Sejarah Terbentuknya Negara Russia dan berakhirnya Uni Soviet


Uni Soviet atau yang kita kenal dengan Rusia saat ini menyimpan banyak sekali fakta-fakta bahwa negara tersebut merupakan negara pertama yang memegang teguh paham atau ideologi komunis.

Melalui paham ideologi tersebut membuat Uni Soviet menjadi negara yang kuat dan berhasil menaklukan banyak wilayah yang ada di Eropa pada saat itu, 

namun semakin lama khususnya setelah Perang Dunia ke 2 paham dari komunis mulai pudar dan menyebabkan keruntuhan dan krisis sendiri bagi negaranya tersebut.

Lantas bagaimana hal tersebut dapat terjadi karena jika kita lihat kebelakang betapa gemilanganya Uni Soviet pada saat itu, untuk lebih jelasnya maka kita bahas sama-sama bahas di artikel ini lets kuy. 

SEJARAH AWAL RUSIA

Lahirnya Uni Soviet merupakan sebuah kegagalan dimasa lalu. Sudah kita ketahui bahwa sebagai Rusia saat ini merupakan negara besar yang kuat sekali. 

Rusia berasal dari bangsa Skandinavia (bangsa Varangia) yang melakukan perpindahan dan menetap di wilayah yang kita kenal sebagai Rusia.

Kedatangan bangsa tersebut yaitu Varangia awalnya dipimpin oleh raja yang bernama Rurik ia kemudia melakukan perjalanan dan berhasil menyeberangi Lautan yang bernama Baltik sekitar tahun 862 M.

Kemudian bangsa tersebut mendirikan wilayah yang bernama Novgorod. Pada tahun 882 M, Bnagsa Varangia tersebut juga dapat menguasai daerah yang bernama Kiev dan juga Slavia.

Dengan basis mereka yang berada disana akhirnya merekapun berhasil menjadikan tempat tersebut sebagai pusat perdagangan antara wilayah Skandinavia dan juga  wilayah Konstantinopel.

Bangsa Rusia mengalami sejarah yang panjang hingga terbentuknya kekaisaran Rusia namun hal tersebut berubah ketika Rusia mengalami kekalahan pada perang dunia 1 akibatnya terjadi kekacauan dalam kekaisaran Rusia itu sendiri.

Akibatnya muncul revolusi pada awal februari tahun 1917 yang mengakibatkan runtuhnya kekaisaran Rusia dan kemudian digantikan sistem pemerintahan sementara dikenal dengan Revolusi Sosialis Oktober Agung, pada Oktober 1917.

Munculnya Uni Soviet


Pada revolusi tersebut didapatkan kesepakatan bahwa Union of Soviet Socialist Republics (USSR) pada 30 Desember tahun 1922. Pembentukan USSR tersebut dilakukan oleh para pemimpin delegasi seperti Mikhail Kalinin, Mikhail Tshakaya, Mikhail Frunze, Grigory Petrovsky dan Alexander Chervykov.

Pemimpin yang mereka tunjuk ialah Vladimir Lenin sebagai pemimpin USSR. Sudah banyak wilayah atau negara yang bergabung dengan paham tersebut antara lain seperti Belarus, Ukraina, dan juga Transkaukasus.

Uni Soviet (USSR) semakin lama semakin kuat. Lenin tewas pada 1924 kemudian sistem pemerintahan yang kososng tersebut digantikan oleh orang yang bernama Joseph Stalin.

Hingga Soviet berhasil menghimpun  basis kekuatannya di Eropa Timur seperti Ukraina.
Georgia.
Belarus.
Uzbekistan.
Armenia.
Azerbaijan.
Kazakhstan.
Kyrgyzstan.
Moldova.
Turkmenistan.
Tajikistan.
Latvia
Lithuania.
Estonia.

Dengan semakin kuatnya basis Uni Soviet membuat Jerman menagjukan tawaran untuk bekerja sama namun mereka tolak mentah-mentah tawaran tersebut, hal ini memicu kemarahan jerman saat itu.

Uni Soviet bersama Stalin

Joseph Stalin adalah pemimpin yang terbilang sangat kejam dan juga pandai dalam menyusun berbagai macam taktik. Sebelum ia berkuasa di Uni Soviet ia berhasil menyingkirkan Leon Trotsky yang merupakan orang kepercayaan dari Vladimir Lenin pemipin pertama Uni Soviet.

Stalin adalah pemimpin Soviet yang paling kejam yang pernah ada. Korbannya bukan hanya rakyatnya sendiri bahkan rival dari dari politik di internalnya yang sama-sama memiliki paham Komunis juga ikut merasakan kekejamannya.

Tak mau kalah dengan Lenin, Joseph Stalin juga mengubah nama kota di Volgograd menjadi Stalingrad atau diartikan sebagai kotanya Stalin.

Kota yang bernama Stalingard ini telah menjadi saksi bisu dari kekalah pertama Jerman yang dipimpin oleh Hitler saat itu. sehingga perang tersebut dikenal dengan nama "The Battle Of Stalingrad".

Uni soviet kemudian juga berhasil melakukan serangan balik ke Jerman saat itu dan mereka berhasil menduduki kota Berlin yang menjadi pusat kekuatan jerman. Hal inilah yang menyebabkan Jerman kalah di PD 2 dan Uni Soviet berjaya hingga terus menyebarkan pahamnya kebeberapa wilayah seperti menduduki wilayah Baltik dan Eropa timur. 

Munculnya Perang dingin setelah PD 2
Stalin mendapatkan tantang dari Amerika yang pada saat itu juga menetang paham tersebut sehingga menyebabkan perang antar blok yang dikenal dengan Blok Barat dan Blok Timur. Blok Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat (AS), Inggris dan juga sekutunya sedangkan blok Timur antara lain Uni Sovyet (USSR) serta Eropa Timur sebagai sekutunya.

Hal ini merupakan sejarah dimana ketika perang dingin dimulai. Pertarungan yang berkaitan dengan ideologi demokrasi melawan ideologi kapitalisme komunis siapa yang mendominasi tanpa adanya perang senjata.

Persaingan dalam berbagai bidang terus dilakukan seperti pembuatan senjata Nuklir. Selain itu paham-paham dari ideologi mereka terus dibawa ke wilayah di Asia salah satunya yaitu negara kita Indonesia.

sejatinya kita membenci ideologi komunis hal ini juga dibuktikan dengan tegasnya masyarakat melawan kekejaman PKI pada saat itu.

Namun pada masa itu Presiden kita Ir Soekarno banyak medapatkan bantuan dari USSR dalam menangani masalah Irian Barat dengan mengirim bantuan berupa kapal selam kepada Indonesia, hal ini sangat membantu tentu saja dalam menangani masalh Irian barat.


Akhir Dari Uni Soviet

Pada awal tahun 80an banyak sekalin kebijakan Uni Soviet yang dianggap oleh negara sekutunya sebagai kesalahan dan menyebabkan kesulitan ekonomi di dalam negerinya.

Kemudian ketika masa pemerintahan Mikail Gorbachev di pertengahan 80an membuat perubahan dengan menerapkan kebijakan yang bernama glasnots yang berarti keterbukaan dan perestroika yang berarti restrukturisasi ekonomi.

Kebijakan Glasnots semakin lama malah melemahkan dominasi Komunis itu sendiri. Hal ini dikarenakan banyak sekutunya yang melakukan perundingan dengan Blok barat khususnya Amerika dan mencapai kesepakatan pelucutan senjata bersama Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan saat itu. 

Selain itu kebijakan glasnots dan perestroika membawa angin segar karena berkurangnya kontrol dan pengaruh komunis terhadap negara negara boneka di Eropa timur dan akhirnya menimbulkan revolusi yang menumbangkan kekuasaan Komunis baik sekutu maupun didalam negerinya sendiri.

Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya negara yang melepaskan diri seperi Rumania, Bulgaria, Hongaria, Polandia, Cekoslovakia dan Jerman Timur denagn kejadian yang terkenal yaitu runtuhnya tembok di Berlin.

Akhirnya karena banyak sekali permasalah yang terjadi baik dari sekutu mapun dari kekacauan di dalam negerinya sendiri menyebabkan kondisi berubah seratus persen dan juga membuat Uni Soviet akhinrya mengalami keruntuhan pada 26 Desember 1991.

Akhirnya akibat kejadian tersebut membuat hilangnya pengaruh komunis di Uni Soviet dan kemudian Muncullah negara Rusia yang menjadi negara terluas di dunia walaupun Uni Soviet telah runtuh tapi dominasinya tidak pudar dan terus bersaing dengan AS hingga saat ini.

0 Response to "Sejarah Terbentuknya Negara Russia dan berakhirnya Uni Soviet "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel