Arti Swastika yang digunakan Nazi

Simbol swastika

Halo sobat sejarah sudah ada yang pernah lihat simbol tersebut? pastinya kalian pernah melihat simbol tersebut dan jika kalian mengaitkannya dengan NAZI maka hal tersebut ada benarnya, karena simbol tersebut juga digunakan sebagai simbol kebesaran NAZI yang dipimpin oleh Adolf Hitler. 

Simbol tersebut dikenal dengan nama swastika. Lalu bagaimana sejarah dan juga arti sebenarnya dari Simbol Swastika dan mengapa Hiler memilih simbol tersebut sebagai lambing kebesarannya? simak video berikut ini.
  
Swastika merupakan simbol suci yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, jauh sebelum digunakan oleh Jerman pada masa kepemimpinan Adolf Hitler. Berdasarkan temuan paling tua, Swastika diperkirakan telah ada sejak 4000 tahun yang lalu berdasarkan temuan arkelogi di makam Aladya Hoyuk di Turki.

Namun bukti kuat lainnya mengatakan bahwa Swastika berasal dari peradaban di sekitaran sungai Indus di India Kuno dan menyebar keberbagai peradaban lain diseluruh dunia dengan berbagai bentuk. Selain itu berbagai macam variasi dari simbol swastika juga dapat ditemukan di berbagai macam peninggalan seperti keramik, koin, senjata, altar keagamaan hingga perhiasan.

Kata Swastika sendiri berasal dari bahasa sansekerta yaitu Svastika SU” yang berarti kebaikan atau kesejahteraan sedangkan Asti”yang berarti menjadi dengan memberikan akhiran KA”. 

Jadi Swastika dapat didefinisikan sebagai suatu harapan menuju kebaikan.  

Bangsa-bangsa kuno yang dipercaya menggunakan simbol swastika pada zaman dahulu seperti bangsa Yunani, Persia, Mesir, Babylon, Tibet, India, Cina, Jepang dan berbagai peradaban kuno lainnya.
Bangsa-bangsa tersebut menggunakan simbol swastika sebagai salah satu kepercayaan mereka masing-masing.

Namun Arti swastika yang semula dikenal sebagai simbol yang suci dan mengandung unsur kebaikan dan juga kesejahteraan kemudian berubah  ketika digunakan oleh Hitler sejak 1920an dan menimbulkan kesan mengerikan bagi bangsa eropa saat itu.

Dalam bahasa Jerman Swastika dikenal juga dengan nama Hankenreus atausalib berkait. simbol Swastika ini pada awalnya diusulkan oleh seorang penyair dan juga ideologi nasionalistik dari jerman yaitu Guido Von List sebagai simbol anti Yahudi di jerman.

Ketika Hitler berkuasa dan membentuk partai NAZI yang beraliran Sosialis-Nasionalis pada tahun 1919 hingga 1920an ia mengadopsi simbol Swastika sebagai simbol dari partai NAZI. 

Dan pada 15 September 1935 simbol tersebut diresmikan sebagai bendera nasional jerman dibawah komandon Fuhrer Jerman yaitu Adolf Hitler.

Alasan Hitler memilih lambang tersebut karena ia menyukai filosofi dari lambang tersebut dan swastika dianggap sebagai simbol keberhasilan bagi ras arya dan juga sebagai simbol yang anti terhadap orang-orang Yahudi sehingga ia memasangnya diberbagai macam tempat baik bangunan, kendaraan, bendera dan lain-lain. 

Namun Hitler sedikit merubah bentuk swastika dengan memiringkan simbol tersebut beberapa derajat dan memberikan latar merah pada simbol tersebut.

Sejak saat itu Simbol Swastika dianggap sebagai simbol yang mengerikan dan identik dengan Nazisme dan ideologi fasisme yang memperlihatkan supremasi bangsa Arya atau ras kulit putih di dunia barat dan sebagai simbol yang sangat anti terhadap Yahudi. 

 Namun sejak kekalahan Hitler pada perang dunia kedua membuat simbol ini dilarang di Jerman dan juga berbagai negara lainnya, agar tidak terjadi kesalah pahaman terhadap simbol yang sempat membuat kengerian bagi bangsa-bangsa di eropa tersebut. 

Itulah tadi sekilas mengenai arti dari simbol swastika yang sebenarnya, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan  jika ada saran dan pertanyaan dapat disampaikan dikolom komentar sampai ketemu lagi di pembahasan selanjutnya. 




0 Response to "Arti Swastika yang digunakan Nazi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel