Sejarah Kelam dibalik Topeng Anonymous


 
We are Anonymous we are Legion.We do not forget. Expect us.

Sejarah Anonymous

Berbicara tentang Anonymus pasti kalian sudah mengetahui bahwa mereka adalah sekelompok orang yang memiliki kemampuan dalam hal hacking sebuah

jaringan atau situs penting seperti  lembaga pemerintahan, lembaga keuangan, perusahaan hingga kelompok agama tertentu.

Mereka juga biasa kita sebut dengan istilah “Hacker”. Anonymous yang sudah terbentuk sejak tahun 2003 ini terus berkembang dengan anggota dari berbagai negara di dunia. mereka sebenarnya bukanlah sebuah organisasi biasa, karena mereka merupakan sekelompok orang yang memiliki kemampuan dan minat yang sama, serta orang-orang yang memiliki rasa kepedulian terhadap keadilan dan juga akan bertindak melawan kegagalan hukum, serta kasus lainnya yang ditutupi oleh pemerintah.

Anonymous tidak segan-segan untuk meretas sistem penting pemerintahan yang dianggap menganggu mereka ataupun hanya sekedar iseng belaka. Anonymous juga bertanggung jawab terhadap 90% serang situs-situs penting yang ada di dunia seperti baru-baru ini mereka meretas situs kepolisian di Minneapolis di Amerika Serikat. Mereka menyuarakan aspirasi terhadap kematian dari George Floyd selain itu mereka juga menuntut petugas kepolisian tersebut untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya tersebut.


Anonymous  saat ini  juga dianggap sebagai pahlawan modern yang berani melawan pemerintahan yang ada didunia selama mereka dianggap menyengsarakan rakyat. 

Karena itulah anonymous yang kita kenal selalu menggunakan topeng yang terinspirasi dari wajah Guy Fawkes yang identik dengan simbol perlawan dan anti terhadap pemerintahan tirani.

Lalu Siapa itu Guy Fawkes ?

Ternyata Guy Fawkes atau Guido Fawkes merupakan seorang ekstrimis katolik yang dianggap memiliki jiwa kesatria karena hingga saat ini ia dianggap sebagai salah satu tokoh sejarah yang memiliki pengaruh dan dijadikan sebagai martir perjuangan bagi agamannya.

Guido fawkes berani menetang pemerintahan Tirani yang dianggap menyengsarakan rakyat khusunya yang beragama katolik karena pada saat itu permasalahan agama menjadi konflik tersendiri di dalam pemerintahan Inggris.

Guy Fawkes lahir pada 13 April 1570 di sebuah kota di Inggris. Guy Fawkes sendiri sebenarnya adalah seorang protestan namun ia berpindah menjadi katolik yang taat sejak umur 23 tahun dan kemudian ia pergi ke spanyol untuk memperjuangkan katolik spanyol melawan reformasi protestan disana.

Kemudian ia kembali lagi ke inggris pada 1604 namun ia hanya melihat penderitaan dan rasa kecewa terhadap pemerintah dan juga para bangsawan yang dianggap memberatkan dan menindas para penganut katolik di inggris. 

Sehingga akhirnya ia memilih untuk bergabung bersama ekstrimis katolik untuk menggulingkan pemerintahan kapitalis di inggris.

Akhinrya rencana pun dilakukan dengan manuruh sebanyak 36 peledak berisi mesiu dibawah gedung parlemen inggris yaitu  House of Lords. Kejadian ini dikenal dengan nama Gunpowder Plot.

Namun usaha ini berhasil digagalkan karena pihak keamanan mengetahui hal tersebut dan segera menangkap Fawkes sebelum sempat meledakkan bangunan tersebut.

Guy Fawkes dijatuhi hukuman mati atas tuduhan penghiantan terhadap raja dan negara. Ia bersama rekannya di berikan hukam sadis dengan digantung dan mayatnya diseret menggunakan kuda sebelum akhinrya tubuh mereka dikuliti dan di belah-belah menjadi beberapa bagian. 

Atas kegagalan pembunuhan tersebut setiap tanggal 5 november dijadikan hari guy fawkes day di inggris untuk mengenang kejadian tersebut. Kendati demikian di era modern saat ini Fawkes dianggap sebagai pahlawan , karena ia berani melawan pemerintah yang kejam dan menyengsarakan rakyat.

Hal inilah yang menginspirasi sekelompok orang yang kita kenal dengan Anonymous untuk menggunakan topeng yang menggunakan wajah yang mirip dengan Guy Fawkes sebagai simbol perlawanan terhadap pemerintahan diktator dan tidak berpihak kepada rakyat kecil.

Oleh karena itu selain anonymous topeng guy fawkes juga banyak digunakan para demonstrasi yang memprotes pemerintahan di berbagai belahan dunia termasuk di indonesias.

Nah itu tadi sejarah mengenai topeng Guy Fawkes yang digunakan anonymous.
ternyata topeng tersebut memiliki sejarah yang panjang hingga menjadi simbol dari anonymous maupun orang-orang yang merasa ditindas oleh pemerintah ataupun penguasa yang mementingkan dirinya sendiri.

0 Response to "Sejarah Kelam dibalik Topeng Anonymous"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel