Sejarah kabinet presidensial singkat

Sejarah kabinet presidensial singkat

sejarah kabinet Presidensial

Berikut ini adalah sejarah dari kabinet Presidensial beserta dengan Menterinya

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai sejarah kabinet presidensial kita harus mengetahui terlebih dahulu Apa itu Kabinet? Kabinet adalah suatu badan atau dewan dalam pemerintahan yang tersusun dari beberapa menteri. Dan kabinet ini biasanya dibagi lagi menjadi dua macam yaitu kabinet parlementer dan juga kami di presidensial.

Kabinet parlementer merupakan kabinet yang di dalamnya terdapat menteri-menteri yang bertanggung jawab kepada parlemen sedangkan kabinet presidensial merupakan sistem pemerintahan yang melaksanakan tugas eksekutif dan dipimpin dan dipertanggungjawabkan oleh presiden secara langsung.
Pengertian Kabinet Presidensial

Apa itu kabinet presidensial? Kabinet presidensial adalah kabinet yang pertama kali dibentuk di Indonesia. Kabinet presidensial ini dibentuk setelah proklamasi kemerdekaan dan kabinet ini mulanya hanya bersifat formal dan belum bisa melaksanakan roda pembangunan dan juga pemerintahan.

Kabinet presidensial juga sering disebut sebagai kabinet presidentil hal ini dikarenakan karena setelah kemerdekaan indonesia menerapkan kabinet presidensil yang mana presiden mempunyai fungsi sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan di Indonesia.

Berlakunya kabinet presidensial di Indonesia ini dimulai sejak 2 September tahun 1945 hingga 14 November tahun 1945 dan memiliki nama-nama menteri kabinet presidensial yaitu sebagai berikut:

Menteri luar negeri yaitu Mr Ahmad Soebardjo

Menteri Dalam Negeri yaitu R.A.A. Wiranatakoesoem

Wakil menteri dalam negeri yaitu mr. Harman

Menteri keamanan rakyat yaitu (a.i) Soeljadikoesoemo

Menteri kehakiman prof.Dr. Soepomo

Menteri penerangan yaitu amir Syarifudin

Wakil menteri penerangan ya itu Ali Sastroamidjojo

Menteri Keuangan yaitu Dr.Sasmi

Menteri kemakmuran yaitu Ir. Surahman cokroadisuryo

Menteri Perhubungan dan Menteri Pekerjaan Umum yaitu abikusno tjokrosujoso

Menteri Sosial yaitu iwa kusumasumantri

Menteri pengajaran yaitu Ki Hajar Dewantara

Menteri Kesehatan yaitu Dr itu. Boentaran martoatmodjo, Mr Amin, wahidin Hasyim

Menteri negara yaitu Mr Sartono, A.A. Maramis, otto Iskandardinata

 

Maklumat Presiden batas kabinet presidensial

Pada saat itu PNI ditetapkan sebagai satu-satunya apa yang negara atau Staatspartij yang dapat melakukan kritik keras sehingga menggagalkan Penetapan tersebut. Tentu saja hal ini tidak mencerminkan suatu negara yang demokrasi sebagaimana yang telah dikemukakan oleh Sultan Syahrir.

karena syahrir berpendapat bahwa kehidupan berdemokrasi merupakan sistem multipartai yang dapat menjalankan pemerintahan dan bertanggung jawab kepada parlemen. Sehingga upaya ya tersebut terlihat ketika KNIP mengadakan sidang pada tanggal 16 Oktober tahun 1945 dan Dalam sidang tersebut menyatakan suatu usulan kepada presiden agar mereka diberikan hak legislatif selama MPR dan DPR belum dibentuk.

Sehingga harga pada usulan tersebut wakil presiden kita saat itu yaitu Muhammad Hatta mengeluarkan maklumat Wakil Presiden No 10/1945 mendelegasikan kekuasaan pada badan pekerjaan KNIP BK- kNIP yang diketuai oleh sutan Syahrir dan juga Amir Syarifudin sebagai wakil ketua.

Dan Pada masa ini rakyat diberikan kesempatan untuk mendirikan partai politik atau parpol berdasarkan maklumat pemerintah tanggal 3 November tahun 1945. Tujuannya adalah agar partai politik tersebut dapat berbagai aliran atau paham, namun tan Malaka menilai bahwa dengan adanya banyak parpol dapat memecah belah persatuan bangsa.

Namun hal tersebut tidak diindahkan oleh pemerintahan dan berdirilah partai sosialis seperti Masyumi yaitu gabungan dari Partai Sosialis Indonesia pimpinan dari Amir Syarifudin dan juga partai rakyat sosialis yang dipimpin oleh Syahrir. Kemudian ada juga Partai Komunis Indonesia atau PKI, partai buruh Indonesia atau PBI hingga partai Kristen Indonesia atau parkindo.

Nah itulah tadi sedikit informasi mengenai masa kabinet presidensial yang merupakan kabinet pertama yang pernah dibentuk di Indonesia jika ada pertanyaan dan saran dapat anda sampaikan di kolom komentar ya, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya salam jas merah.

Sumber:Sejarah Kabinet-Kabit di Indonesia oleh Fidelara
Load comments