Sejarah Perkembangan Astronomi Dunia





Deltabuana.com - Jika mendengar kata Astronomi apa yang ada di pikiran anda? apakah Asgard, Thanos kah? atau tentang bintang, hingga bermacam-macam planet yang berada pada sebuah galaksi yang tak terbatas.

Ya memang kajian dari ilmu Astronomi ini sangat luas sekali, bahkan cakupan nya tak terbatas. Sehingga ilmu pengetahuan ini menjadi semakin menarik sekali untuk kita pelajari, lantas bagaimana ya sejarah astronomi itu dan sejak kapan adanya ilmu astronomi.

Hingga perkembangannya sampai saat ini. Maka dari itu semua pertanyaan tersebut akan terjawab pada artikel kali ini. Sebelumya kencangkan dulu sabuk pengaman anda kita akan berangkat, Ok Lets Goo...

Pengertian Astronomi

Defenisi dari astronomi sendiri adalah ilmu yang mempelajari mengenai berbagai macam benda yang ada diluar bumi seperti planet, asteroid, bintang, galaksi atau pun alam semesta.

Dengan kajian atau skala yang tak terbatas. Kata astronomi sendiri berasal dari Yunani Kuno yang memiliki arti Ilmu tentang Perbintangan. Dapat disimpulkan bahwa ilmu astronomi mengkaji sesuatu yang ada di luar bumi kita.  

Pada zaman dahulu kala manusia belum mengerti apa itu ilmu asronomi dan meyakini bahwa apa yang mereka lihat di langit itu merupakan sebuah keajaiban atau magis yang diciptakan oleh dewa.

Sudah kita ketahui bahwa pada zaman dahulu manusia banyak yang menyembah matahari, bulan, Bintang dan lain-lain.

Akan tetapi seiring dengan kemajuan pola pikir pada saat itu membuat mereka beranggapan bahwa kondisi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai penentu suatu kegiatan atau ritual yang kita kenal dengan penanggalan.

Selain itu juga sebagai waktu pemanfaatan untuk menentukan suatu musim yang ada di setiap wilayah, hal tersebut juga semakin masuk akal.

Cabang Ilmu Astronomi

Pada perkembangannya ilmu astronomi dibagi kedalam beberapa bagian antara lain :
  • Astrometri
  • Astrofisika
1. Pengertian Astrometri
Astrometri adalah ilmu astronomi yang paling lama dan paling umum seperti mengamati Matahari, Bulan, Bintang dan beberapa planet lain yang bisa dilihat oleh mata manusia saat itu. 

2. Pengertian Astrofisika
Adalah ilmu astronomi yang dilakukan pada era modern seperti melakukan pengamatan bintang-bintang dengan alat yang canggih serta meneliti komposisi dari unsur terbentuknya suatu benda langit tersebut.

Tahukah Kamu bahwa para ahli menghitung jarak diluar angkasa menggunakan kecepatan cahaya. Contohnya :

jika kita ingin menghitung antara jarak Galaksi Bima sakti dengan galaksi Andromeda  yang paling dekat memiliki jarak sekitar 2.053.000 (2.53) Juta Tahun Cahaya. Sedangkan 1 detik cahaya memiliki jaraknya sekitar 299.792 KM.







Pembagian zaman Astronomi

1. Masa Sebelum Masehi

Astronomi tertua yang pernah ditemukan oleh ahli ada pada peradaban Mesopotamia sekitar abad ke 5000-3000 SM, hal ini berdasarkan bukti-bukti yang ditemukan.

Menurut tim peneliti bangsa awal yang dipercaya sudah mengenal ilmu astronomi adalah bangsa Babilonia dan Sumeria.

Hal ini dikarenakan penemuan gambaran dari rasi bintang pada zaman ini seperti penamaan rasi bintang Aquarius yang berasal dari bangsa Sumeria.

Kemudian perkembangan ilmu astronomi juga dikenal oleh bangsa dari India Kuno sekitar abad 500 SM. Bangsa India kuno menggunakan ilmu astronomi sebagai cara untuk menghitung bentuk diameter bumi.

Selain itu mereka mempelajari astronomi untuk pelayaran hingga melahirkan ilmu yang menyatakan bahwa bumi berputar pada poros yang tetap.

Bangsa Tiongkok juga telah mengenal ilmu astronomi sejak 4000 SM mereka mengenal astronomi dengan nama Lunisolar akan tetapi ada kelemahan pada ilmu astronomi yang bangsa Tiongkok pelajari mereka harus memperbarui setiap tahun karena menggap perputaran dari matahari dan bulan tidak pernah sama setiap tahunnya. 


2. Masa Abad Pertengahan

Pada masa ini ilmu pengetahuan tentang astronomi semakin berkembang pesat, ketika berakhirnya masa dari peradaban Yunani kuno dan juga Romawi kuno yang banyak melahirkan filsuf-filsuf terkenal.

Pada masa abad pertengahan bangsa yang mengalami perkembangan pesat adalah bangsa Arab. Pada masa ini para ahli astronomi arab banyak sekali menemukan teori-teori baru.

Penemuam teori baru tersebut kemudian dikembangkan oleh bangsa-bangsa lain nya yang berasal dari Afrika, Timur Tengah, hingga Eropa. 

Selain itu, astronomi Islam juga banyak sekali menyimpan istilah yang masih digunakan sampai saat ini contohnya seperti kata alhidade, azimuth, almucatar, almanac, denab, zenit, nadir, dan juga vega.

Pembahasan tentang kajian dari ilmu astronomi tersebut telah ada sekitar 10 ribu manuskrip lebih. Bahasa yang digunakan tentu saja menggunakan bahasa Arab. 

Pada perkembangannya ilmu Astronomi Islam dibagi kedalam 4 periode perkembangan yaitu :
  • Periode 1 pada abad ke 700-825 M ( Masa asimilasi dan juga penyatuan astronomi bangsa Yunani, India kuno dan bangsa Sassanid/Sumeria. 
  • Periode 2 pada abad ke 825-1025 M ( Masa investigasi serta modifikasi sistem Astronomi Kuno). 
  • Periode 3 pada abad ke 1025-1450 M ( Masa keemasan dari ilmu astronomi Islam) 
  • Periode 4 pada abad ke 1450-1900 M (Pada masa ini tidak banyak yang berkembang)

3. Astronomi Modern

Semakin lama ilmu astronomi semakin berkembang, contohnya zaman modern ini tepatnya setelah perang dunia kedua. Bangsa Eropa khususnya berlomba untuk mengkaji secara langsung seperti apa dunia di luar bumi tersebut.

Hal ini dikarenakan banyak sekali bukti-bukti seperti planet baru yang banyak ditemukan kondisi bulan, matahari serta galaksi yang ada di angkasa sangatlah luas. Dan peneliti mencari jejal kehidupan baru diluar bumi.

Dengan kemampuan seperti sekarang ini, para ahli dan miliarder bekerja sama pada sebuah proyek besar dimana mereka membuat adanya liburan ke luar angkasa.

wow sungguh luar biasa bukan.
Pada era modern ini astronomi semakin digemari bahkan dijadikan mata pelajar dan mereka memiliki keyakinan bahwa adanya penduduk selain manusia di luar sana.

Jadi tinggal menunggu waktu saja apakah para astronot dan peneliti nantinya bisa sampai ke "Asgard " rumah dari Thor Son Of Odin, kita lihat saja.



0 Response to "Sejarah Perkembangan Astronomi Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel