatangan. Manusia purba ini masih berasal dari Afrika dan datang kurang lebih sekitar 100 ribu tahun yang lalu. manusia purba ini datang ke Nusantara melalui jalur India selatan hingga ke paparan Sahul atara Australia dan Papua.

Ciri-cirinya seperti orang-orang yang ada di Papua saat ini mereka berkulit hitam, berambut ikal dan tinggi sekitar 150-190 cm. Mereka masih sama seperti manusia purba sebelumnya yaitu masih melakukan hal tradisional seperti berburu.


Manusia purba ini bertahan cukup lama di wilayah Nusantara khususnya di wilayah Papua dan juga Australia.


3. Homo Sapiens (Melayu-Austronesia)  

Rumpun Manusia ini merupakan gelombang kedua dari jenis Homo Sapiens yang sebelumnya dan yang ketiga datang ke Indonesia saat itu.

Manusia modern kedua ini sudah mengenal yang namanya bercocok tanam dan mereka juga telah menerapkan sistem irigasi sehingga mereka kemudian tinggal menetap di berbagai wilayah Nusantara saat itu. Contoh manusia modern ini menempati jawa, Bali, Sulawesi, Lombok dan beberapa wilayah di Indonesia lainnya. Mereka membentuk suku-suku antara lain Suku Nias dan juga Dayak. Mereka juga dikenal dengan Proto Melayu.

Namun di lain sisi ada juga yang masih terus berpindah dan berasimilasi dengan manusia lainnya seperti yang ada di Bali, Makasar, Lombok, Batak dan lain-lain mereka dikenal juga dengan Deutro Melayu mereka merupakan manusia modern yang hampir ada disetiap wilayah di Indonesia karena terus melakukan perjalanan tidak seperti sebelumnya Proto Melayu yang hanya meninggal di pedalaman Indonesia.

Sejak Kapan nama Indonesia dikenal ? Jika Kalian Belum mengetahuinya maka simak video berikut ini :





4. Dravida, Sino Tibetan dan Semit

Kedatangan Bangsa Ini berjarak sekitar 1000 tahun setelah bangsa Austronesia datang ke Indonesia. Bangsa ini datang ke Indonesia karena melakukan perdagangan karena mereka sudah modern dan melakukan pertukaran dengan bangsa lain.

Dravida merupakan sebutan lain untuk India Sino Tibetan orang-orang China atau Tiongkok saat ini dan Semit adalah orang-orang Arab. Bangsa Dravida datang lebih dulu sekitar abad ke 1 Masehi disusul dengan Orang-orang Tongkok yang datang pada abad ke 3 Masehi. Sedangkan bangsa Arab datang sekitar abad ke 7 Masehi.  

Dari penjelasan diatas Masyarakat Indonesia merupakan bangsa yang beragam sehingga banyaknya kebudayaan yang ada merupakan kekayaan Indonesia, terlepas dari siapa bangsa Asli di Indonesia maka mereka semua adalah pendatang karena dunia saat itu masih belum terpisah-pisah seperti saat ini sehingga sangat rancu.

jika hanya menebak saja namun jika harus dipilih maka Homo Erectus lebih dulu datang ke Indonesia namun yang mampu bertahan adalah bangsa Austronesia yang datang dari Yunan atau sekarang bagian dari Tiongkok bagian Selatan. Sekian dan terima kasih.

1 Response to "Darimana Penduduk Indonesia Berasal | Sejarah Asal-usul Masyarakat Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel