Sejarah dan Fakta Adolf Hitler



Deltabuana.com- Apa yang kalian ketahui jika mendengar nama Hitler mungkin dibenak kalian adalah Jerman, Nazi, Pembantaian atau Orang paling kejam di dunia. 

Ya jika berbicara tentang Hitler identik dengan pemimpin NAZI Jerman yang paling kejam sepanjang sejarah.

Namun apakah kalian sudah mengetahui bagaimana sejarah dari Adolf Hitler hingga bisa menjadi pemimpin Jerman yang ditakuti jika belum maka artikel ini akan merangkum mengenai beberapa jejak peristiwa dari kehidupan Hitler tersebut.

Sejarah Adolf Hitler Kecil

Tanggal 20 April 1889 merupakan awal sejarah dimulai di wilayah Austria  kota kecil di dekat Jerman, merupakan tempat kelahiran dari Adolf Hitler.

Ia dilahirkan dari ayah yang bernama Alois Hitler dan Ibu yang bernama Klara Poizi.

Hitler kecil merupakan anak ke 4 dari 6 bersaudara. Hitler merupakan anak yang tertarik dengan seni sejak kecil bahkan ia memiliki sebuah cita-cita sebagai pelukis yang terkenal. 

Akan tetapi kondisi tersebut tidak pernah didukung oleh ayahnya sehingga membuat kondisi Hitler saat itu tidak stabil. Ayah Hitler, Alois menginginkan Ia menjadi pekerja seperti ayahnya yaitu pegawai

Cukai yang pada saat itu gajinya terbilang cukup untuk kebutuhan hidup, walaupun keluarga Hitler bukanlah keluarga yang kaya namun keuangan .masih cukup untuk menghidupi mereka.

Kondisi tersebut semakin membuat Hitler terguncang ketika kedua orang tuanya meninggal, Hitler semakin kacau dan juga sangat menderita bahkan sempat hidup menjadi seorang gelandangan,

beruntung ia ditolong oleh seorang pendeta dan menempatkan Hitler di sebuah tempat penampungan Tuna wisma, dan berharap Hitler dapat menjadi orang yang berguna dimasa depan. 

Hitler kemudian berambisi untuk menjadi pelukis seperti cita-citanya sejak kecil namun hal tersebut tidak bisa terlaksana karena Ia ditolak dengan alasan bahwa lukisan nya tidak menarik. 

Karena pada saat itu Austria butuh pasukan Hitler mendapatkan kewajiban menjalani wajib militer, namun ia tidak diterima juga karena tidak memenuhi syarat, kemudian Ia pindah ke wilayah Munchen, Jerman. 

Sejak saat itu merupakan awal mula dari karir Hitler di dunia militer hingga menjadi seorang diktator yang paling ditakuti karena kekejaman yang Ia lakukan.

Karir Hitler di dunia Militer

Semenjak berada di Jerman Hitler kemudian tertarik dengan dunia militer dan Ia mencoba untuk bergabung dengan pasukan Jerman akhirnya Ia di izinkan untuk bergabung dan menjadi salah satu tentara Jerman saat itu.

Bersamaan dengan kondisi tersebut Jerman saat itu juga sedang berusaha untuk mengikuti perang dunia 1. 

Tugas pertama Hitler adalah menguasai wilayah Belgia pada pertengahan Oktober 1914 dan Ia berhasil. setelah kejadian itu banyak perang yang Ia ikuti dan membuat

namanya semakin terkenal hingga ia mendapatkan gelar penghargaan dari Pemerintah Jerman serta mendapatkan Iron Cross First Class yang menjadi ciri khas Hitler. 



Ternyata di dunia militer Hitler lebih beruntung hingga Ia bisa di akui oleh rakyat Jerman saat itu. Namun Hitler mencapai hal tersebut bukan tanpa perjuangan Ia hampir 2 kali mati karena

pertempuran yang pertama kakinya yang terluka akibat pertempuran Somme pada tahun 1916 serta Ia sempat mengalami kebutaan akibat serangan gas dari Inggris namun sekali lagi Ia beruntung karena hal tersebut tidak membuat Hitler cacat secara permanen. 

Senjata buatan Jerman pada PD II

Ketika itu Jerman harus mengalami kekalahan dari Inggris dan juga Prancis serta banyaknya korban jiwa dan membutuhkan dana yang besar untuk memulihkan keadaan Jerman saat itu.

Walaupun kalah Jerman masih memiliki kekuasaan yang cukup luas di Eropa seperti menguasai beberapa wilayah Belgia dan Juga sebagian wilayah Prancis. 

Faktor kekalahan Jerman saat itu tidak hanya dipengaruhi oleh faktor dari luar saja melainkan faktor dalam juga turut memberikan dampak karena pada saat itu kondisi Internal pemerintahan Jerman 

tidak padu banyak politisi dan juga beberapa pihak lainnya yang berbeda pandangan sehingga Jerman tidak bisa mencapai puncaknya saat itu. 

Hitler yang kecewa akan hal tersebut kemudian kembali setelah mengalami masa penyembuhan sekitar 1-2 bulan saat itu. Kemudian Ia berusaha untuk mendekati Partai Pekerja Jerman pada 1918

dan Ia berusaha membangkitkan semangat nasionalisme Jerman saat itu, Ia juga berasumsi bahwa kekalahan Jerman disebabkan adanya 

faktor lain seperti ada yang berhianat dari sekutu hal ini yang memicu Hitler semakin kuat untuk mengembalikan kondisi Jerman saat itu.

Ditambah lagi dengan pemerintah Jerman yang memilih untuk menyerah pada perang dunia 1 saat itu sehingga hal ini semakin memicu ketidakpuasan dari rakyat Jerman salah satunya Hitler. Pada saat itu pemerintahan Jerman kebanyakan di Isi oleh



orang Yahudi yang dianggap mengambil keuntungan pada kekalahan Jerman di Perang Dunia 1 tersebut. Terutama wilayah Palestina.

Kemudian Hitler yang kecewa akan hal tersebut mendapatkan basis kekuatannya secara perlahan, Ia kemudian membentuk partai buruh yang bernama (NSDAP) pada tanggal 20 Februari tahun 1920 di kota Munchen, Jerman.

kemudian partai tersebut dikenal dengan NAZI. Partai ini memiliki semangat yang kuat dalam Ideologi dan membuat lambang salib bengkok yang memiliki latar merah sebagai tanda bahwa perjuangan mereka adalah demi negara dan kejayaan Jerman.

Anton Drexler sebelumnya merupakan seorang tokoh dari partai yang bernama Fatherland Party yang juga sama-sama kecewa dengan pemerintahan Jerman

kemudian Anton mendirikan partai yang bernama Partai Pekerja atau Deutsche Arbeiterpartei (DAP) di Munchen. Hitler yang mengetahui hal tersebut kemudian ikut bergabung pada tahun 1919.

Hitler menguasai Jerman

Bersama dengan Anton kemudian Hitler berhasil mengumpulkan lebih banyak lagi anggota terutama para rekan di Perang Dunia 1 yang sama-sama tentara Jerman yang tidak Puas dengan kekalahan Jerman tersebut. Tidak butuh waktu lama Hitler pun berhasil menjadi salah satu petinggi di DAP.

Kemudian Hitler mengambil keputusan mengubah nama DAP menjadi NAZI atas persetujuan dari Anton. Pada 29 Juli 1921 Hitler pun berhasil menjadi Fuhrer atau pemimpin NAZI. Partai ini benar-benar anti terhadap paham Liberal, Marxisme hingga Yahudi.

Berbagai macam cara dilakukan oleh Hilter untuk mencapai puncak hingga Ia melakukan kudeta terhadap pemerintahan namun upaya tersebut tidak berhasil dan membuat Ia masuk penjara. Kemudian Ia kembali lagi pada tahun 1930.

Hitler yang paham situasi di negerinya tersebut kemudian memanfaatkan rakyat kelas bawah yang tertindas untuk ikut bergabung dengannya.

Usaha Hitler kemudian berhasil dan membuat namanya kembali dan Ia kemudian berhasil menjadi Fuhrer tunggal Jerman pada 30 Januari  1933

menggantikan pemimpin sebelumnya yaitu Paul Von Hindenburg dan  kemudian Ia menghapuskan sistem presiden sehingga ia bebas berkuasa sejak tahun 1934.

Bersama Hitler Jerma semakin berkembang terutama di bidang teknologi banyak sekali kebijakan yang Ia buat semata demi kejayaan rakyat Jerman.

Ia membuat pabrikan mobil yang cukup untuk seluruh kalangan masyarakat. Volks Wagen merupakan merek usaha yang di gunakan oleh Hitler, sebenarnya masih banyak lagi pabrikan Jerman yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat di dunia

seperti Audi, Marcedez Benz, BMW dan beberapa pabrikan senjatan Militer yang ada di Jerman saat itu.

Kekejaman & Pecahnya PD 2

Hitler yang sebelumnya teramat benci dengan Yahudi yang dianggap sebagai biang keladi dari kekalahan Jerman mendapatkan siksaan yang tidak pernah

terbayangkan sebelumnya selain itu musuh Hitler yang beraliran komunis marxisme dan para Homoseksual disiksa hingga mati. Hal ini kemudian memicu terjadinya perang dunia ke 2 yang dipicu oleh Hitler.

Kekejaman Hitler tersebut kemudian dikenal dengan peristiwa Holocaust yang menjadikan tragedi paling kejam sepanjang sejarah modern dengan korban jiwa sebanyak 6 juta jiwa lebih dan kebanyakan adalah orang Yahudi yang disiksa oleh para tentara Hitler.

Pada perang dunia ke 2 ini sangat banyak sekali menelan korban jiwa kurang lebih sekitar 50 juta lebih nyawa melayang pada perang tersebut. Perang Dunia 2

merupakan perang terbesar sepanjang sejarah peradaban manusia dengan menggunakan teknologi dan senjata dari berbagai macam negara.

Jerman berusaha untuk menguasai wilayah Polandia dan kemudian hal tersebut mendapatkan perlawanan dari Inggris dan juga Prancis.

Jerman yang bersekutu dengan Uni Soviet berhasil menguasai sebagian wilayah di Eropa dan juga Baltik,

akan tetapi Hitler yang ingin menjadi penguasa tunggal dunia dan ingin menguasai seluruh dunia sehingga ia berusaha untuk menguasai Uni Soviet sepenuhnya.

Uni Soviet tidak terima dengan hal tersebut membuat Joseph Stalin naik pitam dan berusaha menyerang Hitler dan beraliansi dengan Inggris dan Amerika. kemudian 6 Desember 1941

Uni soviet menyerang Jerman dan berhasil memukul mundur armada Jerman. Kemudian Hitler tidak terima dengan hal tersebut mengirimkan pasukan secara besar-besar menuju Uni Soviet

yang kemudian hal tersebut berhasil dimenangkan oleh Uni Soviet dan dikenal dengan Battle of Stalingard. 

perang tersebut merupakan pukulan telak bagi Jerman karena banyak pasukan mereka yang mati akibat perang tersebut. Perang terus berkobar hingga 1945 membuat

Jerman semakin terdesak hingga ke ibu kota Jerman yaitu Berlin sebagai basis terakhir kekuatan Jerman pun berhasil ditembus oleh pasukan sekutu.

Hitler yang pada saat itu sudah pasrah dengan kekalahannya tersebut bunuh diri pada 30 April 1945 bersama dengan istrinya. sehingga membuat Jerman mengakhiri perang dengan menyerah tanpa syarat pada 7 Mei 1945.

Akhirnya dari Perang Dunia ke 2 secara resmi berakhir pada 15 Agustus 1945 akibat kekalahan Jepang yang sebelumnya menyerang pearl Harbour sebagai pusat komando (Pangkalan Militer) Amerika saat itu.

Dari peperangan tersebut baik di pihak pemenang dan pihak yang mengalami kekalahan sama-sama banyak menelan

korban jiwa sehingga jika sampai terjadi perang dunia ke 3 tentunya akan lebih berbahaya lagi dan semoga hal tersebut tidak pernah terjadi.

0 Response to "Sejarah dan Fakta Adolf Hitler"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel