Perkembangan ekonomi dan politik Indonesia pada masa awal kemerdekaan materi kelas 12

Perkembangan ekonomi dan politik Indonesia pada masa awal kemerdekaan materi kelas 12

Perkembangan indonesia pada masa awal kemerdekaan

Berikut ini adalah beberapa hal yang dilakukan dalam perkembangan ekonomi dan politik indonesia pada masa awal kemerdekaan materi kelas 12.


DELTABUANA.COM-Setelah berhasil merdeka pada 17 Agustus tahun 1945 membuat Indonesia harus menghadapi babak baru terutama memperbaiki kondisi ekonomi yang saat itu sangatlah kacau serta memperbaiki sistem politik yang belum berjalan dengan semestinya. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab buruknya keadaan ekonomi indonesia pada awal kemerdekaan.

Faktor-faktor penyebab buruknya keadaan ekonomi Indonesia pada awal kemerdekaan.

1. Inflasi parah (Hipper-Inflasi)

Memasuki akhir dari penjajahan Jepang membuat Terjadinya inflasi yang sangat tinggi

Faktor pertama adalah terjadinya inflasi yang menyebabkan mata uang yang saat itu yang digunakan adalah mata uang Jepang sangatlah tinggi dan tidak terkendali.

Diperkirakan pada saat itu terdapat nilai sekitar 4 miliar mata uang yang beredar di masyarakat. Dan dari sebagian besar jumlah yang beredar berada di pulau Jawa sekitar 1,6 milyar.

Kemudian hal tersebut semakin diperparah ketika kedatangan sekutu, yang berhasil menduduki beberapa kota-kota di Indonesia serta menguasai bank-bank saat itu.

Mereka juga mengedarkan uang cadangan sebesar 2,3 Milyar sebagai keperluan operasi militer mereka. Dan dampak yang paling dirasakan dari inflasi ini ini adalah kepada golongan petani karena pada saat itu petani merupakan golongan yang paling banyak menyimpan mata uang Jepang.

Hal ini juga Karena pada saat itu pemerintahan Indonesia belum bisa memberhentikan secara langsung peredaran mata uang Jepang hal ini dikarenakan indonesia belum memiliki mata uang baru yang dapat menggantikan mata uang Jepang tersebut.

Sehingga untuk sementara pemerintah Indonesia menyatakan terdapat tiga mata uang yang boleh beredar di Indonesia yaitu sebagai berikut:
  • Mata uang De javasche Bank
  • Mata uang pemerintah Hindia Belanda
  • Mata uang pendudukan Jepang
Kemudian memasuki tanggal 6 Maret tahun 1946 yaitu ketika Panglima AFNEI letnan Jenderal Sir montagu stopford memberlakukan uang NICA yang yang beredar di daerah-daerah kekuasaannya. Tujuannya adalah untuk menggantikan mata uang Jepang yang saat itu nilainya sudah sangat rendah.

Tentu saja hal ini sangat diprotes oleh pihak Indonesia, hal ini terlihat ketika Perdana Menteri yaitu Sultan Syahrir menolak kebijakan tersebut dan dianggap mereka telah melanggar peraturan yang telah disepakati.

Hal inilah yang kemudian membuat pihak Indonesia pun mengeluarkan mata uang baru sekitar bulan Oktober tahun 1946 dengan memberlakukan Oeang republik Indonesia atau ORI yang digunakan untuk menggantikan mata uang Jepang tanpa harus menggunakan mata uang dari NICA.

Hingga saat itu yaitu pada tanggal 1 November tahun 1946 dibentuklah koordinasi untuk mengurus bidang-bidang umi serta keuangan maka dibentuklah Bank Negara Indonesia.

Pada awal ya bang negara Indonesia ini hanyalah Yayasan pusat bank yang didirikan pada bulan Juli tahun 1946 yang dipimpin oleh Margono Djojo Hadikusumo yang tugasnya adalah untuk mengatur peredaran dan juga nilai tukar dari uang ORI tersebut terhadap valuta asing.


2.Blokade Ekonomi oleh Belanda (NICA)

Belanda yang datang ke Indonesia pada saat itu berusaha untuk memblok ada perkembangan ekonomi di Indonesia hal ini terjadi sejak bulan November tahun 1945 mereka menutup pintu keluar masuk perdagangan di Indonesia. Alasan mereka adalah untuk mencegah terjadinya beberapa hal yaitu sebagai berikut:

  • Mencegah dimasukkannya senjata dan peralatan militer asing ke Indonesia
  • Mencegah dikeluarkannya hasil perkebunan militer Belanda dari milik asing
  • Melindungi bangsa Indonesia dari tindakan yang dilakukan oleh orang non Indonesia
  • Kas negara kosong, terdapat pajak dan juga bea masuk yang sangat rendah sehingga tidak akan sebanding dengan pengeluaran.


Cara Indonesia Mengatasi Masalah Ekonomi dan Politik saat itu

Tentu saja Hal inilah yang membuat Indonesia tidak ingin tinggal diam kemudian mereka usaha untuk membuka blokade ekonomi yang dilakukan oleh Belanda berikut ini adalah beberapa apa usaha yang dilakukan oleh Indonesia untuk menembus blokade ekonomi tersebut:
  1. Melakukan diplomasi beras ke India
  2. Mengadakan hubungan dagang langsung ke luar negeri
Selain itu untuk mengatasi kesulitan ekonomi Indonesia juga melakukan beberapa hal guna memperbaiki kondisi ekonomi secara bertahap. Hal ini dilakukan sejak bulan Februari tahun 1946 pemerintah berusaha untuk memperbaiki usaha dari rakyat. Hal ini dilakukan dengan cara yaitu sebagai berikut:
  1. Pinjaman Nasional
  2. Konferensi Ekonomi
  3. Masalah sandang
  4. Status dan administrasi perkebunan
  5. Pembentukan planning board atau badan perencanaan ekonomi
  6. Rekonstruksi dan juga rasionalisasi Angkatan Perang Tahun 1948
  7. Membentuk persatuan tenaga ekonomi atau PTE
Demikianlah informasi mengenai beberapa usaha dalam mengatasi permasalahan ekonomi dan juga politik pada masa awal kemerdekaan di Indonesia, semoga informasi ini bisa bermanfaat salam jas merah.
Load comments