Indonesia masa Demokrasi Parlementer tahun 1950-1959


Pada masa ini Indonesia mengalami jatuh bangun dalam hal demokrasi. Sistem demokrasi ini juga dikenal dengan demokrasi Parlementer tahun 1950-1959. 

Wilopo juga berpendapat pada saat itu Pemerintahan di Indonesia merupakan pemerintahan partai-partai karena banyak lahir partai-partai yang sebenarnya menghambat kabinet dalam pemerintahan karena terlalu cepat berganti-ganti dalam waktu yang singkat.

Sistem Pemerintahan Republik Indonesia Serikat akhirnya dibubarkan pada Agustus 1950, Kemudian Indonesia kembali menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Kembalinya RI tentu saja merubah sistem pemerintahan dan diikuti juga dengan perubahan UUD dari sebelumnya Konstitusi RIS ke UUD Sementara 1950.

 Perubahan ke UUD Sementara. Hal ini juga membawa Indonesia memasuki masa Demokrasi Liberal yang memiliki banyaknya partai politik yang saling berebut pengaruh untuk mengambil kekuasaan di pemerintahan. 

Hal tersebut membawa dampak terganggunya kondisi nasional Indonesia diberbagai bidang yang ada.


1. Munculnya Sistem Partai di Indonesia 

Lahirnya sistem pemerintahan partai di Indonesia di mulai dengan maklumat pemerintah tanggal 3 November 1945 atas pertimbangan dari berbagai usulan Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BPKNIP).

Pemerintah bertujuan mendirikan partai-partai politik dan organisasi juga politik adalah untuk memperkuat perjuangan bangsa indonesia dalam melakukan perubahan, Poin-poin dalam Maklumat tersbut antara lain :
  1. Untuk menjunjung tinggi asas demokrasi tidak dapat didirikan hanya satu partai.
  2. Dianjurkan pembentukan partai-partai politik untuk dapat mengukur kekuatan perjuangan Indonesia. 
  3. Adanya partai politik dan organisasi juga politik, tentu dapat memudahkan pemerintah mudah untuk minta tanggung jawab kepada pemimpin-pemimpin dalam barisan perjuangan. (Wilopo, 1978).
Berdasarkan hasil dari perundingan pada saat itu yang telah disampaikan oleh pemerintah

Maklumat(Pengumuman/Pemberitahun)inilah lahir partai-partai politik yang pertama  muncul ada Kabinet Natsir. Pada masa ini juga Indonesia mengubah sistem pemerintahan menuju Parlementer.

Materi Belum Selesai lagi sibuk di dunia nyata, To be Continued 😂

0 Response to "Indonesia masa Demokrasi Parlementer tahun 1950-1959"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel