Sejak kapan bahasa Inggris dijadikan bahasa Internasional



Bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling umum digunakan oleh seluruh penduduk di dunia, walaupun tidak semua bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar tapi mereka pasti mengerti dan paham bahwa bahasa tersebut merupakan bahasa Inggris. 

Bahkan sejak kecil kita sudah mengenal bahasa Inggris entah itu lewat kursus, mata pelajaran yang ada di sekolah hingga permainan game yang umumnya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. 

Pada saat ini saja sudah lebih dari 60 negara di dunia yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi mereka, Hal ini juga diikuti oleh negara-negara lainnya. 

Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman bahasa namun tetap menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa yang wajib dipelajari di sekolah hal ini karena betapa pentingnya mempelajari bahasa tersebut. 


1. Sejarah awal bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional

Tentu saja semua itu melalui tahapan yang sangat panjang selain itu dengan adanya Pengaruh yang besar atau kekuatan membuat bahasa Inggris dapat dikenal secara luas. Sejarahnya dimulai ketika terjadinya revolusi Industri yang membuat inggris sebagai negara dengan militer yang tangguh didunia. 

Selain itu juga wilayah kolonialisme bangsa Inggris sangat banyak hal ini juga menjadikan Inggris sebagai negara yang memiliki kekuasaan dan juga memiliki banyak wilayah jajahan sehingga menyebabkan bahasa inggris dikenal secara luas oleh masyarakat dunia terutama dalam penggunaan bahasa pada saat itu.

Selain itu perkembangan bahasa Inggris dalam hal kosakata merupakan yang terbanyak di dunia saat itu saja sudah lebih dari 1.000.000 jumlah suku kata pada awal abad ke 20 M. hal ini berdasarkan riset yang dilakukan oleh Harvard University, Sungguh luar biasa bukan. 

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang mudah untuk dimengerti oleh masyarakat secara global karena bentuk penulisannya yang mudah dipahami dan Negara Inggris sendiri 

merupakan negara yang banyak mengeluarkan Inovasi terbaru dalam berbagai hal disamping itu kondisi Inggris sebagai negara yang memiliki pengaruh yang besar membuat banyak negara lain berkiblat kepada Inggris salah satunya penggunaan Bahasa.

2. Mengapa Bahasa Inggris bisa menjadi Bahasa Internasional 

Kita ketahui bahwa bahasa yang populer ketika abad pencerahan di Eropa adalah bahasa Yunani, Latin hingga bahasa Prancis bahkan banyak tokoh-tokoh yang berasal dari bangsa tersebut. Bahkan bahasa tersebut digunakan di tempat peribadatan yang ada di Eropa. 

Akan tetapi eksistensi bahasa tersebut semakin lama mulai memudar ketika memasuki abad ke 20 M yang mana saat itu kondisi Inggris semakin bertambah kuat pengaruhnya di dunia.

Kondisi tersebut sejalan dengan kemajuan Inggris yang memiliki banyak Armada yang sangat kuat bahkan ditakuti oleh bangsa Eropa saat itu. Pada saat itu juga setiap negara di Eropa memiliki tugas untuk mempelajari 

mengenai bahasa Asing yang dikenal dengan "Esperato" sebagai bahasa Internasional baru yang menggantikan bahasa Latin, Akan tetapi usah tersebut tidak berhasil. 

Jadi mengapa bisa Bahasa Inggris? nah seiring dengan perkembangan zaman membuat setiap bangsa yang ada di dunia mulai mempelajari bahasa Inggris karena saat itu Inggris telah melakukan menyebarkan kolonialisme nya di berbagai penjuru dunia. Uniknya bahasa Inggris tidak ada arahan langsung dari pemerintah Inggris. 

Karena masyarakat dunia umumnya negara yang jajahan Inggris mempelajari bahasa tersebut dan berkembang luas seiring dengan perkembangan zaman. Menurut mereka 

bahasa Inggris juga merupakan bahasa yang dibilang cukup mudah untuk dipelajari baik dari segi pengucapan hingga penulisan hal inilah yang membuat persebaran bahasa inggris menjadi lebih cepat dibandingkan bahasa lainnya.

3. Jadi mengapa bahasa Inggris bisa menjadi bahasa Internasional 

Dari beberapa penjelasan tersebut dapat kita ketahui bahwa penyebab bahasa Inggris bisa menjadi bahasa Internasional adalah :
  • Bahasa Inggris adalah bahasa yang mudah untuk dipelajari oleh masyarakat dunia
  • Bangsa Inggris memiliki sangat banyak wilayah jajahan didunia
  • Negara Inggris merupakan negara maju yang memiliki pengaruh yang besar
 Demikian materi kali ini semoga bermanfaat, Have a nice day.

0 Response to "Sejak kapan bahasa Inggris dijadikan bahasa Internasional "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel