Kebudayaan Asli Indonesia yang diakui oleh Dunia



Bicara tentang kebudayaan tentu saja berkaitan dengan kebiasaan atau pun kegiatan yang sudah dilakukan sejak dahulu kala.

Jika pada zaman dahulu manusia hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain (Nomaden) guna mencari tempat tinggal yang masih ada makanan dan bisa melangsungkan kehidupan disana.

Akan tetapi manusia terus berkembang dan mulai berfikir dan mencoba untuk melestarikan wilayah yang mereka tinggali dan menetap disana untuk jangka waktu yang cukup lama, hal inilah yang kemudian melahirkan kebudayaan yang diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Di Indonesia sendiri setiap wilayah memiliki kebiasaan yang cukup beragam mulai dari sistem kepercayaan, adat atau tradisi, bahasa, hingga kondisi geografis yang mempengaruhi kebudayaan mereka.

Akan tetapi dipercaya terdapat beberapa kebudayaan asli Indonesia yang sudah berlangsung selama ratusan bahkan ribuan tahun.

Sebelum kita membahas mengenai sejarah dari budaya asli masyarakat di Indonesia tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu Budaya dan bagaimana perkembangan kebudayaan di Indonesia serta pendapat ahli mengenai hal tersebut.

Apa Itu Kebudayaan ?

Kebudayaan adalah segala bentuk kebiasaan yang diwariskan dari generasi ke generasi yang berlangsung lama.  Herkovits berpendapat bahwa kebudayaan

merupakan sesuatu yang diturunkan oleh nenek moyang yang dipercaya sebagai tradisi dan dikenal dengan superorganic.

Sedangkan menurut Edward Burnett Tylor mengemukakan bahwa kebudayaan sebagai keseluruhan yang tersusun dari sistem kepercayaan, ilmu pengetahuan, kesenian, hukum, moral, adat hingga kebiasaan atau kemampuan lainnya yang didapat dari kelompok masyarakat tersebut.

Selo Soemardjan dan juga Soelaiman Soemardi berpendapat bahwa kebudayaan adalah bentuk atau hasil dari cipta rasa dari suatu masyarakat.

Dari beberapa pendapat tersebut dapat diperoleh bahwa kebudayaan merupakan segala sesuatu yang dapat mempengaruhi kebiasaan atau pola kehidupan sehari-hari hingga pola piker dari suatu kelompok atau masyarakat  itu sendiri.

Bentuk kebudayaan tersebut antara lain pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi, sistem kepercayaan, kesenian dan lain-lain yang berkaitan dengan kelangsungan hidup masyarakat tersebut.


Sejak Kapan Kebudayaan di Indonesia ini ada ?

Kebudayaan di Indonesia sudah ada sejak dahulu kala ketika manusia masih hidup berkelompok dan tinggal berpindah-pindah hal ini dikenal juga dengan zaman Prasejarah.

Zaman Prasejarah di Indonesia cukup banyak menghasilkan peninggalan-peninggalan dengan ditemukannya beberapa peralatan yang menunjang hidup mereka seperti kapak yang terbuat dari batu atau tulang hingga lukisan yang dilukiskan di beberapa tempat seperti gua dan masih banyak lagi.

Dari situlah kebudayaan pertama di Indonesia yang kemudian berkembang dan berasimilasi dengan kebudayaan baru yang dibawa oleh bangsa asing yang singgah di Indonesia dan juga masa kolonial yang berlangsung cukup lama,

walaupun tidak semua kebudayaan asing diterima oleh masyarakat Indonesia namun ada beberapa kebudayaan yang sudah menyatu dengan kebudayaan asli masyarakat di Indonesia. Pada zaman ini banyak kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia seperti seni bangunan dan sistem kepercayaan yang banyak mendapat pengaruh asing.

Kebudayaan ini masuk secara bertahap ke Indonesia dan mengakhiri zaman prasejarah di Indonesia, pada zaman ini kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia melalui sistem kepercayaan hingga perdagangan yang dibawa oleh

orang-orang yang berasal dari India, Tiongkok, Arab dan masih banyak lagi. Hal ini kemudian mengalami perkembangan ke beberapa wilayah dan bertahan hingga saat ini.

Unsur-unsur kebudayaan

Koentjaningrat berpendapat bahwa Setiap kebudayaan yang ada haruslah memiliki 7 unsur berikut :
1. Kesenian
2. Sistem Teknologi dan peralatan
3. Sistem Organisasi
4. Sistem Ekonomi
5. Ilmu Pengetahuan
6. Religi atau kepercayaan

Kebudayaan memiliki wujud hal tersebut dibagi menjadi 3 bagian menurut J.J Hoenigman yaitu sebagai berikut :

1. Gagasan atau bentuk pemikiran

Kebudayaan haruslah memiliki wujud ideal dengan terbentuk berdasarkan pemikiran atau ide-ide dari satu orang atau pun kelompok masyarakat yang sifatnya berdasarkan pengalaman dan daya imajinasi dari orang hingga kelompok tersebut.


2. Aktivitas atau tindakan 

Dalam kebudayaan pastilah memiliki aktivitas atau tindakan yang biasa dikenal dengan sistem sosial, maksudnya setiap orang atau kelompok masyarakat tersebut

saling terhubung atau berinteraksi antara satu dengan yang lain sehingga melahirkan sebuah kebudayaan atau ciri dari kelompok masyarakat tersebut yang berlandaskan aturan atau hukum adat yang berlaku.

3. Artefak atau karya seni

Kebudayaan tentu saja ada yang bersifat abstrak atau sesuatu yang tidak dapat disentuh atau pun sebaliknya. Pada poin ketiga ini wujud kebudayaan berupa hasil karya dari aktivitas atau kegiatan suatu kelompok masyarakat yang dapat dilihat

dan dipelajari hingga generasi selanjutnya hal inilah yang membuat kebudayaan pada suatu wilayah sangatlah berharga karena memiliki nilai historis baik bagi pembuat maupun orang yang di pelajari.

Jadi seperti apa sih kebudayaan asli Indonesia itu ?

Menurut R. Pitono ada 7 kebudayaan asli Indonesia yang sudah ada sejak lama sebelum kedatangan bangsa asing yang datang ke tanah Nusantara. Kebudayaan tersebut antara lain :
a. Sistem Pertanian
b. Ilmu Pelayaran
c. Ilmu Astronomi
d. Pembuatan barang dari logam
e. Pembuatan karya seni dari tanah liat
f. Sistem Kepercayaan
g. Sistem kepemimpinan

Dari pendapat tersebut memang dapat ditemukan bukti bahwa kebudayaan masyarakat Indonesia sudah mengenal kebudayaan sejak zaman dahulu.

Akan tetapi adakah bentuk atau hasil kebudayaan asli Indonesia yang lebih spesifik atau mewakili masyarakat atau setiap wilayah di Indonesia karena kita tau bahwa penduduk di Indonesia ini sangatlah beragam.

Tentu saja ada karena masyarakat Indonesia memiliki jiwa yang kreatif dan inovatif tentu saja kita memiliki budaya asli yang masih bertahan hingga era modern seperti saat ini. Berikut Beberapa kebudayaan Asli Indonesia yang sudah mendunia :

1. Wayang
Pasti banyak yang berpendapat bahwa wayang bukanlah budaya asli Indonesia, tunggu dulu sebelum bangsa asing khususnya bangsa India yang dating ke Indonesia, masyarakat di Indonesia sudah memiliki sistem kepercayaan yang dipercaya telah menghasilkan suatu

kebudayaan seperti wayang walaupun bentuknya tidak seperti yang kita bayangkan seperti saat ini dan masih berupa arca atau gambar, namun hal ini memperkuat bukti bahwa peradaban nenek moyang kita sudah cukup maju saat itu.

Hal ini kemudian di sahkan pada tahun 2013 oleh UNESCO bahwa kebudayaan Wayang merupakan budaya asli Indonesia dan dikenal dengan ‘Masterpiece Of Oral  and Intangible Heritage of Humanity’’.

2. Reog Ponorogo
Kebudayaan ini lebih keseni pertunjukan. Budaya Reog sendiri pernah diklaim oleh negara lain namun hal tersebut tidak didukung oleh bukti yang kuat sehingga budaya Reog dinobatkan sebagai salah satu budaya asli Indonesia oleh UNESCO.

Reog dikenal sebagai waris budaya Indonesia yang kental akan mistis dan mempunyai ciri khas yang kuat. Hingga saat ini Reog masih kita kenal dan dapat kita lihat pada acara-acara festival budaya di Indonesia.

3. Keris 
Hampir sama seperti Reog yang dikenal dengan mistik dan ilmu kebatinan Keris teryata memiliki nilai historis yang tinggi. Di Indonesia Keris memiliki tempat tersendiri khususnya masyarakat Jawa. Keris pada zaman dahulu hanya digunakan oleh para penguasa atau raja-raja

dan dijadikan sebagai senjata pusaka, akan tetapi keris pada Era modern seperti saat ini sudah mudah untuk dimiliki bukan hanya golongan raja ataupun orang jawa saja melainkan seluruh golongan masyarakat yang mau melestarikan peninggalan asli Indonesia ini.

4. Batik
Siapa yang tidak tau dengan batik. Kebudayaan ini sudah mendunia dan telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya yang harus dilestarikan. Batik sangat identik dengan orang Indonesia hampir disetiap kegiatan selalu ada batik sebagai pakaian yang dikenakan hal ini tentu saja sangatlah membanggakan karena batik di Indonesia sendiri memiliki banyak jenis dan motifnya.


5. Angklung
Alat musik angklung sudah diakui dunia bahwa kebudayaan tersebut sepenuhnya berasal dari Indonesia. Angklung merupakan alat music yang dibuat dari bambu yang disusun seusai dengan tangga nada dan dimainkan dengan cara digoyangkan. Angklung sering digunakan sebagai pengiring seni pertunjukan.

6. Tari Saman
Selanjutnya ada tari saman. Tarian ini berasal dari wilayah Aceh yang sudah mendunia. Gerakan cepat dan berirama yang membuat tari saman tampak berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri di masyarakat. Kebudayaan ini sudah diakui oleh UNESCO dan sering digunakan sebagai pengisi di acara resmi.

Faktor yang mempengaruhi Kebudayan di Indonesia


a. Faktor Internal
Faktor yang mempengaruhi kebudayaan di Indonesia dipengaruhi oleh faktor Internal atau dari dalam. Faktor tersebut seperti Perubahan demografi, letak geografis, konflik sosial, dan Bencana Alam.

b. Faktor Eksternal
Kemudian faktor yang turut mempengaruhi perkembangan kebudayaan di Indonesia adalah faktor eksternal atau faktor yang berasal dari luar, faktor tersebut seperti, Hubungan perdagangan, Penyebaran agama, dan peperangan atau perluasan wilayah.

Itu tadi informasi mengenai kebudayaan asli Indonesia yang diakui oleh dunia. Sebenarnya masih banyak sekali kebudayaan yang ada di Indonesia saya rasa beberapa kebudayaan tersebut sudah cukup untuk mewakili kebudayaan di Indonesia yang telah diakui oleh dunia.

Meskipun ada negara yang mencoba mengklaim kebudayaan tersebut namun nyatanya mereka tidak berhasil karena hal tersebut tidak didukung oleh bukti yang

Otentik dan tidak bernilai historis sehingga kita dapat memiliki sepenuhnya kebudayaan tersebut sesuai dengan apa yang nenek moyang kita hasilkan.

Mohon maaf jika ada kebudayaan yang tidak termasuk karena kami rasa beberapa kebudayaan diatas sudah cukup mewakili Indonesia tinggal bagaimana kita melestarikannya.

Semoga kebudayaan asli Indonesia ini bisa terus dikenal oleh generasi penerus sehingga tidak ada negara lain yang mencoba mengklaim budaya tersebut Mari kita lestarikan kebudayaan leluhur kita, Kalau bukan Kita Siapa lagi ?.



0 Response to "Kebudayaan Asli Indonesia yang diakui oleh Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel