Sejarah Sumpah Pemuda dan maknanya

Sejarah Sumpah Pemuda dan maknanya


sejarah sumpah pemudan dan maknanya bagi bangsa

Hi Historian, sudah kita ketahui bahwa setiap tanggal 28 Oktober sebagai Hari Sumpah Pemuda, sebagai ikrar bertanah air satu berbangsa satu dan berbahasa satu yaitu Indonesia. 

Sumpah Pemuda ini tercetus dalam Kongres Pemuda kedua pada tanggal 28 Oktober tahun 1928 dan merupakan tonggak pencetus dalam persatuan serta memberikan semangat kepada para pemuda dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Berikut Ini adalah penjelasan mengenai sejarah dari Sumpah Pemuda, kronologi hingga maknanya bagi rakyat Indonesia.

Latar belakang munculnya Sumpah Pemuda

Awal mula munculnya Sumpah Pemuda ini dimulai ketika berdirinya Budi Utomo hingga melahirkan berbagai macam organisasi baru seperti Jong Sumatra Bond, Jong Ambon, Jong Betawi, Jong Minahasa, Pemuda Timur, Trikoro darmo hingga sekar Rukun.

Semenjak Lahirnya berbagai macam organisasi tersebut pemuda di setiap daerah memiliki persamaan semangat terhadap perjuangan hingga muncullah organisasi Perhimpunan Indonesia atau PI yang terdiri dari berbagai macam pemuda dari berbagai suku dan juga daerah di Hindia Belanda atau Indonesia saat ini.

BACA JUGA: Karya sastra peninggalan kerajaan Islam beserta contohnya

Hal ini kemudian menjadi latar belakang dari lahirnya Sumpah Pemuda yang kita kenal saat ini, rekapan kemudian melakukan pertemuan pada tahun 1920-an namun sayangnya masih belum dapat menemukan solusi diadakan lagi pada tanggal 15 November tahun 1925.

Selain itu ada beberapa poin dari lahirnya Sumpah Pemuda yaitu sebagai berikut:
  • Munculnya politik etis dari Belanda.
  • Berkembangnya pers juga media.
  • kemunculan berbagai organisasi kepemudaan yang kemudian melahirkan semangat kebangsaan.
  • Karena hal tersebut kemudian diadakanlah Kongres Pemuda serta membahas panitia pelaksanaan kesepakatan bersama yang kemudian dilanjutkan pada 30 April tahun 1926 gerakan rapat Kongres Pemuda 1.
Dalam Kongres Pemuda pertama 1 tersebut beberapa kesepakatan bersama yaitu sebagai berikut:
Indonesia merupakan cita-cita bersama bagi seluruh pemuda di Indonesia.
Setiap organisasi kepemudaan bertujuan untuk menggalang persatuan para pemuda yang dapat menyelenggarakan Kongres Pemuda kedua pada tanggal 26 sampai tanggal 28 Oktober. 
Namun Sayangnya pada Kongres Pemuda pertama ini tidak bisa berjalan dengan baik karena pihak Belanda melarang untuk menyatakan kemerdekaan bagi Indonesia sehingga beberapa pemuda diantaranya ditangkap dan didiasingkan ke berbagai daerah terpencil.

Sehingga pada masa Kongres Pemuda pertama ini belum didapatkan hasil yang memuaskan.

Sejarah lahirnya Sumpah Pemuda

Akibat dari tidak berjalan lancar kongres Pemuda 1 maka dilanjutkanlah dengan kongres Pemuda kedua. Kongres Pemuda kedua ini dilaksanakan dalam beberapa hari hari pertama gedung katholieke jongenlingen Bond atau Gedung Pemuda Katolik sedangkan pada hari kedua diadakan di gedung oost-java yang sekarang bernama Jalan Medan Merdeka Utara di wilayah Jakarta Pusat yang berlangsung pada tanggal 27 hingga 28 Oktober tahun 1928.

Dalam Kongres ini memiliki tujuan yaitu:


Melahirkan cita-cita bagi semua perkumpulan pemuda pemuda di Indonesia.
Membicarakan beberapa masalah tentang pergerakan pemuda di Indonesia serta dapat memperkuat kesadaran kebangsaan dan juga memperteguh persatuan di indonesia.

Pada kongres ini diikuti oleh berbagai macam peserta seperti Perhimpunan pelajar-pelajar Indonesia atau PPPI, Jong Java, jong Batak Bond, Jong Islamieten Bond, Pemuda Indonesia, Jong Celebes, Jong Ambon, katholieke jongenlingen Bond, Pemuda kaum Betawi, Sekar Rukun dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu hadir pula beberapa perwakilan dari Pemuda Tionghoa yaitu oi Kay siang, John lauw tjoan hok dan juga Tjio Djien Kwie.

Isi dan Makna Sumpah Pemuda

                                            Teks Asli dari Sumpah Pemuda (Twitter)


Beberapa hari melakukan Kongres Pemuda kedua maka pada tanggal 28 Oktober tahun 1928 yang disepakati oleh para pemuda dengan mengikrarkan tiga janji yang mereka sebut sebagai sumpah pemuda berikut ini adalah isi dari Sumpah Pemuda:
Kesatu
Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia

Kedua
putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia

Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia

 

 Tempat dibacakannya Sumpah Pemuda ini merupakan rumah pondokan atau asrama dari pelajar dan juga mahasiswa milik orang keturunan Tionghoa yang bernama Sie Kok Liong di jalan Kramat Raya nomor 106 Jakarta Pusat. Gedung tersebut saat ini dijadikan sebagai Museum Sumpah Pemuda.


Dari ikrar Sumpah Pemuda tersebut menghasilkan semangat dan juga sebagai tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia dalam mengawali kesadaran kebangsaan berikut ini adalah makna dari sumpah pemuda bagi bangsa Indonesia:

Sejak lahirnya Sumpah Pemuda memiliki makna yang sangat dalam bahwa peristiwa bersejarah itu mengajarkan nilai-nilai persatuan bagi bangsa Indonesia, dengan adanya Sumpah Pemuda membuktikan bahwa perbedaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. 

Bisa dipersatukan sebagai bentuk perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang memiliki arti sebagai berbeda-beda namun tetap satu juga.

Selain itu lahirnya Sumpah Pemuda ini memiliki nilai-nilai positif yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti nilai Patriotisme gotong-royong musyawarah atau mufakat cinta dan juga keluargaan serta juga kesatuan dan juga tanggung jawab serta kerukunan bersama.

Sehingga dengan lahirnya Sumpah Pemuda ini diharapkan bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi milenial seperti saat ini ke arah yang lebih baik lagi.

Susunan panitia pada Kongres Pemuda 2
  • Ketua yaitu Sugondo joyopuspito PPPI
  • Wakil Ketua yaitu RM Djoko marsaid Jong Java
  • Sekretaris yaitu Muhammad Yamin Jong sumatranen Bond
  • Bendahara yaitu Amir Syarifuddin Jong bataks Bond
  • Pembantu 1 yaitu Johan Muhammad kejai Jong Islamieten
  • Pembantu 2 yaitu R. Katjasoengkana pemuda Indonesia
  • Pembantu 3 yaotu R.C.I. sendok Jong Celebes
  • Pembantu 4 yaitu Johanes leimena Jong Ambon
  • Pembantu 5 yaitu Muhammad Rochjani Su'ud
  • Pemuda Betawi

Dan pada saat itu pula hadir wage Rudolf Supratman yang kemudian memainkan lagu Indonesia Raya bersama dengan biolanya dan Sejak saat itu merupakan pertama kalinya lagu Indonesia Raya dikumandangkan oleh Dolly Salim yang tidak lain adalah putri dari Haji Agus Salim.

Kesimpulan

Semenjak Lahirnya berbagai macam organisasi serta kebijakan yang dianggap memberatkan bagi rakyat Indonesia membuat para pemuda kala itu memiliki persamaan nasib dan juga sepenanggungan sehingga terciptalah rasa kebangsaan diantara para pemuda di setiap daerah yang ada di Indonesia.

Hingga kemudian membuat para pemuda tersebut mengadakan pertemuan yang kemudian melahirkan teks Sumpah Pemuda yang kita kenal hingga saat ini dan berkat lahirnya Sumpah Pemuda tersebut kita bisa menikmati kemerdekaan serta semangat kebangsaan dari para pemuda di Indonesia.

Semoga informasi ini bisa menambah wawasan pengetahuan kita dan juga dapat menumbuhkan rasa toleransi bagi setiap Pemuda untuk tetap menjaga rasa persatuan di Indonesia sampai jumpa di pembahasan selanjutnya, salam jas merah.
Load comments