Sejarah Perkembangan Ilmu Astronomi Indonesia


Deltabuana.com- Sebelumnya Sudah kita ketahui bahwa pengertian ilmu Astronomi merupakan kajian ilmu yang membahas mengenai kondisi yang ada diluar bumi. seperti planet, bintang hingga galaksi.

Cakupan ilmu astronomi ini sangatlah luas dengan begitu semakin kita mempelajari maka semakin banyak hal-hal baru yang kita ketahui, menarik bukan.

Lalu bagaimana Sih perkembangan ilmu astronomi di Indonesia apakah sudah ada kah sejak zaman dulu dan juga seperti apa kondisinya.

Seperti kondisinya semakin berkembang juga atau malah sebaliknya, namun bagi kalian yang belum mengetahui sejarah dan pengertian astronomi sendiri dapat dilihat pada Sejarah Astronomi di Dunia. Ok langsung saja, ke TKP.

Sejarah awal astronomi di Indonesia

Ternyata dalam sejarahnya Indonesia juga telah lama mengenal ilmu astronomi dan sudah berabad-abad lamanya.

Ilmu astronomi di Indonesia pertama kali sudah digunakan masyarakat pribumi seperti orang Jawa dan Bali yang sudah mempelajari ilmu astronomi saat itu.

Masyarakat Pribumi kita menggunakan astronomi sebagai penanda musim hujan atau kemarau, serta menentukan waktu yang tepat untuk melakukan bercocok tanam, selain itu juga penggunaan ilmu astronomi juga digunakan untuk sarana berlayar.

Hmm, Mungkin karena inilah nenek moyang kita dijuluki sebagai Pelaut.




Setelah itu pengaruh ilmu astronomi di Indonesia juga dipengaruhi oleh masuknya bangsa India yang datang dan akhirnya bercampur dengan kebudayaan lokal. 

Diperkirakan ketika pembangunan candi Borobudur sekitar abad ke 800 Masehi.

Dalam pembangunan candi Borobudur menggunakan ilmu astronomi sebagai penentu sudut dan arah dari pembangunan Borobudur saat itu.

Hal menandakan bahwa ilmu astronomi juga sudah ada di Indonesia sejak dahulu. Kondisi tersebut juga diamini dengan banyaknya kepercayaan dari masyarakat pribumi

tentang penanggalan seperti musim tanam dengan menancapkan kayu yang dibuat dengan sudut tertentu hingga mencapai titik yang sesuai. 

Astronomi di Indonesia juga dianggap sebagai salah satu yang berperan terhadap kebudayaan yang ada di Indonesia

khususnya orang jawa yang masih sangat kuat dalam perhitungan dan penanggalan Jawa sampai saat ini masih dilestarikan.

Perkembangan astronomi di Indonesia 

Ilmu astronomi di Indonesia semakin berkembang pada tahun 1928 oleh Karel Albert Rudolf Bosscha dia membuat teleskop besar di wilayah Lembang, Jawa Barat.

Karel merupakan seorang pengusaha  dari perkebunan teh di Malabar (Bandung). Tidak sampai disitu saja Karel kemudian 

mendirikan suatu organisasi Nederlandch Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV).
atau Perhimpunan Ilmu Astronomi Hindia Belanda.  
Bersama dengan beberapa ahli mereka membangun tempat penelitian astronomi di Indonesia, Carl Zeiss Jena merupakan pencipta dari teleskop tersebut.

Berkat usahanya ini bangunan tersebut masih ada hingga saat ini dan dikenal dengan nama Observatorium Bosscha dan menjadi tempat melihat benda-benda langit pertama di Indonesia.

Sempat terhenti karena masa kolonial, astronomi kembali dipelajari Setelah Indonesia berhasil merdeka. Penelitian mengenai ilmu astronomi terus dilakukan oleh rakyat Indonesia

yaitu berdirinya pendidikan astronomi di Institut Teknologi Bandung pada tahun 1959. Indonesia jadi tuan rumah (APRIM) pada tahun 2005.

sebagai tempat untuk penyelenggaraan olimpiade Astronomi Internasional tahun 2008. Tentu saja hal ini semakin membuat Indonesia semakin pesat perkembangan ilmu astronomi nya.

Sudah banyak kejuaraan Astronomi yang dimenangkan oleh Indonesia, sehingga jika dikatakan ilmu astronomi Indonesia sudah tidak kalah maju di bandingkan dengan negara maju di Eropa.

Sungguh prestasi yang luar biasa.

Seperti Perbaikan fasilitas demi menunjang kemajuan astronomi di Indonesia dewasa ini sudah sangat baik walaupun ada beberapa wilayah saja yang dijadikan tempat,

pengamatan seperti Palembang, Bandung, Jakarta, Surabaya dan berbagai tempa lainnya, semoga hal ini terus berkembang sehingga kita tidak tertinggal dalam ilmu astronomi.




0 Response to "Sejarah Perkembangan Ilmu Astronomi Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel