Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti dan Makna Bendera Negara di Kawasan Asia Tenggara

bendera negara di asia tenggara

Hi Historian, kali ini kita akan membahas arti dan juga makna dari bendera setiap negara yang ada di Asia Tenggara, tentu saja hal ini sangatlah menarik bukan ? mengingat bendera merupakan sebuah lambang dari suatu negara dan tidak ada negara di dunia ini yang tidak memiliki bendera, sebagai lambang dari negara mereka. 

Sehingga kita harus mengetahui bentuk dan juga arti serta makna dari lambang kebanggaan setiap negara-negara yang ada di Asia Tenggara tersebut. Untuk mengetahuinya lebih jauh simak terus penjelasan berikut ini. Indonesia 

1. Indonesia

Indonesia merupakan negara terbesar yang ada di Asia Tenggara, sekaligus negara kepulauan terbesar yang ada di dunia. Indonesia memiliki bentuk dan juga warna bendera yang terdiri dari bidang berwarna merah dan juga putih yang tersusun secara horizontal. 

Dibandingkan bendera-bendera asia Tenggara lainnya Indonesia memiliki desain bendera yang sederhana karena hanya menampilkan dua motif warna saja yaitu merah dan juga putih tanpa menambahkan simbol apapun. Lalu Apakah arti dan juga makna dari bendera Indonesia ini? 

Ternyata arti dan makna dari bendera Indonesia ini memiliki arti yang mewakili perjuangan bangsa seperti, warna merah menyimbolkan keberanian Sedangkan untuk warna putih menimbulkan bentuk kesucian hal ini tentu sesuai dengan harapan bangsa Indonesia.

Agar bisa menggambarkan semangat dan juga Daya juang yang tulus seperti yang dilakukan oleh para pejuang bangsa mereka mereka rela mengorbankan nyawa mereka demi kemerdekaan Indonesia. 

Dan bendera di Indonesia ini juga memiliki desain dan juga warna yang serupa dengan bendera lain yaitu Monaco, namun bedanya bendera Monaco ini lebih pendek dan bentuknya hampir menyerupai persegi. 

2 Brunei Darussalam 

Brunei Darussalam merupakan negara monarki termakmur yang ada di Asia Tenggara. Brunei Darussalam memiliki bentuk bendera yang menampilkan garis lebar berwarna putih dan juga hitam yang melintang dari bagian kiri atas hingga kanan bawah bendera. 

Sementara untuk bagian atas dan juga bawah kedua garis tadi terdapat bidang warna yang berwarna kuning. Kemudian di bagian tengah benderanya terdapat simbol berwarna merah yang diambil dari lambang negara Brunei. 

Warna bidang kuning menimbulkan Sultan sementara warna hitam dan putih melambangkan menteri-menteri lagi di Brunei. Sementara dari aspek kultural warna kuning ini digunakan karena warna tersebut lazim digunakan oleh Kerajaan Melayu yang ada di kawasan Asia Tenggara. 

Dan untuk lambang dari negara Brunei tersebut menampilkan bulan sabit diatas pita dan juga diapit oleh sepasang tangan yang menghadap ke atas dan dibagian atas bulan sabit tersebut terdapat simbol yang menyerupai tiang bersayap yang aslinya adalah bentuk payung Kesultanan. 

Bulan sabit ini menyebarkan Islam selaku agama resmi di Brunei sementara payung menimbulkan keluarga dari Kesultanan. Sedangkan bentuk tangan menyimbolkan Sultan Brunei yang siap menjaga dan juga memakmurkan rakyatnya. 

Kemudian ada juga tulisan Arab pada bulan sabit yang menampilkan slogan resmi Brunei yaitu senantiasa membuat kebajikan dengan petunjuk allah. Dan untuk tulisan Arab pada bagian pitanya menampilkan nama resmi dari negara Brunei. 

3 Malaysia 

Negara Asia Tenggara yang berbatasan langsung dengan Indonesia di Pulau Kalimantan ini memiliki bentuk bendera menampilkan 14 garis merah dan juga putih secara horizontal yang tersusun secara berselang-seling. Dimulai dari bagian kiri atas terdapat bidang persegi panjang berwarna biru dan simbol bulan bintang yang berwarna kuning. 

Garis-garis dan putih menyebutkan 13 negara bagian dan satu wilayah Persekutuan Malaysia yaitu Kuala Lumpur Labuan putrajaya. Sedangkan bulan bintang menimbulkan Islam selaku agama mayoritas penduduk dari Malaysia. 

Dan untuk makna dari warna merah menimbulkan keberanian sedangkan warna putih menyimbolkan kesucian sementara warna kuning pada simbol Bulan Bintang Ini menimbulkan Sultan dari negara bagian kawasan Malaysia. 

Yang terakhir yaitu kombinasi antara warna merah putih dan juga biru menimbulkan ikatan yang erat antara Malaysia dengan negara-negara kemakmuran nya. 

4 Laos 

Laos adalah negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki wilayah laut laos memiliki bentuk bendera yang menampilkan motif berwarna merah biru dan juga merah yang tersusun secara horizontal. 

Dimana bidang berwarna biru berukuran lebih lebar daripada bidang berwarna merah. Sedangkan di bagian tengah bendera terdapat simbol lingkaran putih warna merah menyembuhkan darah para pejuang yang gugur Kemudian untuk warna biru menimbulkan Sungai Mekong yang membelah wilayah Laos.

Kemudian makna dari lingkaran putih tersebut menimbulkan bayangan dari pantulan bulan purnama yang ada di atas Sungai Mekong. Sekaligus rakyat Laos komposisi sangat beragam namun hidup dalam keadaan yang rukun. 

5. Kamboja

kamboja merupakan negara di Asia Tenggara yang menjadi lokasi dari angkot War yaitu Kompleks candi Hindu terbesar yang ada di dunia. Kamboja memiliki bendera yang menampilkan motif biru merah dan juga biru yang tersusun secara horizontal di mana bidang berwarna merah berukuran lebih lebar daripada bidang berwarna biru. 

Dan dibagian tengahnya terdapat simbol berwarna putih yang aslinya merupakan ilustrasi Mini dari Bangunan Angkor Wat yaitu bangunan yang menyerupai ke keluarga Kerajaan.

Sedangkan warna merah menimbulkan negara dan warna putih pada simbol angkot War menimbulkan agama dan jika warna tadi dikombinasikan maka didapatlah makna kalau negara Kamboja dan rakyatnya hidup dalam keadaan yang beragama dan di bawah naungan kerajaan. 

6. Singapura 

singapura merupakan negara Metropolitan yang ada di kawasan Asia Tenggara dengan luasnya yang paling kecil. Bendera Singapura memiliki desain yang hampir serupa dengan bendera Indonesia karena sama-sama berikan motif merah dan putih secara horizontal. 

Bedanya pada bendera Singapura terdapat simbol bulan sabit dan juga bintang berjumlah 5 di bagian pojok kiri atasnya warna merah menyimbolkan persaudaraan sedangkan warna putih menyimbolkan kesucian. 

Bulan Sabit menjelaskan bahwa Singapura selaku negara muda yang terus berkembang sedangkan 5 dan dari 5 bintang menyimbolkan demokrasi, perdamaian, keadilan dan juga persamaan hak. 

7. Myanmar 

Negara Asia Tenggara yang terletak paling barat ini memiliki bentuk dan motif dari bendera yang berwarna kuning hijau dan merah yang tersusun secara horizontal dan di bagian tengah bendera terdapat lambang bintang bersudut lima yang berwarna putih. 

Warna kuning menyebabkan solidaritas sedangkan warna hijau menimbulkan perdamaian dan warna merah menimbulkan keberanian simbol bintang putih menimbulkan persaudaraan dari rakyat Myanmar. 

8. Filipina 

Filipina merupakan negara kepulauan terbesar kedua yang ada di Asia Tenggara, bendera Filipina menampilkan bidang berwarna putih dan juga berbentuk segitiga sama sisi di bagian kiri. Kemudian di dalam bidang segitiga tersebut terdapat simbol matahari dan 3 Bintang berwarna kuning.

Dan di sebelah kanan bidang segitiga tersebut terdapat bidang berwarna biru dan merah yang tersusun secara horizontal. Simbol matahari menimbulkan era baru sementara 8 garis pada matahari menimbulkan 8 provinsi yang pernah memberontak ketika Filipina masih dikuasai oleh Spanyol.

Menyimbolkan tiga daerah utama di wilayah Filipina yaitu Luzon Utara visayas di tengah dan Mindanao di bagian Selatan. Dan untuk makna dari segitiga menyimbolkan katipunan yaitu kelompok pejuang kemerdekaan Filipina di akhir abad ke-9 masehi. 

Sementara warna putih menyimbolkan perdamaian dan juga kemakmuran. Warna merah menimbulkan keberanian sementara warna biru menyimbolkan kemuliaan bendera Filipina dengan desain seperti ini pertama kali dikibarkan pada tahun 1898 .

Yaitu tahun dimana katipunan sedang terlibat konflik dengan pasukan kolonialisme Spanyol dan di masa perang warna merah Berada di posisi atas namun saat ini warna biru lah yang ditempatkan di posisi paling atas. 

9. Timor Leste 

Timor Leste merupakan negara yang paling muda dan baru saja memperoleh kemerdekaan pada tahun 2002 Silam. Timor Leste memiliki bendera yang menampilkan warna dengan latar belakang merah dengan simbol segitiga kuning, hitam dan juga Open bintang putih yang saling tumpang tindih dibagian kiri bendera. 

Warna hitam menyebabkan.e ke akibat penjajahan bangsa-bangsa sedangkan warna kuning menyebabkan perjuangan untuk untuk memperoleh kemerdekaan. Merah menimbulkan darah dari rakyat Timor Leste yang telah gugur sedangkan makna dari bintang putih menyimbolkan harapan agar masa depan jauh lebih baik. 

10. Vietnam 

Vietnam merupakan negara di Asia Tenggara yang menjadi area dari Perang Vietnam yang fenomenal vietnam memiliki bendera berwarna merah dengan simbol bintang kuning bersudut lima di bagian tengahnya. Warna merah menimbulkan darah dari para pejuang revolusi kala itu sementara simbol bintang bersudut lima di bagian tengah menyimpulkan 5 kelas sosial dari rakyat Vietnam yaitu kaum terdidik, sunny, tentara 

dan juga Pemuda sedangkan makna dari penggunaan warna merah dan juga simbol bintang ini Tentunya tidak terlepas dari fakta kalau pengusung bendera tersebut adalah kelompok komunis dari wilayah Vietnam Utara sementara elemen tadi memang lazim telah digunakan oleh kelompok komunis di seluruh dunia. 

11. Thailand 

Thailand sebagai negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa thailand memiliki bentuk dan makna dari bendera yang berwarna merah putih biru putih dan juga merah yang tersusun secara horizontal. 

Makna bidang berwarna biru adalah yang berukuran paling lebar sementara bidang berwarna putih adalah yang paling sempit warna merah ini menimbulkan darah dari para pejuang thailand. Sedangkan warna putih menimbulkan Buddha selaku agama mayoritas penduduk Thailand warna biru menimbulkan Keluarga Kerajaan.

Serta posisi warna biru yang ada di tengah dan dikelilingi warna-warni mengilustrasikan Bagaimana Thailand beserta elemen-elemen masih berada di bawah naungan kerajaan. Nah itulah tadi informasi mengenai arti dan juga makna dari bendera yang ada di Asia Tenggara

Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kita terhadap negara-negara ada di Asia Tenggara cara jika ada pertanyaan dan juga saran dapat kalian sampaikan di kolom komentar ya sampai jumpa di pembahasan selanjutnya salam jasmerah.

Post a Comment for "Arti dan Makna Bendera Negara di Kawasan Asia Tenggara"