Sejarah Perang Dunia 1 penyebab dan juga dampaknya

Sejarah Perang Dunia 1 penyebab dan juga dampaknya

Perang dunia 1

Hi Historian, sudah kita ketahui bahwa Perang Dunia 1 merupakan peristiwa peperangan besar yang pernah tercatat dalam sejarah. Akibat dari Perang dunia 1 menyebabkan banyaknya korban jiwa serta harta benda dari konflik yang menjadi taruhannya. 

Perang Dunia 1 juga merupakan peristiwa yang sangat besar pengaruhnya di semua aspek, jalannya Perang Dunia 1 ini berlangsung selama 4 tahun yang dimulai sejak 28 Juli tahun 1914 hingga 11 November tahun 1918. 

Bagaimanakah penyebab dan juga dampak dari perang dunia 1 ini ? Berikut ini adalah penjelasannya.

1.Pihak yang terlibat Perang Dunia 1

Perang Dunia 1 dimulai sejak tahun 1914 dan berakhir pada tahun 1918, pihak yang terlibat dalam perang dunia 1 ini adalah yaitu antara Inggris Italia Prancis dan juga Rusia melawan aliansi Sentral Yaitu Jerman austria-hongaria dan juga Turki.

2. Penyebab Perang Dunia 1

Terjadinya Perang Dunia 1 ini disebabkan oleh dua faktor utama sebagai berikut:

Sebab umum

Berikut ini adalah penyebab  umum terjadinya Perang Dunia 1 yaitu:
  • Berkembangnya teknologi persenjataan yang melibatkan persaingan antara negara-negara besar di Eropa
  • Adanya politik aliansi untuk membentuk jaringan politik dan juga militer di wilayah Eropa
  • Muncul dan berkembangnya paham ultranasionalisme atau cinta kebangsaan yang berlebihan

Sebab khusus

Berikut ini adalah sebab khusus terjadinya Perang Dunia 1 yaitu :
  • Berdasarkan yang telah di rangkum dari buku sejarah Eropa karya Jaja Wahyudi mau penyebab khusus dari terjadinya Perang Dunia 1 adalah karena terjadinya pembunuhan franz Ferdinand yaitu dari kerajaan Austria hongaria para pemuda Serbia Bosnia pada tahun 1914.

3. Proses terjadinya Perang dunia 1

Setelah mengetahui sebab umum dan sebab khusus dari terjadinya Perang Dunia 1 maka Berikut ini adalah bagaimana proses atau jalannya Perang Dunia 1.

Setelah terjadinya pembunuhan terhadap Franz Ferdinand non politik antar negara-negara besar di Eropa ketegangan tersebut dinamakan krisis Juli. Akibat dari krisis tersebut menyebabkan terjadinya Perang Dunia 1 saat kerajaan austria-hongaria terhadap Serbia dan juga bosnya pada 28 Juli tahun 1914.


Serangan dari austria-hongaria tersebut membuat Rusia kemudian berusaha untuk merebut Serbia dan juga Bosnia dari kekuasaan order ia dan jumlah hongaria, melihat konflik yang terjadi di Eropa Timur membuat Jerman kalah itu tidak ingin tinggal diam gerakan serangan ke wilayah Prancis dan juga Rusia.

Sehingga hal tersebut menyebabkan kemarahan inggris sebagai aliansi dari Sekutu. Kemudian Inggris pun menyatakan perang terhadap Jerman pada tanggal 4 Agustus tahun 1914,
Hingga diikuti oleh beberapa negara besar seperti Amerika Australia Kanada dan juga Selandia Baru untuk melawan Jerman.

4. Terbentuknya Front Barat dan Timur

Akibat meluasnya dari Perang Dunia 1 ini menyebabkan terbaginya beberapa front yaitu peran barat dan juga peran Timur.

Front Barat

Pada peran Barat 4 adalah Prancis dan juga Inggris melawan Jerman yaitu pada tahun 1915 hingga 1917, jalannya pertempuran kala itu telah menggunakan teknologi persenjataan dan juga strategi perang yang cukup modern tercatat sebagai yang pertama kali digunakan dalam sejarah.

Pertempuran ini terdapat beberapa pertempuran yang sangat mematikan diantaranya adalah pertempuran verdun pada tahun 1916, somme tahun 1916 dan juga passchendaele 1917.

Front Timur

Pada front Timur Perang Dunia 1 meliputi kawasan Eropa bagian timur Eropa tengah laut baltik hingga Laut Hitam. Jalannya pertempuran pada front Timur ini melibatkan Turki Usmani Australia dan hongaria serta Jerman Jerman dia yang kemudian dibantu oleh Perancis dan juga Inggris. 

Pertempuran ini dimenangkan oleh aliansi sekutu dengan berhasil memukul mundur pasukan Turki Usmani hingga ke Sinai Mesir dan juga Palestina.

5. Akhir perang dunia 1

Setelah 4 tahun perang berjalan dan berakhir pada tahun 1917 yang dimenangkan oleh pihak aliansi sekutu. Dan tanda berakhirnya Perang Dunia 1 ini setelah ditandatanganinya Perjanjian Versailles Jerman dengan sekutu perjanjian sevres Turki Usmani dengan sekutu dan juga perjanjian trianon yaitu austria-hongaria dengan sekutu.

6. Dampak perang Dunia 1

Berikut ini adalah dampak dari Perang Dunia 1 di berbagai sektor:

Dampak Politik

Berbagai ideologi baru seperti fasisme di Italia komunisme di Rusia militerisme Jepang nazisme Jerman serta nasionalisme di Turki
Sa bangsa atau LBB pada tahun 1919 untuk mewujudkan perdamaian antar bangsa di berbagai negara.

Munculnya pecahan negara baru polandia cekoslavia Yugoslavia hongaria Irak Iran Yordania Mesir Arab Saudi dan juga Suriah
Jerman Austria dan juga Turki publik dan kekuasaan wilayah yang semakin menyempit.

Dampak ekonomi

Menyebabkan kemiskinan akibat rusaknya Perindustrian sumber daya alam manusia
Terjadinya krisis ekonomi Malaise pada 1949 yang melanda dunia, Besarnya hutang akibat pendanaan biaya perang.

Dampak sosial

  1. Wanita semakin penting demi mendorong produktivitas suatu industri
  2. Terjadinya korban meninggal sekitar 50 juta jiwa di berbagai wilayah yang terlibat.
  3. Munculnya gerakan emansipasi wanita di Eropa dan juga Amerika.
Nah itulah tadi sedikit penjelasan mengenai Perang Dunia 1 jika ada pertanyaan dan juga saran maka dapat kalian sampaikan di kolom komentar ya sampai jumpa di pembahasan selanjutnya salam jas merah

Load comments