Sejarah Hari wanita Internasional

Sejarah Hari wanita Internasional

sejarah hari perempuan seduia

Deltabuana.com-Kemarin tanggal 8 Maret dikenal sebagai International Women's Day yang telah dimulai sejak tahun 1908 Silam. Sebenarnya apa sih yang melatar belakangi hari International women's Day atau hari perempuan sedunia ini hingga menjadi hari yang selalu diperingati setiap tahunnya. Untuk lebih jelasnya simak terus penjelasan berikut ini. 

Kejadian bersejarah ini dimulai pada tahun 1908 hal ini dilatarbelakangi ketika para perempuan menuntut untuk mendapatkan beberapa hak seperti adanya nya pemotongan 
jam kerja, memiliki gaji yang sepadan hingga perempuan untuk mengikuti pemilu. 

Hal ini dikarenakan memasuki abad ke-20 gelombang ekspansi industri serta menyebabkan timbulnya berbagai macam protes mengenai dunia kerja terutama bagi kaum wanita. 
Hal ini bermula dari aksi unjuk rasa besar-besaran pada tanggal 8 Maret 1949 yang dirintis oleh kaum sosialis di Amerika Serikat. 

Hal ini juga tertulis dalam on the day socialist origin of International women's Day yang dimuat oleh feminis studi tahun 1985 yang mengungkapkan riwayat perayaan dari hari perempuan sedunia berasal pada 8 Maret tahun 1857. Kejadian ini bermula ketika kaum wanita yang bekerja sebagai buruh terutama pabrik tekstil di New York mengalami tindakan yang semena-mena setelah mendapati upah yang sangat rendah hal inilah yang menjadi latar belakang munculnya aksi unjuk rasa tersebut. 

Namun hal tersebut tidak langsung berhasil karena hal ini baru bisa dilaksanakan 50 tahun kemudian yaitu pada tanggal 8 Maret tahun 1907 seperti yang tertulis dalam buku the feminist book big ideas simply explained tahun 2019 yang menggambarkan munculnya aksi demonstrasi ini melibatkan sekitar sedikitnya 15.000 yang berasal dari pabrik buruh tekstil di New York Amerika Serikat. 

Namun masih banyak yang melakukan kejadian tersebut terutama Bagi kalangan sejarawan tapi tidak menutup kemungkinan juga hal tersebut masih dipercayai kaum feminis Eropa terutama di Perancis misalnya, dikutip dari internasional lazim in the labor of Movement 1830 hingga 1940 yakini sebuah peristiwa tersebut merupakan sebuah ide awal sebagai hari lahirnya International women's Day atau hari perempuan sedunia. 

Hal ini terjadi pada 8 Maret 1909 saat itu Kaum Buruh perempuan yang didalangi Partai Sosialis ini menuntut hak berpendapat dan juga berpolitik, kalau itu aktivis perempuan yang bernama teresa malkiel merupakan seorang perempuan kelahiran Rusia tepatnya di Ukraina. Sejak hal tersebut memicu berbagai macam aksi unjuk rasa serupa di berbagai negara yang ada di Eropa pada 19 Maret tahun 1909. 

Tujuan mereka tetaplah sama yaitu untuk memperjuangkan hak pilih untuk kaum perempuan bahkan Jennifer trainer Thomson dalam di bukunya the joy of family tradition tahun 2011 menyatakan aksi ini melibatkan sekiranya lebih dari satu juta orang terutama wanita yang ada di seluruh dunia. 

Akibat aksi unjuk rasa tersebut menewaskan sedikitnya 146 orang buruh perempuan sehingga Hal inilah yang menyebabkan semakin kuatnya TK daripada perempuan tersebut untuk bergerak dan melakukan persamaan hak. Kemudian pada tanggal 26 dan 27 Agustus tahun 1910 diadakanlah internasional sosialis women konferensi atau konferensi perempuan sosialis internasional di Kopen Haggen, Denmark yang dihadiri perwakilan dari puluhan negara di dunia. 

Bahkan sebelum terjadinya konferensi tersebut ternyata hal tersebut juga pernah dilaksanakan di Stunttgart, Jerman pada 17 Agustus tahun 1907. Sebenarnya masih banyak perdebatan mengenai Kapan hari lahirnya perempuan sedunia ini, yang pertama yaitu pada tanggal 8 Maret sesuai dengan tanggal dilakukannya unjuk rasa Kaum Buruh perempuan di New York pada 1857, 1907 hingga 1909. 

Sedangkan pada opsi kedua adalah pada tanggal 19 Maret hal ini didasarkan pada digelarnya aksi demonstrasi kaum perempuan yang pernah dilakukan secara serentak di beberapa negara Eropa yaitu pada 19 Maret tahun 1909. Hal inilah yang membuat akhirnya pada tanggal 8 Maret tahun 1975 perserikatan bangsa-bangsa PBB mulai mengakui dan memperingati hari internasional women's Day ini.

Meskipun belum ditetapkan secara resmi, Hingga akhirnya peresmian tersebut dilakukan pada tanggal 8 Maret sebagai hari perempuan sedunia yang terjadi 2 tahun kemudian yaitu pada tanggal 8 Maret tahun 1977 dan terus diperingati hingga saat ini sebagai hari perempuan sedunia. 

Nah itulah tadi kesimpulan mengenai hari lahir perempuan internasional yang berawal dari penuntutan kesamaan hak wanita yang pada saat itu mengalami diskriminasi hal inilah yang membuat kaum wanita pada saat itu tergerak untuk melakukan aksi unjuk rasa besar-besaran. 

Dan berkat aksi tersebut kini setiap tanggal 8 Maret kita memperingati hari perempuan internasional, semoga informasi ini bisa menambah wawasan serta pengetahuan kalian sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.


Load comments