Pengertian Museum dan Fungsinya

Pengertian Museum dan Fungsinya

pengertian museum jenis dan juga fungsinya

DELTABUANA.COM-Bagi kalian yang suka dengan wisata bertemakan edukasi tentu sudah tidak asing lagi kan dengan yang namanya Museum, museum adalah suatu lembaga yang diperuntukan bagi masyarakat umum yang gunanya untuk mengumpulkan, dan juga menyajikan serta melestarikan warisan budaya dengan tujuan sebagai wisata edukasi yang berguna untuk penelitian kesenangan dan juga hiburan.

Jadi dengan adanya museum tersebut dapat memberikan wawasan kepada masyarakat umum, sehingga mereka dapat mengenal dan juga mempelajari benda-benda ataupun peninggalan dari berbagai zaman. Berikut ini adalah pengertian museum serta fungsi dan juga beberapa museum terbaik yang ada di Indonesia.

Pengertian museum

Sudah dijelaskan di di awal tadi bahwa museum Ini adalah sebuah lembaga yang diperuntukkan untuk masyarakat umum dalam berbagai kepentingan edukasi, dan menurut peraturan pemerintah nomor 19 tahun 1995 museum ini digunakan sebagai tempat penyimpanan, buatan pengamanan dan juga pemanfaatan dari benda ataupun bukti material sejarah.

Serta hasil budaya manusia baik berupa alam hingga lingkungan yang dapat menunjang dari upaya perlindungan serta pelestarian peninggalan kebudayaan bangsa khususnya bangsa Indonesia.

Sedangkan menurut peraturan internasional berdasarkan International Council of museum (ICOM). Museum ini diartikan sebagai suatu lembaga yang bersifat tetap tidak mencari keuntungan mampu melayani masyarakat dan perkembangannya dapat terbuka untuk umum memperoleh, perawat, serta menghubungkan dan juga memamerkan atau Fak dari peradaban suatu bangsa baik dari kondisi lingkungan dengan tujuan studi pendidikan maupun rekreasi.

Sehingga dengan adanya museum ini tentu akan sangat bermanfaat sekali selain dari wisata edukasi yang dapat menambah wawasan serta pengetahuan mengenai peninggalan yang ada di di berbagai wilayah khususnya di Indonesia, bahkan lebih spesifik lagi kita bisa mengetahui asal usul sebenarnya suatu peradaban yang pernah hidup di masa lampau.

Fungsi Museum

Sebenarnya apa sih fungsi museum? Jadi fungsi museum berdasarkan peraturan pemerintah nomor 19 tahun 1995, museum memiliki fungsi yaitu untuk merawat, menyimpan, mengamankan serta memanfaatkan koleksi museum tersebut sebagai bentuk durian berupa cagar budaya sehingga museum ini dapat terus dinikmati oleh masyarakat umum. Berikut ini adalah 2 fungsi dari museum:

1.Sebagai tempat pelestarian

Fungsi museum ini dapat kita gunakan sebagai penyimpanan meliputi pengumpulan benda menjadi suatu koleksi serta pendataan dan juga penomoran dan penataan koleksi tersebut. 
Sebagai bentuk perawatan yang dapat mencegah dan menanggulangi kerusakan-kerusakan peninggalan benda peninggalan sejarah. Museum Ini juga sebagai bentuk pengamanan agar benda-benda sejarah ataupun koleksi yang ada aman dari gangguan kerusakan baik alam maupun manusia.

2. Sebagai sumber informasi

Museum tentu sebagai salah satu tempat edukasi merupakan tempat yang pas untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran serta penelitian yang akan bermanfaat bagi orang banyak. Sebagai bentuk penyajian berupa aspek pelestarian dan juga pengamanan dari benda-benda bersejarah ah. Museum dapat digunakan sebagai media pengembangan baik berupa kebudayaan nasional, ketahuan hingga teknologi.

Jenis-Jenis museum

Museum tentu dibedakan menjadi beberapa jenis serta klasifikasinya, ini adalah beberapa jenis museum yaitu sebagai berikut:

Museum berdasarkan koleksi

Museum ini merupakan museum yang terbentuk atau terdiri dari berasarkan koleksi dan musim jenis ini dibagi menjadi dua yaitu :

Museum modern

Museum modern yaitu sebuah museum yang koleksinya terdiri dari kumpulan bukti material antara manusia dan juga lingkungan yang saling berkaitan dan berhubungan dengan berbagai cabang seperti seni, ilmu serta teknologi.

Museum khusus 

Museum khusus biasanya menyimpan koleksi yang terdiri dari kumpulan bukti material manusia dan juga lingkungan namun masih berkaitan dengan 1 cabang seni, bang ilmu ataupun satu cabang teknologi saja sehingga fungsinya lebih dikhususkan untuk suatu bidang ilmu pendidikan.

Jenis museum berdasarkan kedudukan:

Museum Nasional

Museum Nasional adalah museum yang koleksinya biasanya terdiri dari suatu kumpulan benda-benda yang berasal dan berkaitan dengan bukti material manusia dan juga lingkungan dengan cakupan seluruh wilayah atau kawasan contohnya adalah Indonesia sehingga koleksinya ini bernilai nasional.

Museum Provinsi

Museum provinsi biasanya koleksi terdiri dari suatu kumpulan benda yang berasal dari bukti material manusia dan juga lingkungan namun cakupannya hanya sebatas wilayah provinsi Dimana museum itu berada.

Museum Lokal

Museum lokal yaitu museum yang berasal dan berkaitan dengan bukti material baik manusia dan juga lingkungan yang cakupannya hanya sebatas Kabupaten atau kotamadya saja Dimana museum ini berada.

Museum Terbaik di Indonesia

Bagi kalian yang suka dengan wisata edukasi maka kalian wajib mengunjungi beberapa museum terbaik yang ada di Indonesia, berikut ini adalah 10 museum terbaik yang ada di Indonesia.
  1. Museum Angkut di Batu Jawa Timur
  2. Museum Nasional Indonesia di Jakarta
  3. Museum Fatahillah Jakarta
  4. Museum Blanco renaissance di Ubud Bali
  5. Museum ullen Sentalu di Yogyakarta
  6. Museum Tsunami Aceh di Banda Aceh
  7. Museum siwalima di Ambon
  8. Museum House of Sampoerna di Surabaya
  9. Museum geologi di bandung
  10. Museum rekor Indonesia di Semarang
Nah itulah tadi beberapa penjelasan mengenai museum beserta fungsi dan juga jenisnya, informasi ini bisa menambah wawasan serta pengetahuan kita, hayo jadi mau kemana nih liburan nanti, jangan lupa aja admin ya, hehe.
Load comments