Sejarah Bandung Lautan Api kronologi hingga dampaknya

Sejarah Bandung Lautan Api kronologi hingga dampaknya

sejarah bandung lautan api

Hi Historian, pasti kalian taukan lagu Halo-Halo Bandung? ternyata lagu tersebut terinspirasi dari peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di kota Bandung yaitu peristiwa Bandung Lautan Api.

Sebagai salah satu kejadian yang luar biasa dan tentunya sangat di ingat sebagai bentuk perjuangan bangsa Indonesia ini dalam melawan kolonialisme yang datang dan ingin kembali menguasai Indonesia di wilayah Bandung. Sehingga terjadilah perlawanan yang dilakukan oleh para pemuda Bandung bersama dengan tentara kala itu.

Peristiwa Bandung Lautan Api ini terjadi pada tanggal 23 Maret tahun 1946, kala itu terjadi perlawanan oleh masyarakat dan juga tentara untuk membumi hanguskan kota Bandung dengan cara membakar habis wilayah tersebut agar tidak bisa dikuasai oleh Belanda (NICA) dan juga sekutu yang ingin menjadikan wilayah Bandung sebagai markas pusatnya. 

Lalu bagaimanakah kronologi serta dampak yang terjadi dari peristiwa Bandung lautan api tersebut? berikut ini adalah beberapa penjelasannya.


1.Kronologi Peristiwa Bandung Lautan Api

Kronologi dan juga latar belakang peristiwa Bandung lautan api ini disebabkan setelah beberapa pekan Indonesia menyatakan merdeka, pasukan sekutu yang tergabung bersama dengan AFNEI atau (Allied Force Netherlands East Indies ) kembali datang ke Indonesia setelah perang dunia kedua berakhir. Pasukan sekutu dan juga Inggris datang pada 12 Oktober tahun 1945. Sebenarnya Tujuan Awalnya mereka datang adalah untuk membebaskan tentara sekutu yang ditahan oleh para tentara Jepang.

Namun hal tersebut berubah ketika sekutu datang bersama NICA yang dipimpin oleh Brigade MacDonald mengeluarkan ultimatum dan meminta masyarakat Bandung agar menyerahkan semua senjata yang telah dirampas dari tentara Jepang, sekutu juga meminta untuk membagi wilayah Bandung menjadi dua wilayah yaitu Bandung Selatan dan juga Bandung Utara.

Kemudian mereka memerintahkan melalui ultimatum agar wilayah Bandung bagian Utara dikosongkan, Karena pada saat itu sekutu menginginkan wilayah tersebut menjadi markas pusatnya yang dimulai pada 27 November 1945 hingga batasnya pada tanggal 29 November pukul 12 siang, jika hal tersebut tidak dituruti maka sekutu akan bertindak dengan cara kekerasan.

Namun lagi-lagi ultimatum yang dikeluarkan oleh pihak Sekutu pun tidak digubris sama sekali, dan terjadi perlawanan oleh rakyat yang tentu tidak ingin wilayah mereka kembali dikuasai oleh pihak Belanda bersama dengan seketu yang ingin kembali menguasai Indonesia.

Bahkan hal ini terlihat ketika terjadi penyerangan oleh tentara RI di markas sekutu di wilayah Bandung bagian utara termasuk ke hotel Homan juga hotel preanger yang menjadi markas sekutu pada malam tanggal 24 November tahun 1945.

Terjadilah berbagai pertempuran di wilayah Bandung Utara, hingga pada tanggal 17 Maret tahun 1946 Panglima tertinggi AFNEI di Jakarta yaitu jenderal Montagu Stanford memperingatkan kepada Sultan Syahrir selaku Perdana Menteri RI kala itu agar Tentara Indonesia segera meninggalkan wilayah Bandung utara hingga sampai radius 11 km dari pusat Kota.

Akibat hal tersebut warga Bandung saat itu sempat mengalami kebingungan karena perbedaan pendapat antara pusat komando di Jakarta dan juga Yogyakarta yang berbeda pendapat mengenai masyarakat untuk mengosongkan wilayah Bandung Utara.

Sehingga pemuda bersama tentara pun akhirnya memutuskan untuk menyerang sekutu pada 24 Maret tahun 1946 dengan cara membakar wilayah Bandung bagian Utara agar tidak dikuasai oleh pihak sekutu.

2. Terjadi Peristiwa Bandung Lautan Api

Menolak ultimatum yang dilakukan oleh sekutu untuk menyerahkan wilayah Bandung kepada mereka akhirnya tentara Republik Indonesia atau TRI di bawah komando dari Kolonel A.H. Nasution memutuskan untuk membumi hanguskan Bandung bersama dengan para pemuda.

Pada mulanya penduduk setempat di ungsikan dengan cara bergerak melalui rel kereta api ke arah selatan sejauh 11 km dan setelah aman maka pembakaran pun dimulai.

Dan warga yang meninggalkan rumahnya pun diminta untuk membakar habis seluruh rumah mereka agar tidak memberikan ruang bagi tentara sekutu untuk menempati bangunan apapun termasuk rumah-rumah milik warga setempat.

Meskipun awalnya tidak berjalan sesuai dengan rencana, karena padal awalnya mereka berencana untuk melakukan pembakaran serentak pukul 24.00. Namun karena terjadi ledakan dinamit di indische restaurant terjadi lebih awal yaitu pukul 20.00 membuat buat pasukan TNI dan juga para pemuda Bandung melakukannya lebih awal dengan cara meledakkan gedung-gedung serta membakar rumah milik warga di wilayah Bandung Utara.

Sehingga malam itupun Bandung terbakar hebat kurang lebih memakan waktu selama 7 jam dan peristiwa itu kemudian dikenal sebagai Bandung Lautan Api hingga saat ini sebagai bentuk perlawanan terhadap kolonialisme Belanda.

Akibat kejadian tersebut Belanda bersama tentara sekutupun tidak dapat berbuat banyak akibat peristiwa ini, sehingga kejadian ini tidak bisa lagi dihindarkan.

3. Dampak peristiwa Bandung lautan api

Peristiwa Bandung lautan api ini tentu memberikan dampak yang luar biasa bagi pihak Indonesia maupun pihak Belanda dan sekutu Berikut ini adalah dampak yang terjadi akibat peristiwa Bandung Lautan Api:

Dampak terhadap rakyat Indonesia

Akibat peristiwa Bandung Lautan Api mengakibatkan berbagai macam kerugian yang sangat besar bagi masyarakat Bandung itu sendiri, karena mereka harus kehilangan harta benda dan juga kehilangan tempat tinggal, sehingga hal ini menyebabkan kerugian bagi rakyat Bandung.

Dampak terhadap sekutu dan juga NICA

Akibat peristiwa Bandung Lautan Api juga berdampak terhadap sekutu meskipun kerugiannya tidak sebesar dari pihak rakyat Indonesia, Karena Belanda dan juga sekutu gagal dalam melakukan rencana awal mereka yaitu menguasai wilayah Bandung sebagai pusat dari kekuasaannya.

Tokoh Peristiwa Bandung Lautan Api

Berikut ini adalah beberapa tokoh dari
peristiwa Bandung lautan api yaitu: 
Muhammad Endang karmas, Moeljono, Datuk Djamin, Sutan Syahrir hingga Kolonel A.H. Nasution.

Demikian penjelasan singkat mengenai peristiwa Bandung lautan api, dengan teejadinya peristiwa tersebut membuat kita selalu mengingat kejadi bersejarah tersebut sebagai perlawanan dari para pejuang yang tidak segan kehilangan apa yang mereka miliki demi satu kata yaitu "Kemerdekaan" semoga informasi ini bisa bermanfaat, salam jas merah.
    
Load comments