Perbedaan Penelitian kualitatif dan Kuantitatif contoh dan penjelasannya

Perbedaan Penelitian kualitatif dan Kuantitatif contoh dan penjelasannya

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif


Penelitian merupakan salah satu bentuk laporan akhir yang wajib diselesaikan oleh mahasiswa. Laporan akhir tersebut dikenal juga dengan nama skripsi. Karena kita harus menyelesaikannya dengan menggunakan analisa dan juga beberapa instrumen penelitian.

Penelitian tersebut adalah kualitatif dan juga kuantitatif, Karena dalam dunia pendidikan suatu penelitian tentu membutuhkan bukti dan kebenaran tertentu yang harus dikaji secara ilmiah terhadap materi yang sedang diteliti tersebut.

BACA JUGA: Sejarah ASEAN dan Tujuan Berdirinya

Tentu bagi kalian yang baru saja akan memulai untuk menulis skripsi akan dihadapkan dua pilihan yaitu antara Skripsi kualitatif dan kuantitatif. Sebenarnya apa sih yang membedakan antara skripsi kualitatif dan juga kuantitatif tersebut? Hal ini dikarenakan masih banyak dari mahasiswa yang belum mengetahui perbedaan diantara keduanya.

Oleh karena itu kita, harus mempelajari terlebih dahulu pengertian dan juga perbedaan mendasar dari penelitian kualitatif dan juga kuantitatif tersebut, karena pada umumnya banyak yang mengira bahwa penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang banyak menggunakan angka sedangkan pada penelitian kualitatif adalah tentang kata.

Lalu apakah hal tersebut benar? Sebenarnya tidak sepenuhnya salah Dan juga tidak sepenuhnya benar, karena secara umum penelitian kualitatif adalah sebuah metode yang pada dasarnya menggunakan pendekatan yang bernama deduktif induktif pendekatan ini bersumber dari suatu kerangka teori, para ahli.

Maupun pemahaman peneliti berdasarkan dengan pengalaman pribadinya yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah permasalahan beserta dengan pemecahannya yang diajukan dan memperoleh pembenaran atau verifikasi dalam bentuk dukungan data empiris di laporan tersebut.

BACA JUGA : Cara menulis Kutipan yang benar dari Buku Jurnal dan Internet


Sehingga penelitian kualitatif ini adalah sebuah penekanan pada proses dan makna yang Tidak dikaji secara ketat atau belum diukur, sifat realita yang terbangun secara sosial, hubungannya erat antara yang diteliti dengan peneliti, serta situasi yang membentuk penyelidikan sarat akan nilai dan menyoroti cara munculnya pengalaman sosial sekaligus perolehan maknanya.

Sedangkan pada penelitian kuantitatif adalah penelitian yang mengungkapkan gejala secara holistik kontekstual dengan melalui pengumpulan data menggunakan latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci penelitian kuantitatif juga bersifat deskriptif dalam artian cenderung menggunakan analisis pendekatan induktif.

Dan lebih menonjolkan menggunakan narasi yang bersifat kreatif serta mendalam dan juga menunjukkan ciri naturalistik yang penuh dengan nilai-nilai otentik.

Untuk lebih jelasnya Maka simak dulu penjelasan dari beberapa ahli berikut ini:

Menurut Sugiyono

metode penelitian kualitatif merupakan suatu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah sebagai lawannya eksperimen. Dimana penelitian ini digunakan sebagai kunci instrumen dari pengambilan sampel serta sumber data yang dilakukan secara purposive dan juga Snowball, trianggulasi atau gabungan serta analisis data yang lebih menekankan arti dari pada generalisasi.

Baca juga: Pengertian Karya Ilmiah, Fungsi, Tujuan dan Jenisnya

Sedangkan penelitian kuantitatif biasanya berlandaskan terhadap filsafat positifisme. Metode ini digunakan untuk meneliti sampel dan populasi penelitian teknik pengambilan sampel ini umumnya dilakukan dengan acak atau random sampling.

Sedangkan dalam pengumpulan datanya dilakukan menggunakan instrumen penelitian yang menggunakan kuantitatif ini, dapat diukur dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan sebelumnya.

Menurut Lexy J. Moloeng

Metode penelitian kualitatif merupakan suatu riset yang bermaksud untuk memahami suatu fenomena yang dialami oleh subjek penelitian contohnya adalah pola perilaku persepsi, motivasi hingga tindakan yang dideskripsikan dengan kata-kata bahasa dan dapat diukur dalam konteks ilmiah.

Menurut Nana sudjana dan juga Ibrahim

Penelitian kuantitatif adalah suatu penelitian yang didasari pada suatu asumsi yang kemudian ditentukan berdasarkan variabel dan selanjutnya dia dapat dianalisis dengan menggunakan metode-metode yang valid.

Menurut Kasiram

Penelitian dengan metode kualitatif adalah suatu penelitian yang menggunakan proses data yang berupa angka sebagai alat untuk menganalisis dan melakukan kajian suatu penelitian terutama mengenai apa yang telah diteliti

Jika sudah pengetahui pengertian dari Penelitian Kualitatif dan kuantitatif maka langkah selanjutnya adalah mengetahui apa perbedaan dari kedua penelitian tersebut.

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif


Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif dapat dilihat dari beberapa aspek Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari kedua Metode pendekatan penelitian tersebut.

1. Desain Penelitian

Penelitian Kualitatif bersifat umum dan juga dinamis pada penelitian kualitatif juga dapat berkembang selama proses penelitian berlangsung.

Pada penelitian kuantitatif memiliki sifat yang khusus rinci dan juga statis kemudian alur dari penelitian kuantitatif sendiri sudah direncanakan sejak awal dan tidak dapat diubah lagi.

2. Analisis data


kualitatif dapat dianalisis selama proses penelitian berlangsung sedangkan pada kuantitatif dapat dianalisis pada tahap akhir sebelum laporan.

Istilah subjek penelitia kualitatif memiliki subjek penelitian yang bisa disebut dengan narasumber sedangkan pada penelitian kuantitatif memiliki subjek penelitian yang biasa disebut sebagai responden.

3. Pengumpulan data

pada penelitian kualitatif penelitian lebih berfokus pada suatu yang tidak bisa diukur sehingga pada penelitian kualitatif ini peneliti mengorek data sedalam-dalamnya sehingga kualitas penelitian ini tidak terlalu ditentukan oleh banyaknya narasumber yang terlibat tetapi seberapa dalam peneliti menggali informasi yang spesifik dari narasumber tersebut.

Sedangkan pada penelitian kuantitatif pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan serangkaian instrumen penelitian berupa tes ataupun kuesioner yang dikonversikan menggunakan kategori atau kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya serta kualitas penelitian dari kuantitatif ini umumnya ditentukan oleh banyaknya responden dari penelitian yang terlibat.

4. Cara memandang fakta

Pada penelitian kualitatif penelitian ini memandang fakta atau kebenaran tergantung pada cara peneliti menginterpretasikan data tersebut hal ini dikarenakan ada hal-hal yang tidak bisa sekedar dijelaskan oleh angka seperti perasaan manusia contohnya.

Penelitian kualitatif ini juga berangkat dari data yang kemudian dijelaskan oleh teori teori yang dianggap relevan untuk menghasilkan suatu teori yang menguatkan teori yang telah ada. Sedangkan pada penelitian kuantitatif penelitian ini kurang memandang data atau fakta.

Kebenaran yang berada pada objek penelitian di luar sana penelitian ini harus netral dan tidak memihak apapun yang ditemukan di lapangan nantinya Itulah fakta dari penelitian kuantitatif yang berangkat dari teori menuju data.

5. Representasi data

Pada penelitian kualitatif Biasanya berupa interpretasi melalui sebuah fenomena sehingga laporan penelitian tersebut lebih banyak mengandung deskripsi sedangkan pada penelitian kuantitatif hasil penelitian tersebut dipresentasikan dalam bentuk hasil perhitungan matematis.

Hasil ini dianggap sebagai fakta yang telah terkonfirmasi atau valid serta keabsahan penelitian kuantitatif ini sangat ditentukan oleh validitas dan realibilitas instrumen yang digunakan.

6. Implikasi hasil riset

Pada penelitian kualitatif hasil penelitian memiliki implikasi yang terbatas pada situasi suatu aksi tertentu sehingga hasil dari penelitian kualitatif ini tidak bisa digeneralisasi dalam setingan berbeda sedangkan pada penelitian kuantitatif hasil penelitian kuantitatif ini berupa fakta atau teori yang berlaku secara umum (general) kapanpun dan dimanapun sesuai fakta itu berlaku.

Macam-macam metodenya

Pada penelitian kualitatif biasanya berbentuk fenomenologi, etnografi, studi kasus, historis dan juga grounded theory sedangkan pada penelitian kuantitatif Biasanya berupa eksperimen, survei, korelasi, regresi, analisis jalur hingga ekpost facto.

Tujuan penelitian

Pada penelitian kualitatif akan memperoleh pemahaman yang mendalam serta dapat mengembangkan teori dan mendeskripsikan realitas dan kompleksitas sosial sedangkan pada penelitian kuantitatif akan menjelaskan hubungan antara variabe,l menguji teori, melakukan generalisasi dan juga fenomena sosial yang akan diteliti.

Jenis data

pada jenis data ini kita sudah mengetahui bahwa pada penelitian kualitatif merupakan sebuah penelitian yang bersifat deskriptif dan juga eksploratif sedangkan pada penelitian kuantitatif akan bersifat numerik dan statistik.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan antara penelitian kualitatif dan juga kuantitatif semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Load comments