Cara agar video tidak terkena klaim hak cipta atau Copyright



Halo Youtube, Selamat Datang Di Channel Delta Buana, Berbicara Tentang Copy Right Atau Hak Cipta,Seputar Konten Yotube, Merupakan Hal Yang Biasa Di Bicarakan Oleh Para Youtuber Khususnya Youtuber Pemula. Banyak Sekali Hal Yang Perlu Dijelaskan Jika Mengenai Hal Yang Satu Ini, Namun Akan Saya Persingkat Mengingat Durasi Video Sehingga Saya Akan Menjelaskan Inti Dari Permasalahan Umum Yang Dijumpai Oleh Youtuber Pemula Yaitu Copy Right.

Sebenarnya Apa Sih Copy Right Tersebut Dan Bagaimana Cara Mengatasinya Dan Seperti Apa Cara Untuk Mengetahui Jika Konten Yang Kita Buat Itu Sudah Bebas Dari Copy Right.. Pertanyaan-Pertanyaan Tersebut Akan Terjawab Dalam Video Ini. Tapi Sebelum Lanjut Mohon Dukungannya Dengan Klik Subscribe Ya Dan Nyalakan Juga Loncengnya Agar Kalian Tidak Ketinggalan Informasi Menarik Dan Bermanfaat Seputar Youtube Dan Tutorial Laiinya.

1.     Apa Itu Copy Right Atau Hak Cipta ?

Copyright Adalah Hak Hukum, Yang Memberikan Anda Kendali Penuh Terhadap Karya Anda Selaku Pemilik Yang Sah. Bahkan Google Memberikan Penjelasan, Bahwa Dengan Menghapus Video Yang Terkena Klaim Hak Cipta, Tidak Akan Menyelesaikan Permasalahan Tersebut. Jadi Jangan Pernah Main-Main Dengan Hak Cipta Ya Gaes..

Karena, Meskipun Kalian Hanya Mengambil Sebagian Gambar Ataupun Beberapa Detik Audio Yang Memiliki Hak Cipta, Tentu Hal Tersebut Merupakan Sebuah Pelanggaran, Dan Pihak Youtube Sendiri Membatasi Hal Tersebut Dengan 3x Teguran, Jika Sampai Kalian Mengabaikan Hal Tersebut, Maka Channel Kalian Tidak Akan Bisa Dimonetisasi Jika Yang Belum Dan Akan Di Dismonetise Atau Dihilangkan Iklan Dari Channel Youtube Kalian Bagi Yang Sudah Di Monetisasi, Bahkan Parahnya Lagi Channel Kalian Bisa Dihapus Secara Permanen Dari Youtube.



Sehingga Usahakan Untuk Setiap Konten Yang Kalian Buat Tidak Menggunakan Konten Orang Lain, Atau Konten Yang Diperkirakan Dapat Menimbulkan Masalah Kedepannya, Jadi Buatlah Konten Original Ataupun Konten Yang Bisa Menambah Nilai Yang Baru Dan Bernilai Edukasi Di Video Yang Kalian Buat, Meskipun Cuplikan Video Berasal Dari Konten Kreator Lain.. Contohnya Video Reaction Merupakan Hal Yang Diperbolehkan Oleh Youtube, Selama Tidak Melakukan Pelecehan Ataupun Tidakan Yang Melangggar Aturan Youtube.

Lalu Bagaimana Cara Mengetahui Konten Yang Kita Buat Itu Terkena Hak Cipta ?

   Caranya Yang Pertama Adalah Dengan Cara Membuka Youtuber Creator Studio. Bisa Melalui Smarphone, Link Sudah Saya Taruh Di Deskripsi, Kemudian Kalian Lihat Dibagian Konten Dan Lihat Dibagian Pembatasan Jika Konten Kalian Original Maka Tulisannya Tidak Ada Pembatasan, Namun Sebaliknya Jika Konten Kalian Bermasalah Maka Akan Ada Tulisan Berupa Klaim Hak Cipta. Kemudian Cara Yang Kedua Adalah Melalui Email, Biasanya Google Akan Menghubungi Kalian Melalui Email Jika Terdapat Konten Yang Mengadung Hak Cipta, Sehingga Kalian Bisa Mengetahuinya Melalui Email Tersebut Kurang Lebih 5-10 Menit.  Jadi Saya Sarankan Bagi Kalian Untuk Membuat 2 Channel, Yang Satu Lg Untuk Uji Coba Dan Diupload Terlebih Dahulu Kecahnnel Tersebut, Jika Video Yang Kalian Buat Itu Terkena Hak Cipta Maka Kalian Bisa Mengetahuinya.

2.     Bagaimana Cara Menghindari Copy Right ?

Jika Kalian Tidak Bisa Membuat Konten Original Dan Ingin Tetap Menggunakan Konten Milik Orang Lain, Contohnya Seperti Kompilasi Video Lucu, Olahraga, Video Game, Pendidikan Dll, Namun Ada Beberapa Hal Yang Bisa Kalian Lakukan Agar Konten Yang Kalian Reupload Tersebut Bisa Lolos Teguran Hak Cipta, Caranya Adalah Dengan Melakukan Beberapa Hal Berikut :



1.     Merubah Audio

Jika Dalam Video Kalian Terdapat Suara, Maka Kalian Wajib Merubah Pitch Audio Dari Video Tersebut, Ada Banyak Cara Dan Sofware Yang Bisa Kalian Gunakan Seperti Audacity, Filmora Hingga Premier Pro. Namun Kekurangnnya Adalah Video Yang Kalian Buat Tadi Akan Terasa Aneh Terutama Jika Video Tersebut Berisi Lagu.

 

2.     Merubah Resolusi Video

Untuk Menghindari Copy Right, Langkah Yang Kedua Adalah Kalian Bisa Merubah Resolusi Video Tersebut. Misalnya Video Yang Kalian Ambil Itu 1080p Maka Kalian Harus Merubahnya Menyjadi 720 P Dan Seterusnya Kemudain Kalian Juga Harus Merubah Warna Atau Brigntes Dari Video Tersebut Menjadi Sedikit Lebih Rendah. Selain Itu Kalian Juga Harus Memotong-Moton Video Tersebut Menjadi Beberapa Bagian Sehingga, Youtube Bisa Menilai Hal Tersebut Sebagai Video Yang Bernilai Dan Baru. Meskipun Cara Ini Tidak Selamanya Berhasil Karena Sangat Sulit Mengatasi Klaim Copy Right Tersebut Terutama Dari Video Yang Kalian Ambil Dari Konten Kreator Luar Negeri.

3.      Menggunakan Creative Commons

Tidak Semua Konten Video Dapat Anda Gunakan Sesuka Hati. Karena Terdapat Konten Video Yang Menerapkan Prinsip Atau Ketentuan “All Rights Reserved” Atau “Seluruh Hak Dipertahankan” Namun Meskipun Demikian Ternyata Masih Ada Kesempatan Bagi Kalian Untuk Menggunakankonten Video Orang Lain Yang Menerapkan Lisensi Creative Commons. Creative Commons Adalah Peraturan Yang Membolehkan Orang Lain Menggunakan Video Yang Ada Untuk Secara Langsung Menggunakan Dengan Mengikuti Ketentuan Spektrum Yang Ada, Dengan Cara Memberikan Keterangan Di Video Maupun Di Deskripsi, Jika Dalam Video Kalian Memiliki Cuplikan Video Tersebut. 

 Bagaimana Cara Mendapatkan Video Dengan Lisensi Creative Commons Ini, Caranya Klian Bisa Cari Di Tab Pencari Video Apa Yang Ingin Kalian Gunakan, Kemudian Di Bagain Fillter Kalian Cari Fitur Kemudian Pilih Creative Commons. Maka Akan Mucul Video Dengan Lisensi Tersebut.

4.     Menggunakan Lagu Dari Youtube

Jika Klian Ingin Menggunakan Lagu Sebagai Latar Dari Video Anda, Baiknya Kalian Menggunakan Lagu-Lagu Yang Ada Di Youtube Dan Itu Free, Saat Ini Sudah Ada Banyak Lagu-Lagu Yang Diciptakan Oleh Youtube Yang Bisa Kalian Akses Di Creator Studio Youtube.

5.     Jangan Menggunakan Konten Milik Orang Lain

Cara Paling Aman Dan Yang Paling Direkoomendasikan Oleh Pihak Youtube Adalah Dengan Membuat Video Original Dan Memiliki Nilai Serta Kualitas Yang Baik, Sehingga Kalian Tidak Perlu Khawatir Akan Permasalahan Klaim Hak Cipta Kedepannya, Karena Bisa Saja Saat Ini Konten Yang Klian Gunakan Aman Atau Tidak Ada Masalah Sama Sekali, Tiba-Tiba Berubah Suatu Saat Karena Sang Pemilik Video Asli Tersebut Tidak Mengizinkan Video Yang Ia Buat Digunakan Oleh Orang Lain, Sehingga Dengan Kalian Menggunakan Video Original Tidak Akan Terkena Dampaknya Kedepan.



Nah Mungkin Sampai Disini Dulu Penjelasan Kali Ini Jika Ada Penjelasan Yang Kurang Jelas Ataupun Ada Saran Mengenai Klaim Hak Cipta Ini Maka Kalian Dapat Sampaikan Di Kolom Komentar Ya, Sampai Jumpa Di Pembahasan Selanjutnya. 

0 Response to "Cara agar video tidak terkena klaim hak cipta atau Copyright"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel