Pengertian, Contoh, Jenis dan Teknik menulis Parafrase yang baik dan benar

Pengertian, Contoh, Jenis dan Teknik menulis Parafrase yang baik dan benar

Cara membuat parafrase yang benar

Pengertian, Contoh, Jenis dan Teknik menulis Parafrasa yang baik dan benar

Deltabuana.com-Bagi kalian yang saat ini sedang menempuh jalur pendidikan, tentu sudah tidak asing lagi kan dengan yang namanya parafrasa atau parafrase. 

Hal ini dikarenakan parafrasa merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan, agar karya ilmiah ataupun tulisan yang dibuat tidak plagiat dengan tulisan lain.

Berikut ini adalah pengertian contoh dan juga teknik dalam menulis paraphrase yang baik dan benar dalam menulis karya ilmiah.

Pengertian dari Paraphrasa

Parafrasa ataupun dikenal jugq dengan parafrase merupakan suatu bentuk yang mengungkapkan kembali isi ataupun tuturan suatu bahasa ke bahasa lain tanpa harus mengubah maknanya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar dapat menjelaskan makna yang tersembunyi dengan cara yang berbeda menurut KBBI.

Sedangkan menurut para ahli parafrasa ini berarti suatu ringkasan yang dapat ditulis dengan suatu kata-kata milik anda sendiri yang dibuat secara ringkas dan terdapat poin-poin utama. 

Sedangkan menurut Wikipedia paraphrase merupakan suatu istilah linguistik atau ilmu kebahasaan yang berarti kembali mengenali suatu konsep dengan cara yang berbeda namun masih tetap sama baik dalam pembahasan tanpa mengubah topik tersebut. Berikut ini adalah ciri-ciri dari paraphrase tersebut:
  • Bentuk tuturan yang berbeda
  • Cara penyampaian yang berbeda
  • Menggunakan bahasa penyampaian perbedaan
  • Memiliki makna tuturan yang tetap sama
  • Memiliki substansi yang tetap atau tidak berubah
Sedangkan dalam pembagiannya parafrasa ini dibagi menjadi dua bagian berdasarkan jenisnya:

Parafrasa lisan dan juga Paraphrase tulisan.

Jenis-jenis adalah sebagai berikut:

Parafrasa bebas

Dalam membuat parafrasa bebas Penulis tidak diwajibkan dengan menggunakan kata-kata gerakan dalam meskipun penulis tetap harus mempertahankan inti dari makna karya tulis sebelumnya.

Parafrasa terikat

Untuk parafrasa terikat penulis diwajibkan menggunakan kata-kata dalam suatu karya tulisnya namun tetap dapat ditambahkan dengan kata-kata dapat membangun sedikit perbedaan dan memiliki inti dan makna yang sama.

Cara membuat paraphrasa

Tentunya dalam membuat suatu karya ilmiah dengan menggunakan paraphrase dibutuhkan suatu sumber utama agar memudahkan kita dalam mengubah bahasa dalam tulisan tersebut. 

Untuk membuat parafrasa lisan tentu dibutuhkan suatu langkah-langkah seperti membaca dengan cermat, memiliki catatan kalimat yang inti, mengembangkan kalimat inti menjadi suatu pokok pikiran, menyampaikan pokok pikiran dalam bentuk uraian lisan yang tentunya menggunakan kalimat sendiri.

Sedikit tips dalam menentukan kalimatnya kalian bisa menggunakan perumpamaan seperti sinonim, ataupun mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung dan mampu mengubah kalimat aktif menjadi kalimat tidak aktif dan sesuai dengan bahasa kalian sendiri.

Hal tersebut juga tidak berbeda jauh dengan parafrasa tulisan. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat parafrasa:

Parafrasa lisan

  1. Membaca teks secara keseluruhan dengan cermat
  2. Menentukan pokok-pokok dari tulisan
  3. Telah menentukan tuturan yang hendak digunakan dalam variasi penulisan
  4. Menyusun pokok pikiran
  5. Bersifat menyempurnakan ataupun melengkapi
  6. Kapan menggunakan kata ganti orang ketiga Sebagai narasi

Parafase tulisan

  1. Membaca terlebih dahulu dengan cermat
  2. Menulis kalimat inti dari setiap bacaan
  3. Mengembangkan kalimat inti yang diperoleh sehingga menjadi Gagasan pokok
  4. Menyampaikan gagasan pokok tersebut menggunakan kalimat sendiri
  5. Mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif
  6. Menggunakan kata sinonim
Berikut ini adalah contoh dari kalimat paraphrase:

Aku pergi ke kota menggunakan kendaraan bermotor dan memakan waktu kurang lebih selama 3 jam, hal ini merupakan suatu yang wajar karena wilayah Aku cukup jauh dari kota.

Kalimat paraphrasa

Dengan mengendarai sepeda motor saya ya pergi menuju kota dan memakan waktu selama 3 jam, tentu saja keadaan tersebut dapat dimaklumi karena kondisi kami cukup jauh dari kota.

Nah itulah tadi sedikit informasi mengenai cara membuat parafrasa beserta dengan pengertian contoh dan juga langkah-langkah dalam membuat parafrasa.yang baik dan benar. Semoga 
Informasi ini bisa bermanfaat sampai jumpa di pembahasan selanjutnya ya.
Load comments