Sejarah Singkat Pempek Palembang

Sejarah Singkat Pempek Palembang

sejarah pempek palembang

Haii sobat historian, kembali lagi di channel delta buana, jika kalian Mendengar kata Pempek atau empek-empek, pasti yang terbesit di angan kalian adalah makanan khas dari kota Palembang, yang berbahan dasar tepung sagu, yang dicampurkan dengan ikan yang di giling. Pasti tau kan ?? pastinya tau dong, siapa sih yang tidak tau makanan lezat yang satu ini. 

Sebagai makanan yang sangat digemari oleh warga Palembang, mulai dari anak-anak hingga orang tua, tentu tidak etis rasanya jika kita sebagai orang palembang tidak tau bagaimana asal usul sejarah dari hidangan yang satu ini, sebagai hidangan populer yang tetap eksis hingga saat ini dan digemari semua kalangan.

maka dari itu disini saya akan mencoba untuk menjalaskan sejarah pempek, yang menarik untuk kita bahas dalam pembahasan kali ini, sehingga jika ada orang asing yang bertanya, kita bisa menjelaskan dan memberikan pengetahuan kepada mereka, bahwa hidangan yang mudah ditemukan saat berkunjung ke kota palembang ini, ternyata memiliki nilai historis tersendiri, ok tanpa harus berlama-lama lagi maka langsung saja kita ke pembahasannya.

1. Sejarah awal Munculnya Pempek

Menurut sejarahnya awal munculnya pempek ini sudah ada sejak abad ke 16 M. Dimana kala itu wilayah Palembang ini dikuasai oleh kesultanan Palembang Darussalam yang dipimpin oleh Sultan Mahmmud Baddaruddin II. Untuk mengetahui sejarah kesultanan Palembang Darussalam dapat kalian lihat di link pojok kanan ya. Kala itu Makan yang kita kenal saat ini sebagai pempek ini dikenal dengan nama Kelesan dalam bahasa palembangnya.

Kelesan merupakan makanan adat rakyat Palembang, yang selalu tau wajib disajikan jika ada tamu yang berkunjung kala itu. Sebenarnya nama kelesan ini sesui dengan cara membuatnya, yaitu dengan ditekan-tekan sehingga nama pempek yang kita kenal saat ini bukanlah pempek hehe.

BACA JUGA : Sejarah Pancasila dan Makna Butir" Pancasila

2. Sejak kapan berganti nama menjadi pempek

Kelesan yang pada mulanya dibuat oleh orang asli Palembang ini, Tercatat mulai dijajakan atau (dijual) pada tahun 1916, di sekitaran Masjid Agung dan Masjid Lama Palembang. Namun yang membuatnya semakin populer adalah karena pada saat itu ada salah satu pedang Kelesan yang sudah dikenal, Beliau  merupakan orang keturunan Tionghoa, Beliau akrab di panggil Apek.

Ia menjajakan makanan kelesan ini dengan berjualan disekitaran kota Palembang saat itu. Dan Mereka atau Pembeli biasa memanggilnya dengan sebutan ‘Pek oi Apek’, sehingga lama-kelamaan kata ‘pek’ ini berubah menjadi ‘pempek’. meskipun masih belum adanya bukti-bukti kuat mengenai kebenarannya dari cerita ini.

Sudah jelas jika pempek/empek-empek ini merupakan makanan khas yang dibuat dari percampuran budaya antara Melayu Palembang dengan Tiongkok yang telah lama menempati wilayah Palembang, sehingga Pempek ini sudah menjadi makanan asli dari rakyat Palembang yang memiliki nilai-nilai historis yang panjang dan masih bertahan hingga saat ini.



3. Bahan Pembuatan Pempek dan Perkembangannya

Sejak dahulu bahan dasar yang digunakan untuk membuat Pempek adalah ikan. Pada awalnya ikan yang digunakan adalah hanya ikan belida. Namun seiring dengan perkembangannya, ikan Belida ini semakin susah dicari dan mengalami kelangkaan, dan walaupun ada tentu hargannya sudah cukup mahal bukan. 

Sehingga Keadaan itu membuat masyarakat beralih ke ikan yang lebih murah dan lebih mudah untuk diperoleh. Salah satunya adalah ikan Gabus. Dan seiring dengan perkembangnnya, kini sudah ada banyak sekali jenis ikan yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan Pempek. Masyarakat saat ini juga telah banyak memvariasikan jenis-jenis pempek. Beberapa diantaranya adalah:

1) Pempek Lenjer, 2) Pempek Keriting, 3) Pempek Tahu, 4) Pempek Kapal Selam, 5) Pempek Pistel, 6) Pempek Adaan, 7) Pempek Kulit, 8) Pempek Telor (Telok), 9) Pempek Panggang (tunu), dan 10) Pempek Lenggang. Kalau kamu suka jenis pempek yang mana nih ? kalau aku sih semuannya, hehe.

Nah mungkin itulah tadi sejarah singkat mengenai Pempek sebagai makanan khas yang berasal dari kota palembang, sebagai hidangan populer yang berasal dari kota tertua di Indonesia ini tentu kita perlu mengetahui sejarahnya dan juga asal-usul dari pempek ini, semoga informasi ini bisa menambah wawasan serta kecintaan kita, terhadap kebudayaan dan juga makan tradisional yang ada di daerah kita, 

jika ada kesalahan informasi ataupun saran, dapat kalian sampaikan dikolom komentar ya, dan jika kalian suka dengan materi ini, jangan lupa dishare juga ya agar bermanfaat juga bagi orang lain, sampai jumpa dipembahasan selanjutnya.






Load comments