Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah singkat kota Palembang

 

If You Are Hungry Eat-D

Haii historian, apa sih yang terlintas difikiran kalian, jika mendengar kata Palembang? apakah jembatan amperanya, atau pusat dari kerajaan bahari yang pernah mendominasi nusantara yaitu Sriwijaya atau malah makanan khasnya yang sudah terkenal yaitu empek-empek. 

Tentu saja semua hal tersebut merupakan bagian yang sangat identik dengan kota dengan berbagai peninggalan bersejarah ini. Namun tahukah kalian selain dari fakta-fakta tadi, ternyata kota Palembang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia, bahkan kota palembang ini berada di urutan pertama.

Wah tentu sangat menarik bukan untuk kita bahas dalam pembahasan kali ini. Terlebih bagi kalian yang merupakan orang palembang, jangan sampai tidak tau ya asal-usul sejarah dari kota kebanggan wong kito ini. Maka dari itu siapkan dulu alat tulis kalian karena kita akan segera menuju kepembahasannya, 

1.    Sejarah dan asal-usul Kota Palembang

Berbicara mengenai sejarah dan juga asal usul dari kota Palembang, memang tidak bisa dilepaskan dari sejarah dan juga perkembangan kerajaan maritim terbesar yang pernah ada di Nusantara yaitu Sriwijaya, Kerajaan Maritim ini bahkan pernah menjadikan kota Palembang sebagai ibukotanya.

Wilayah yang saat ini kita kenal dengan kota Palembang sebagai Ibu kota dari Sumatera Selatan ini memiliki berbagai cerita sejarah menarik didalamnya. Terlebih kota yang sangat identik dengan Sungai Musi ini dihubungkan oleh sungai-sungai besar yang berasal dari bukit barisan, Gunung Dempo hingga danau ranau yang membuat wilayah ini dujuluki sebagai Batang hari sembilan. 

Wilayah palembang ini memang sejak dulu, sudah ramai dikunjungi oleh berbagai orang yang berasal dari bangsa yang datang untuk berdagang, menyebarkan agama ataupun hanya singgah untuk mendalami dan belajar Agama Buddha.

Sehingga hal tersebut membuat kota Palembang ini bisa berkembang pesat dan dikenal luas bukan hanya di Nusantara melainkan ke berbagai penjuru dunia, Sebagai tempat singah para pedagang yang datang hingga menjadikannya sebagai tempat pembelajaran dan juga pembekalan dari para biksu yang ingin belajar agama Buddha sebelum mereka berangkat ke India yang telah dimulai sejak abad ke 7 hingga abad ke 11 M.

Dahulu kota Palembang ini memiliki berbagai nama yang disesuaikan dengan kondisi dari wilayah Palembang yang digenangi oleh air. Seperti orang-orang dari tionghoa menjuluki wilayah ini dengan nama Polin fong atau Ku Kang yang memiliki arti sebagai pelabuhan lama. Selain itu ada juga yang menyebutkan bahwa asal nama Palembang ini dari bahasa jawa yaitu Limbang yang berarti tempat membersihkan emas atau logam. Yang kemudian berngsur-angsur berubah menjadi palembang karena pelafalannya.

Dan sebagai kota yang telah berumur sekitar 1338 Tahun ini membuat wilayah di Palembang telah mengalami beberapa kali masa pemerintahan. Setelah jatuhnya kerajaan Sriwijaya akibat serangan dari kerajaan Chola dari India sekitar abad ke12 M. Bahkan wilayah ini sempat menjadi sarang bajak laut dari cina yang terkenal kejam dan berbahaya. 

Sebelum akhinrya dikuasai oleh kerajaan bercorak islam pertama di wilayah Palembang dengan pendirinya adalah Ki Gede Ing Suro yang memiliki kekuasaan di Keraton Kuto Gawang. Saat ini wilayah tersebut berada disekitar PT. Pusri. Bahkan Hal ini yang menandai awal mula asimilasi antara budaya jawa dan juga melayu diwilayah palembang.

Tidak hanya sampai disitu saja bahkan wilayah ini juga menjadi perebutan oleh pemerintah Belanda yang ngotot untuk menguasai wilayah ini karena Sumber daya Alamnya yang cukup melimpah. Sehingga wilayah ini cukup mengalami banyak perubahan ketika dikuasai oleh pemerintah Kolonial Belanda. Banyak sungai-sungai yang ditimbun untuk dijadikan tempat tinggal, kantor hingga jalan. Kota Palembang juga pernah dikuasai oleh pemerintah Jepang meskipun tidak dalam jangka waktu yang lama.

2.    Bukti yang Membuat Palembang menjadi kota Tertua

Bukti yang memperkuat kota Palembang sebagai kota tertua di Indonesia adalah berdasarkan prasasti Kedukan Bukit pada (683 M) yang ditemukan di wilayah Bukit Siguntang, yaitu wilayah yang berada dari pusat kota palembang saat ini, Penemuan prasati ini menjadi Bukti kuat Bahwa kota sudah ada sejak 1000 tahun yang lalu. 

Hal tersebut dikarenakan isi dalam prasati tersebut yang menyatakan bahwa wilayah ini sebagai sebuah wanua yang dapat diartikan sebagai ibukota dari Kerajaan Sriwijaya pada tanggal 16 Juni tahun 683 Masehi atau tanggal 5 bulan Ashada pada tahun 605 syaka. Maka berdasarkan penemuan tersebutlah yang menjadi patokan sebagai hari lahir dari Kota Palembang.

Saat ini kota Palembang sudah cukup banyak mengalami perkembangan dan terus mengikuti kemajuan zaman, hal ini ditandai dengan maraknya berbagai pembangunan seperti LRT yang diharapkan mempermudah akses di kota Palembang, hingga munculnya berbagai tempat wisata baru yang diharapkan bisa menarik minat pengujung yang datang ke kota Palembang.

Semoga kota palembang ini bisa semakin maju tanpa menghilangkan identitas dan juga nilai-nilai historis yang sangat bernilai dari kota ini sebagai identitas kota tertua yang ada di indonesia.

Nah jadi sekarang sudah taukan sejarah dari kota Palembang ini, Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya dan jika ada saran atau pertanyaan dapat kalian sampaikan dikolom komentar ya, sampai jumpa dipembahasan selanjutnya salam jas merah.

Post a Comment for "Sejarah singkat kota Palembang "