Sejarah perkembangan rokok di Indonesia dan Dunia

Sejarah perkembangan rokok di Indonesia dan Dunia

sejarah rokok kretek

Hi Historian Pasti kalian sudah tidak asing lagi kan ketika melihat orang yang sedang merokok? atau malah kalian sendiri merupakan seorang perokok, tentu saja kebiasaan buruk tersebut, saat ini sudah menjadi kebiasaan yang lumrah kita jumpai di berbagai kalangan, mulai dari remaja dewasa hingga orang tua.

Namun tahukah kalian bagaimana sejarah dan juga asal usul serta perkembangan rokok ini di Indonesia dan juga dunia? saya yakin tidak semua dari kalian khususnya para perokok tersebut.

Mengetahui bagaimana sejarah dan juga asal usul serta perkembangan rokok, sehingga jika kalian belum mengetahui hal tersebut maka kalian akan menemukan pembahasannya pada artikel berikut ini.

1. Sejarah Rokok di Dunia

Sejarah awal berkembangnya rokok di Dunia, pada mulanya berkembanh di wilayah Amerika. Hal ini berdasarkan peneliti yang telah dilakukan oleh para ilmuwan, awal mula berkembangnya rokok ini sudah ada sejak 4000 hingga 5000 tahun yang lalu di wilayah mesoamerika. 

Hal ini terlihat dari mulai diproduksi tembakau saat itu, kemudian didukung oleh temuan para arkeolog dari Universitas Albany, yaitu dari temuan artefak di Teluk Meksiko tersebut diperkirakan sekitar 1300 tahun yang lalu dan digunakan sebagai wadah dari penyimpanan tembakau bagi suku Maya.

Hal ini berdasarkan penelitian dari benda hieroglif dari penyimpanan tersebut yang bentuknya menyerupai guci dan di dalamnya terdapat sisa-sisa kandungan dari nikotin.

Dalam relief tersebut dijelaskan bahwa adanya proses pembuatan tembakau hingga masuk ke dalam bentuk penyimpanan guci tersebut, penggunaannya pada saat itu tembakau hanya digunakan sebagai bentuk Persembahan kepada Dewa Matahari.

Kebiasaan ini ternyata tidak hanya dilakukan oleh bangsa suku Maya saja, melainkan dari suku Aztec yang menggunakan tembakau dengan campuran daun ganja dalam upacara tertentu seperti pengobatan, penguburan.

Sedangkan menurut Catatan dari perjalanan Christopher Columbus, yang datang ke wilayah Teluk Meksiko ia melihat kebiasaan unik dari suku-suku Indian dan dalam catatan biografinya tersebut, Colombus melihat mereka awalnya memberikan tanaman yang berupa tembakau tersebut sebagai bentuk hadiah dalam menyambut tamu yang datang.

Tembakau tersebut dilapisi menggunakan kulit jagung dan kemudian dibakar serta dihirup asap, dari tembakau tersebut. Kebiasaan inilah yang masih Diteruskan oleh orang-orang diberbagai wilayah dunia hingga saat ini.

Kemudian Colombus pun memperkenalkan tembakau tersebut kepada orang-orang di Eropa, dan Sejak saat itulah tembakau mulai dikenal sehingga menyebabkan banyak dari bangsa Eropa yang datang ke benua Amerika untuk mempelajari cara pembuatan tembakau.

Hal ini terlihat dari ekspedisi yang dilakukan oleh Spanyol Portugal dan juga Inggris sekitar tahun 1600-an hingga 1800-an dan hal tersebut merupakan zaman keemasan dari mulai berkembangnya rokok.

pada zaman keemasan tersebut Tembakau mulai di budidayakan sebagai sumber dari pertanian hingga berdirinya pabrik-pabrik rokok yang kemudian diekspor ke seluruh wilayah di Eropa Asia dan juga Amerika. 

Namun sayangnya zaman ini juga mulai dikenal sebagai simbol perbudakan, hal ini dikarenakan para pengusaha kaya pada saat itu masih membutuhkan tenaga yang banyak dalam membuat tembakau sebagai bahan baku dari rokok tersebut, sehingga mereka biasanya mengambil budak sebagai pekerja dari Wilayah Afrika.

2. Sejarah Rokok di Indonesia

Sosok H. Djamhari pelopor kretek di Indonesia

Beda dengan penjelasan sebelumnya awal mula dikenalnya rokok di Indonesia hingga kini masih sangatlah simpang-siur dan dalam beberapa literasi mengatakan bahwa tembakau berasal dari pemberian dari Sunan Kudus, yaitu sosok wali yang terkenal dalam penyebaran agama islam di pulau jawa.

Namun ada juga yang berpendapat tembakau dan juga kebiasaan merokok sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram Islam dan dari sumber lain mengatakan bahwa rokok pertama kali diperkenalkan oleh masyarakat Belanda melalui VOC.

Saat Itu Gubernur Hindia Belanda, jenderal Van den Bosch lahan pada tahun 1820 yang digunakan sebagai lahan tembakau dalam melakukan kerja paksa seperti halnya yang dilakukan oleh para penguasa di Eropa kala itu, dan bedanya sendiri 

kebiasaan merokok pada awalnya hanya dilakukan oleh para kaum bangsawan seperti di keraton Yogyakarta dan kemudian berkembang ke Kudus, Kediri, Klaten hingga Madura dan saat itu wilayah Hindia Belanda ini menjadi ekspor nomor 2 terbesar setelah rempah-rempah.

Di Indonesia sendiri rokok memiliki istilah yang bernama Kretek, kretek yaitu tembakau yang terdiri dari cengkeh, Cengkeh inilah yang kemudian menjadikan rokok mempunyai aroma khas yang dominan manis.

Pada mulanya praktek ini muncul berdasarkan racikan dari Haji Jamhari yang merupakan Warga Kudus pada abad ke-19 Masehi.
Iya biasanya mengoleskan untuk memilih untuk meminimalisir rasa sakit? Kemudian Ia pun mengoleskannya ke daun tembakau sebelum dilinting dan kemudian mengeringkannya dengan cara dijemur. 

Dan dari hasil uji coba beliau tersebut semakin berkembang dan dikenal luas, hingga muncullah beberapa pabrik besar yang seperti yang kita kenal saat ini, beberapa diantaranya yaitu seperti Sampoerna, Gudang Garam dan lain-lain.

Meskipun mengalami masa keemasan selama ratusan tahun ternyata tidak membuat rokok bisa terus eksis, hal ini terbukti bahwa rokok semoat meredup bahkan sngat sulit ditemukan sekitar abad ke-17 M dikarenakan kalau itu pasar ekspor Amerika ditutup.

Hal ini dilakukan dengan tujuan Amerika ingin menekan dominasi produk dari negara-negara Eropa, selain itu akibat dari PD 1 dan PD 2 mengakibatkan kehancuran perekonomian Global serta mempengaruhi produktivitas rokok yang semakin menurun.

Namun diera saat ini produksi rokok semakin banyak dan juga makin beragam variasinya di berbagai negara di dunia, salah satunya adalah Indonesia meskipun rokok sempat sangat dilarang di beberapa negara dan ada juga yang menerapkan harga yang sangat tinggi namun hal tersebut tidak bisa menekan secara signifikan penjualan rokok tersebut.

Hal ini dikarenakan banyaknya perokok aktif di berbagai wilayah, serta tenaga kerja yang tidak sedikit membuat pelarangan rokok ini sulit terjadi, ditambah lagi hasil dari penjualan rokok ini tidak lah sedikit bagi pendapatan negara.

Nah itulah tadi sekilas mengenai sejarah dan juga asal usul serta perkembangan rokok di dunia dan juga Indonesia semoga informasi ini bisa menambah wawasan kalian jika ada saran untuk pertanyaan dapat kalian sampaikan di kolom komentar sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.





Load comments