Pola Kehidupan Manusia purba di indonesia beserta sistem kepercayaannya

zaman purba


Manusia Purba yang ada di Indonesia merupakan salah satu bukti penemuan terbanyak yang pernah ditemukan di dunia. Para ahli telah berpendapat bahwa wilayah di Indonesia merupakan tempat evolusi dari manusia purba. 

Saat ini wilayah Sangirang Solo masih merupakan yang terbanyak ditemukannya fosil tersebut.

Sangiran mendapat julukan The Sangiran Early Man Site oleh UNESCO pada tahun 1996 berdasarkan peraturan NO 593 dan menyatakan sebagai warisan peninggalan 

budaya dunia yang perlu untuk dijaga dan juga wajib dilestarikan karena hal tersebut sangat sulit ditemukan dan berguna bagi kita yang mempelajari pengetahuan tersebut.

Sebelumnya juga kita telah membahas mengenai Jenis-jenis manusia purba di Indonesia secara lengkap. Kali ini kita akan melanjutkan materi mengenai Pola Kehidupan manusia purba yang ada di Indonesia beserta sistem kepercayaannya, ok langsung saja dimulai dari.

1. Sistem Kepercayaan.

a. Kepercayaan Animisme

Animisme merupakan perkembangan dari kepercayaan terhadap roh nenek moyang. Pada kepercayaan Animisme mereka 

berpendapat bahwa setiap roh yang telah meninggal akan berpindah ketempat baru baik itu mahluk hidup dan bisa juga benda-benda atau tumbuhan.

 Pada Kepercayaan Animisme mereka juga mulai memahami sebab-sebab gejala alam yang terjadi. Mereka menggap segala sesuatu yang terjadi pada alam semesta merupakan kehendak dari roh nenek 

moyang yang ada di goa, hutan atau tempat-tempat yang mereka anggap memiliki kekuatan spiritual sehingga mereka melakukan hal seperti berdoa, 

menaruh sesaji bahkan memberikan suatu yang cukup ekstrim yaitu korban terhadap hal yang mereka percayai tersebut. Kepercayaan Animisme di Indonesia yang masih ada dan tergolong besar berada di kalimatan tepanya suku dayak yang dipercaya masih memegang teguh kepercayaan ini. 

b. Kepercayaan Dinamisme

Dinamisme adalah kepercayaan terhadap benda yang ada dan mereka percaya bahwa adanya kekuatan gaib atau mistis yang terdapat pada setiap benda tertentu yang ada di sekitar mereka. Pengertian Dinamisme sendiri berasal dari bahasa 

Yunani kuno yaitu dinamos yang berarti daya atau kekuatan yang memiliki pengaruh terhadap kehidupan. 

Salah satu contoh dari paham dinamisme ialah pemujaan terhadap benda pohon besar, api, kalung atau benda-benda lain yang dipercaya memiliki kekuatan.



Perbedaan animisme dan dinamisme adalah apa yang mereka percaya  atau yakini animisme percaya atau mereka puja adalah terhadap roh yang ada sedangkan dinamisme benda yang memiliki kekuatan.

2. Pola Kehidupan.

a. Kehidupan pada masa berburu 

Pada masa ini juga dikenal dengan nama Food Gathering. pada masa ini manusia purba mencari makan dengan berburu dan belum sekalipun mengenal yang namanya bercocok tanam. 

Pada masa ini juga manusia masih tinggal sendiri atau ada juga yang indivudu. selain itu mereka hidup berpindah-pindah (Nomaden) tidak menetap dalam waktu yang lama karena faktor alam ataupun keinginan mereka sendiri.


b.  Kehidupan pada masa Berocok tanam

Pada masa ini manusia purba sudah tidak lagi Nomaden dan tinggal menetap. Hal tersebut sudah sedikit berbeda dari masa berburu sebelumnya. 

Mereka dipercaya sudah mengenai yang namanya bercocok tanam atau memelihara hewan sebagai gemabala ataupun hewan peliharan yang untuk dimakan. Tanaman yang ditanaman berupa  kacang-kacangan sagu, hingga pohon ara. pada masa ini juga mereka mulai mengenai yang namanya kepercayaan.

Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa manusia purba di Indonesia mengalami perkembangan dari zaman berburu dan meramu menjadi menetap dan bercocok tanam hingga

akhirnya memiliki tempat tinggal dan mulai mengenai peleburuan seperti perunggu, besi khususnya tembagai indonesia tidak mengalami masa tersebut.

Namun ada satu hal yang pasti ciri-ciri dari manusia purba di Indonesia bahwa mereka tinggal tidak jauh dari aliran sungai ataupun goa-goa sehingga mereka dapat 

melangsungkan kehidupan dan juga terlindung dari cuaca dan hewan buas.  Demikian materi kali ini next materi akan saya update, semoga bermanfaat.

1 Response to "Pola Kehidupan Manusia purba di indonesia beserta sistem kepercayaannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel