Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa pentingnya mempelajari Sejarah

Mengapa perlu belajar sejarah
We Cannot Escape a History

Hi Historian, kali ini saya ingin menceritakan sedikit pengalaman saya ketika mengajar pelajaran sejarah SMA di salah satu wilayah di Kota Palembang. Saat itu ada siswa saya yang bertanya Sir, Mengapa sih kita masih belajar sejarah, padahal sejarah merupakan hal yang sudah terjadi di masa lalu dan hal tersebut membuatnya merasa bosan. 

Kira-kira begitulah jika diterjemahkan dalam bahasa yang benar, jadi kali ini saya akan coba untuk menjelaskan sedikit pengalaman saya mengenai pengertian sejarah mengapa kita harus mempelajari sejarah, berikut ini adalah penjelasannya.

1. Pengertian Sejarah

Sebelum kita membahas lebih jauh tentu kita harus mengetahui dulu apa sih itu sejarah? Jadi sejarah adalah pengetahuan dan juga kajian mengenai berbagai macam peristiwa jadi di masa lampau. Secara etimologi sejarah berasal dari kata syajaratun dalam bahasa arab yang berarti pohon.

Pohon disini dapat diartikan seperti pohon yang tumbuh ke atas yang memiliki dahan daun dan juga bunga hingga buah yang indah yang dapat kita Artikan sebagai suatu runtutan peristiwa yang terjadi ciakar hingga berbagai macam kejadian dan juga peristiwa kamu jejak lainnya yang tumbuh Seiring dengan berjalannya kehidupan tersebut.


Sedangkan dalam bahasa  inggris yaitu history yang berasal dari kata bahasa Yunani yaitu Historia yang memiliki arti sebagai apa yang diketahui karena penyelidikan mengenai suatu kejadian dan apakah hal tersebut benar-benar terjadi atau tidak.

Sedangkan menurut para ahli seperti herodotus bapak sejarah dunia sejarah diartikan sebagai suatu kajian mengenai kebangkitan kehidupan serta kejatuhan tokoh, masyarakat, bahkan peradaban yang dijaga seakurat mungkin kebenarannya.

Sedangkan menurut ahli lainnya seperti Ibnu Khaldun mengatakan bahwa sejarah adalah sebuah catatan mengenai kejadian hingga perubahan watak sosial masyarakat hingga peradaban dunia.

Yang berlandaskan pada konsepsi sejarah atau Ibra sebutlah yang membuat sejarah tidak hanya menjadi rekam masa lalu namun dapat dijadikan hikmah dan pelajaran bagi generasi sekarang Dan juga generasi yang akan datang.

Kemudian menurut Sartono kartodirdjo sejarah adalah suatu gambaran mengenai kejadian di masa lalu manusia dan juga lingkungan sekitarnya untuk sosial yang disusun secara ilmiah.

Dan disusun secara ilmiah yang meliputi urutan dari kejadian fakta dan juga tafsiran serta penjelasan yang memberikan pengertian pemahaman mengenai apa yang telah berlalu seperti sebab akibat dan lain sebagainya.

Nah jadi setelah kita mengetahui beberapa pengertian mengenai sejarah, sekarang tentu kita dapat menyimpulkan apa sih pentingnya belajar sejarah dan mengapa kita harus tetap belajar sejarah, berikut ini adalah penjelasannya.

Pernahkan kalian mendengar ungkapan bahwa Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah ataupun jasa dari para pahlawannya, pasti pernah kan ?

Jadi tanpa adanya sejarah tentu kita akan kehilangan jati diri kita sebagai generasi penerus sehingga dengan mempelajari sejarah ini cara mempelajari peristiwa atau kejadian di masa lalu mengetahui asal-usul serta berbagai hal yang dapat kita pelajari saat ini dan untuk menghindari kejadian buruk di masa lalu.

Inilah 4 poin penting Mengapa kita harus belajar sejarah:

1. Sejarah memberikan pengalaman

Dengan mempelajari sejarah tentu kita akan mendapat banyak sekali pengetahuan jauh sebelum kita terlahir. Contohnya adalah jika kita ingin mempelajari perjuangan bangsa Indonesia melawan kolonialisme.

Tentu kita tidak harus hidup di zaman tersebut karena hanya saja kita sudah mengerikan di kerja paksa juga penindasan dari bangsa Eropa. 

Sehingga dengan mempelajari sejarah mengetahui berbagai macam hal di masa lalu dan memberikan kita pengalaman tanpa perlu merasakannya secara langsung kejadian tersebut.

2. Sejarah Memberikan inspirasi

sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sejarah adalah pelajaran yang menitikberatkan terhadap pencatatan dan juga pemahaman sehingga kita dapat mengetahui berbagai macam hal yang telah terjadi, dan dengan mempelajari hal tersebut kita bisa mengetahui game macam hal ini kan kita inspirasi apa arti dari tokoh-tokoh besar dalam sejarah. 

Seperti bagaimana perjuangan mereka bisa memberikan manfaat yang bisa kita rasakan hingga saat ini contohnya seperti Albert Einstein, Nicolas Tesla, Herodotus dan lain-lain.

Sehingga dengan mengetahui kisah dan juga perjuangan dari para tokoh tersebut tentu kita bisa mengambil sebuah Hikmah dan juga pelajaran dari tokoh besar tersebut yang kemudian bisa kita terapkan.

3. Sejarah mengembangkan kemampuan berpikir

Dengan mempelajari sejarah dengan materi serta imajinasi yang berkaitan satu dengan yang lain tentu membutuhkan kemampuan berpikir yang di atas rata-rata, prasejarah kita sama saja melatih kemampuan berpikir serta mengolah informasi kemudian mendorong kita melakukan sebuah tindakan atau keputusan.

4. Untuk mengetahui nilai-nilai

Mempelajari sejarah merupakan suatu hal yang sangat penting dan juga bernilai pelajari sejarah dapat mengetahui memberikan pemahaman adanya persatuan toleransi dalam perbedaan seperti nasionalisme nilai positif yang dapat kita terapkan di kehidupan kita saat ini sehingga terciptalah suatu kehidupan yang lebih baik.

Demikianlah penjelasan saya mengenai mengapa kita perlu mempelajari sejarah semoga informasi ini bisa bermanfaat dan jika kalian memiliki penjelasan lainnya dapat kalian sampaikan di kolom komentar ya sampai jumpa di pembahasan selanjutnya jas merah.

1 comment for "Apa pentingnya mempelajari Sejarah"

  1. Sejarah itu penting hanya saja metode dan pengajar yg kompeten yang perlu disesuaikan agar siswa tidak merasa bosan

    ReplyDelete