Sejarah Perang Dunia 2 dan Dampaknya

Sejarah Perang Dunia 2 dan Dampaknya

Sejarah Perang dunia 2

Sejarah Perang Dunia 2 beserta dengan penjelasannya

Jika Sebelumnya kita telah membahas mengenai perang dunia pertama maka kali ini kita akan membahas bagaimana sejarah dari perang dunia ke-2 mulai dari pemicu seperti latar belakang proses terjadinya perang dunia ke-2 tingkat dampaknya bagi dunia dan juga Indonesia, berikut ini adalah penjelasannya.

Perang dunia ke-2 dipicu oleh kebijakan sepihak yang dilakukan oleh italia Jepang dan juga Jerman dan mendapatkan protes keras oleh Amerika Serikat. Namun hal tersebut tidak mendapatkan respon oleh pihak Inggris bahkan pihak Prancis terkesan membiarkan ketika Jerman bersama dengan Italia mengambil wilayah yang ada di benua eropa yaitu cekoslovakia atau studentland.

BACA JUGA:Sejarah Perang Dunia 1 dan Dampaknya

Sebenarnya tujuan dari prancis dan juga Inggris membiarkan kedua negara tersebut memperluas wilayahnya adalah untuk di mencegah terjadinya peperangan. Sehingga hal tersebut masih dibiarkan hal ini bahkan disepakati pada tanggal 30 September tahun 1938.

Namun sayangnya pada tahun 1939 hitler yang menjadi pemimpin tertinggi di Jerman saat itu dengan sengaja melanggar perjanjian tersebut dengan mengambil alih beberapa negara bagian, hal inilah yang membuat negara lain terutama Inggris murka dan berjanji akan membantu negara Polandia seandainya mereka juga diserang oleh Nazi Jerman.

Jerman terus melakukan pergerakan dan membuat kesepakatan bersama dengan pemimpin negara Uni Soviet saat itu yaitu Joseph Stalin dan menandatangani perjanjian non agresi pada 23 Agustus tahun 1939. Tak hanya sampai disitu saja jerman terus melakukan pergerakan hingga melakukan serangan pada 1 September dan menyerbu kota danzig dan juga Polandia sejak saat itulah perang dunia ke-2 mulai.

Jalannya Perang Dunia ke-2

Perang dunia ke-2 jadi pada tahun 1939 hingga tahun 1945 sebenarnya perang dunia ke-2 jauh lebih mengerikan dibandingkan dengan perang dunia 1 hal ini dikarenakan pada perang dunia ke-2 lebih melibatkan banyak negara dan juga Alusista yang sudah cukup modern salah satunya adalah nuklir yang telah meluluhlantakkan wilayah Hiroshima dan juga Nagasaki sehingga mereka menyerah tanpa syarat kepada pihak Sekutu dengan jumlah dan kerugian yang yang tidak sedikit.

Berikut ini adalah latar belakang terjadinya perang dunia ke-2 yang dibagi kedalam dua sebab umum dan juga sebab khusus:

Sebab umum terjadinya PD 2

  1. Adanya perlombaan senjata antar negara
  2. Timbulnya paham yang saling bertentangan seperti fasis, dan juga komunis
  3. Adanya politik revanche idea Jerman yaitu paham dimana politik balas dendam terhadap kekalahan di perang dunia pertama
  4. Timbulnya perluasan wilayah atau ekspansi di berbagai bidang oleh pihak, lebensraum atau Jerman, irredenta atau Italia dan juga Hakko ichius jepang.
  5. Adanya politik mencari kawan dan membuat blog-blog antarnegara.


Sebab khusus

Sebab khusus dalam terjadinya perang dunia ke-2 disebabkan oleh Jerman yang menyerang Kota danzig yang terletak di wilayah Polandia sehingga hal inilah yang membuat negara lain seperti Inggris akhirnya menyatakan perang dengan Jerman.

Bahkan tak hanya pihak Inggris aja negara Eropa lainnya seperti Prancis ikut ambil bagian dan menyatakan perang terhadap Jerman. Peperangan ini terjadi pada 7 Desember tahun 1941, yang kemudian diikuti oleh beberapa negara lain seperti Jepang yang menyerang pangkalan Amerika Serikat di Pearl Harbor yang Tujuannya adalah untuk menguasai wilayah asia Termasuk Indonesia. Kemudian disusul oleh italia yang juga mengumpulkan perang kepada Amerika Serikat.

Akibat terjadinya perang dunia ke-2 mengakibatkan dampak yang sangat luas ke berbagai bidang yaitu sebagai berikut:
  1. Bidang Ekonomi
  2. Dampak perang dunia ke-2 bagi perekonomian pada saat itu mengalami kekacauan
  3. Munculnya negara Amerika sebagai negara kreditur
  4. Jerman dan juga Jepang tumbuh menjadi negara industri


Bidang Politik

Berikut ini adalah dampak perang dunia dunia di bidang Politik:
  1. Amerika Serikat terlahir menjadi negara adikuasa
  2. Uni Soviet atau Rusia menjadi raksasa baru dan persaingan Amerika Serikat
  3. Munculnya negara-negara seperti Korea Utara dan juga Korea Selatan, vietnam Utara dan Vietnam Selatan dan juga Jerman Timur dan juga Jerman Barat
  4. Munculnya politik aliansi seperti NATO Warsawa, dan juga METO.


Bidang Budaya

  1. Memunculkan ilmu pengetahuan yang terus berkembang seperti teknologi yang lebih maju.
  2. Munculnya organisasi baru seperti PBB yang menggantikan LBB
Demikianlah rangkuman mengenai sejarah perang dunia ke 2, semoga informasi ini bisa bermanfaat.
Load comments