Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Penulisan Jurnal Internasional

Penulisan Jurnal Internasional
Ilustrasi Penulisan Jurnal Internasional

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan juga teknologi membuat kita saat ini mulai mengaplikasikannya ke berbagai bidang salah satunya seperti dalam membuat jurnal nasional maupun internasional. 
Biasanya hal ini dilakukan oleh para peneliti dari kalangan akademis maupun non-akademis.

Tujuan dari pembuatan Jurnal Internasional ini agar hasil karya mereka bisa diakses banyak orang dimanapun dan kapanpun sehingga bisa bermanfaat tentunya. 

Dan dalam penulisan jurnal ilmiah tersebut tentunya memiliki tahapan-tahapan yang harus dilakukan agar jurnal tersebut bisa ke index dan diakui berikut ini adalah penjelasannya. 

BACA JUGA : Sejarah Pancasila dan Makna Butir" Pancasila

Pengertian jurnal internasional 

Jurnal internasional adalah jurnal yang bereputasi baik yang memiliki standar serta kaidah kebahasaan dan juga terindeks oleh database internasional. Umumnya suatu jurnal internasional ini biasanya menggunakan bahasa Inggris, bahasa Rusia, bahasa Mandarin dan lain sebagainya. Namun pada umumnya Kita sebagai orang Indonesia akan menggunakan bahasa Inggris sebagai bentuk jurnal yang ingin kita terbitkan. 

Jurnal internasional ini juga lebih sulit dan juga memiliki kerangka yang rumit sehingga membuat jurnal internasional ini lebih sulit untuk ditembus berbeda dengan jurnal nasional. Berikut ini adalah struktur manuskrip dari penulisan jurnal internasional.

  • Title Authors 
  • Affiliation 
  • Abstract 
  • Introduction 
  • Material and method 
  • Result 
  • Dscussion 
  • Conclusion 
  • Acknowledgment 
  • Refrence.

Setelah mengetahui struktur jurnal internasional berikut ini adalah urutan dalam penulisannya 

1. Material and Method 

Pada bagian ini biasanya berupa apa penjelasan yang berkaitan dengan kesiapan dari penulis ataupun peneliti selain untuk menjelaskan tentang semua bahan alat penelitian na dan bagaimana cara melakukan penelitian tersebut. 

2. Result 

Sama seperti halnya material method resort atau hasil penelitian an harus sudah ada ketika akan membuat manuskrip jurnal namun tak sepenuh perlu lu lu suruh bagian agar pembahasan bisa lebih mendetail dikarenakan pada bagian ini data-data tidak harus ada hasil analisisnya. Karena untuk bagian analisisnya dapat dituliskan pada bagian discussions. Namun ada juga beberapa penulis yang menggabungkan antara risol dan juga diskusi on namun harus menampilkan hasil penelitian langsung yang diikuti dengan analisis. 

3. Discussions 

Pada bagian ini biasanya berisi tentang analisis dari sebuah hasil penelitian yang kemudian dapat dibuktikan suatu kebenarannya berdasarkan hipotesis atau tujuan penelitian atau intinya adalah bagian ini berisi sebuah argumen yang mendukung kebenaran dari suatu hasil penelitian 

4. Conclusion 

Pada bagian conclusion ini biasanya berisi jawaban dari sebuah tujuan penelitian dan juga dapat menyampaikan suatu kelebihan dan juga kekurangan dari metode yang digunakan dalam suatu penelitian tersebut. 

5. Introduction 

Telah selesai dalam mengisi jurnal kini saatnya untuk membuat introduction introduction ini biasanya berisi pengantar bagi para pembaca sebelum membaca keseluruhan isi jurnal tersebut dan struktur dalam introduction ini biasanya sebagai berikut 

Arti penting penelitian yang Anda lakukan hasil penelitian orang terdahulu terkait dengan penelitian memunculkan permasalahan yang belum diteliti oleh orang lain pengambilan metode yang tepat dalam penyelesaian sebuah permasalahan.

BACA JUGA:Panduan Penulisan Skripsi

6. Reference

Refrence atau referensi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat referensi yang pertama menuliskan semua referensi yang anda perlu gunakan menggunakan sumber referensi yang up to date dengan minimal sekurang-kurangnya 10 tahun yang lalu gunakan gaya penulisan referensi Berdasarkan jurnal meskipun kebanyakan jurnal penulisannya tidak sama 

7. Abstrak

Abstrak adalah ringkasan dari isi sebuah jurnal yang bersifat informatif daripada judul tujuannya adalah para pembaca dapat memahami isi dari keseluruhan jurnal dan biasanya abstrak tersebut dibuat dengan struktur sebagai berikut pendahuluan yang berisi pengantar tindakan apa yang akan dilakukan ketika melakukan penelitian hasil dari penelitian ataupun penutup dan biasanya abstrak ini hanya berisi sebuah ringkasan yang tidak lebih dari 1 halaman.

8. Title 

Title merupakan ringkasan dari sebuah jurnal dan biasanya diletakkan di akhir penulisan jurnal.

9. Tabel dan gambar 

Dalam penulisan tabel dan gambar sangat diutamakan kejelasan dari tampilannya dan biasanya dibuat dalam bentuk file tersendiri agar lebih jelas.

Aturan-aturan tulisan jurnal internasional menentukan tema penelitian selaras dengan bidang keilmuan menarik minat reviewer meminimalkan kesalahan atau human error menghindari plagiat cermat dalam menyusun daftar pustaka menyusun persembahan dan melakukan pembayaran

Daftar situs Jurnal Internasional terlengkap seperti:

E-resources. Perpusnas go. id, google scholar, International journal of Education and research, directory of Open access journal, science direct, academia researchgate, international journal of Education and the arts, Cambridge journal, Oxford journal, booksc.org free full pdf.

Trik agar mencara Reverensi jurnal Internasional 

Cari layanan jurnal partner di universitas biasanya setiap universitas memiliki partner dari sebuah jurnal website berbayar dalam hal ini penulis bisa memanfaatkan dan mendapatkan fasilitas tersebut. Yang bisa kalian tanya kan kepada pihak kampus yang berkaitan.

Cari jurnal di IEEE 

kalian juga bisa memanfaatkan fasilitas jurnal di IEEE yang merupakan singkatan dari the Institute of electrical and Electronics Engineers yang merupakan penyedia website jurnal terbesar dan biasanya berkualitas sehingga tak heran jika IEEE menjadi favorit bagi para penulis jurnal. Namun tentunya harus berbayar dan juga berlangganan yang cukup mahal. 

Cari jurnal memakai mesin pencari Citeserx merupakan sebuah mesin pencari khusus untuk mencari jurnal online melalui situs ini penulis bisa mencari jurnal internasional dengan kata kunci yang dimasukkan selain itu penggunaan situs ini juga sangat mudah dan bersifat gratis. 

Mencari di saince direct 

sains direct merupakan website penyedia layanan jurnal seperti halnya IEEE. Meskipun koleksinya tidak begitu banyak namun saya direct dianggap cukup banyak menyediakan koleksi jurnal selain ada yang gratis dan juga berbayar. 

Memanfaatkan Google Scholar 

google memiliki produk yang bernama Google Scholar yaitu mesin pencari khusus berupa artikel literatur hingga tulisan Academik seperti jurnal. Dalam penggunaannya juga sangat mudah.

Nah itulah tadi beberapa urutan dalam penulisan jurnal internasional apabila anda memiliki cara yang berbeda maka dapat kalian sampaikan di kolom komentar ya, terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Panduan Penulisan Jurnal Internasional"