Cara menulis Kutipan yang benar dari Buku Jurnal dan Internet

Cara menulis Kutipan yang benar dari Buku Jurnal dan Internet

Cara menulis kutipan yang benar

Yuk ketahui bagaimana cara menulis kutipan yang baik dan benar dari buku, Jurnal dan juga internet


Deltabuana.com-Bagi kalian yang yang tengah membuat karya tulis ilmiah tentu akan membutuhkan yang namanya kutipan baik itu dari buku, jurnal hingga internet. Dan dari berbagai kutipan tersebut tentu memiliki aturan yang berbeda pula karena ada kutipan secara langsung dan juga kutipan tidak langsung. 

Kutipan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam membuat karya ilmiah hal ini dikarenakan dengan adanya suatu kutipan akan memperkuat argumen kalian dalam karya tulis yang kalian buat.

Berikut ini adalah penjelasan bagaimana cara menulis kutipan yang baik dan benar mulai dari buku, jurnal hingga internet yang perlu kalian ketahui.

Pengertian kutipan

Kutipan adalah pengambilan pendapat atau kalimat dari seseorang seperti tulisan maupun lisan yang Tujuannya adalah untuk memperkuat argumentasi dalam sebuah karya tulis ilmiah. Selain itu kutipan juga dapat dijadikan sebagai suatu landasan teori ataupun penjelasan suatu uraian yang dapat digunakan sebagai bukti untuk menunjang suatu pendapat dalam karya tulis ilmiah.

Dalam melakukan kutipan ini penulis tidak bisa melakukannya dengan sembarangan atau asal-asalan karena terdapat berbagai kaidah dan peraturan yang perlu diperhatikan oleh  penulis berikut ini adalah beberapa aturan yang perlu diperhatikan oleh penulis dalam membuat karya ilmiah.
  • Penulis harus memperhatikan dan juga mempertimbangkan bahwa kutipan tersebut memang dibutuhkan dalam karya tulisnya
  • Penulis harus bertanggung jawab terhadap apa yang mereka kutip tersebut
  • Penulis juga harus mempertimbangkan jenis-jenis, begitu kutipan langsung maupun tidak langsung
  • Penulis juga jangan terlalu banyak menggunakan kutipan langsung dalam karya ilmiah

Perbedaan kutipan langsung dan tidak langsung

Kutipan langsung

Kutipan langsung adalah kutipan yang bentuknya di ambil langsung dan umumnya identik atau sama persis dengan sumber aslinya. Kutipan langsung ini juga terbagi menjadi beberapa bagian mulai dari kutipan kurang dari 4 baris dan juga kutipan yang lebih dari 4 baris. Berikut ini adalah cara menulis kutipan langsung kurang dari 4 baris.
  1. Dalam melakukan kutipan kalimat kutipan tersebut harus disesuaikan dengan teks
  2. Jarak antara baris kutipan adalah 2 spasi
  3. Dalam mengutip nya akan diapit dengan ("..") atau petik dua di awal dan akhir kalimat
Setelah mengambil kutipan diakhiri dengan nama pengarang, akun terbit dan juga nomor halaman dan diakhiri dengan)

Contohnya adalah sebagai berikut:
" dalam pengetikan, Tanda pisah dinyatakan dengan 2 Tanda yang berhubungan tanpa spasi sebelum dan sesudahnya " (Depdikbud, 2:414). (Contoh diambil dari buku)

 " argumentasi merupakan suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan juga pendapat orang lain agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara " (Keraf,1983:3). (Contoh diambil dari buku)
Namun dalam melakukan kutipan langsung ini Kalian juga bisa menulis dalam larutan sumber kutipan di depan kalimat contohnya adalah sebagai berikut:
Siswoyo (1980:30) menyatakan, "Segala keputusan ilmiah hanya merupakan kemungkinan besar atau probability yang tidak mengakui adanya kebenaran mutlak atau absolut truth". (contoh dimabil dari buku.

Kutipan langsung lebih dari 4 baris

Dalam menulis kutipan langsung lebih dari 4 baris penulis wajib memperhatikan beberapa hal berikut.
  1. Jarak antar baris kutipan adalah 1 spasi
  2. Setelah kutipan, keterangan sumber
  3. Setiap kutipan boleh diapit dengan " ataupun tidak
  4. Penulisan kutipan ini dipisahkan dengan jarak sekitar 3 spasi dari teks
Berikut ini adalah contoh kutipan lebih dari 4 baris.
" visual media tools in the general chemistry laboratory provider positive contribution to students " behavior and skills, improved student' learning Attitude toke misteri laboratory course and Increase their Interest in visual media tools "(Turkoguz,2012) (kutipan langsung diambil dari jurnal/artikel.

 

Kutipan tidak langsung

Berbeda dengan kutipan langsung kutipan tidak langsung adalah kutipan yang mengambil intisarinya saja namun tanpa mengurangi makna sebenarnya. Kutipan tidak langsung ini dapat juga ditulis dengan cara meringkas ataupun menyimpulkan suatu pendapat yang kemudian ditulis atau diambil intisarinya saja mudahnya kalian hanya menulis dengan gaya tulisan kalian sendiri tanpa membuang esensi dari makna kalimat yang kalian kutip tersebut. Berikut ini adalah cara menulis kutipan tidak langsung.
  • Kutipan akan diintegrasikan dengan teks
  • Kutipan tidak diapit dengan "ataupun petik dua
  • Setelah kutipan akan ditulis sumber kutipan
  • Jarak antar spasi kutipan adalah spasi ganda
Berikut ini adalah contoh kutipan tidak langsung

Menurut lipsey(1998) menyatakan bahwa, ilmu ekonomi dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari masyarakat, baik itu kelompok ataupun individu, dan dalam membuat keputusannya akan menggunakan sumber daya yang terbatas baik itu materi maupun uang, dalam memenuhi kebutuhan mereka yang tak terbatas tersebut. (contoh dimabil dari buku)

Nah jika kalian sudah mengerti Bagaimana cara mengutip langsung dan tidak langsung maka kita akan melanjutkannya dengan kutipan lain yang banyak juga digunakan dalam menulis karya ilmiah seperti kutipan dalam kutipan dan juga kutipan dari internet.

Contoh kutipan yang dikutip oleh orang lain

Cara menulis kutipan yang dikutip oleh orang lain adalah dengan cara menyertakan nama pengarang asli yang kemudian diikuti dengan kata "dalam". Berikut ini adalah contohnya
Informasi yang dicari dalam proses mengidentifikasikan kebutuhan intruksional merupakan kompetensi peserta didik saat ini dibandingkan dengan kompetensi yang harus dikuasai untuk dapat melaksanakan tugas atau pekerjaan dengan baik(kaufman dalam Suparman, 2003:65). (contoh diambil dari buku)

 

Cara mengutip dari internet

Jika kalian ingin mengambil kutipan dari internet maka kalian perlu memperhatikan kan beberapa hal meskipun umumnya tidak berbeda dengan cara mengutip dari buku maupun jurnal karena kalian hanya perlu menuliskan sumber yang berupa nama pengarang kemudian diikuti dengan tahun terbit artikel tersebut.

Sedangkan untuk judul artikel ataupun alamat dan juga URL dari artikel yang kalian kutip serta waktu yang kalian akses untuk membuka jurnal tersebut dapat kalian cantumkan di dalam daftar pustaka saja.


Berikut ini adalah contoh kutipan dari internet

Diakronik berasal dari bahasa Yunani yaitu "dia" yang memiliki arti melintasi atau melewati sedangkan "chronos" yang berarti perjalanan waktu sehingga dapat diartikan diakronik ini memiliki arti sebagai suatu peristiwa yang saling berkaitan dengan berbagai peristiwa sebelumnya sehingga peristiwa itu tidak berdiri sendiri atau timbul secara tiba-tiba(Delta Buana,2021).

Demikianlah informasi Bagaimana cara membuat kutipan dalam karya tulis ilmiah yang baik dan benar, dengan adanya kutipan tersebut karya tulis kalian akan semakin bisa dipercaya. Dan jangan lupa ketika kalian mengikutip maka kalian akan memasukkan nya juga ke dalam daftar pustaka ya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat jangan lupa di-share ya mengapa jika bagi orang lain sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.
Load comments