Sejarah dan fakta Candi Prambanan

Sejarah dan fakta Candi Prambanan

candi prambanan
Haii historian kembali lagi di situs deltabuana.com, apa kabarnya nih semoga selalu sehat ya, Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai sejarah dan asal-usul berdirinya Candi Prambanan sebagai salah satu Candi Hindu terindah yang ada di Asia Tenggara dan merupakan kompleks percandian Hindu terbesar yang ada di Indonesia.

Candi Prambanan atau dikenal pula dengan nama Candi Roro Jonggrang ini berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya terletak di Dusun Karangasem, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

berdasarkan cerita rakyat yang telah lama beredar konon Candi Prambanan inu dibangun oleh bangsa jin dibawah kendali dari Bandung Bondowoso. Hal ini dilakukan atas Persyaratan untuk melamar Roro Jonggrang yaitu seorang wanita yang terkenal cantik jelita pada saat itu, karena hal tersebut

kemudian Roro Jonggrang memberikan persyaratan kepada Bandung Bondowoso untuk dibangunkan 1000 Candi hanya dalam waktu satu malam saja. Lalu apakah hal tersebut benar? Nah maka dari itu simak terus penjelasan berikut ini ya, tapi sebelum kita lanjut kepembahasannya. mendapatkan berbagai macam informasi yang menarik dan bermanfaat seputar edukasi dan tutorial lainnya.

berikut ini adalah fakta-fakta dari sejarah pembangunan candi Prambanan yang perlu kita ketahui..

1. Fakta Pembangunan Candi Prambanan

Sudah kita ketahui bahwa santer beredar bahwa pembangunan candi Prambanan atau Candi Roro jongrang ini awalnya dibangun oleh Bandung Bondowoso untuk meminang wanita yang bernama Roro Jongrang, Namun sayang, pembangunan tersebut ternyata mengalami kegagalan karena Roro Jonggrang kemudian membuat siasat agar pembangunan tersebut mengalami kegagalan dan membuat Bandung Bondowoso pada saat itu sangatlah murka, sehingga karena hal tersebut kemudian membuat Roro

Jonggrang akhirnya dikutuk oleh Bandung Bondowoso yang terlanjut murka akibat ulah dari Roro jongrang, sehingga ia mengutuknya menjadi sebuah Arca batu untuk yang digunakan untuk melengkapi Candi ke 1000.

Lalu apakah hal tersebut benar ??jadi faktanya cerita rakyat tersebut hanyalah sebuah dongeng belaka guys, yang disampaikan dari mulut ke mulut, sehingga fakta sebenarnya pembangunan candi Prambanan ini tidak dibuat hanya dalam satu malam saja.. lalu bagaimana sejarah pembangunan candi Prambanan ini?

2. Proses pembangunan Candi Prambanan

Dalam proses pembangunannya, ternyata Candi Prambanan ini terdapat dalam sebuah prasasti yang bernama siwagrha, dalam prasasti tersebut dijelaskan bahwa awal mula dibangunnya candi Prambanan ini adalah oleh Rakai Pikatan yang dimulai sekitar tahun 850 Masehi,

Pembangunan Candi Prambanan ini ternyata memiliki tujuan yaitu sebagai tandingan atas Kompleks percandian Buddha seperti candi borobuduur dan juga Candi Sewu.

Dan juga Pembangunan Candi ini digunakan untuk menandai bahwa telah kembali berkuasanya Wangsa Sanjaya atas wilayah Jawa. Hal ini juga sangat erat kaitanya

atas persaingan dari Wangsa Sanjaya dan juga Wangsa Sailendra.. dimana kedua wangsa ini memiliki aliran yang berbeda yaitu Wangsa Sanjaya sebagai penganut Hindu dan Wangsa Sailendra sebagai penganut Buddha.

Selain itu pembangunan Candi Prambanan ini juga dipercaya sebagai persembahan kepada Trimurti yaitu tiga Dewa utama dalam kepercayaan Hindu.

Dan Berdasarkan Prasasti siwagrha Kompleks Candi Prambanan inu sebenarnya bernama siwagrha yang bermakna rumah dari deew siwa, meskipun Trimurti sangat dimuliakan dalam Kompleks perCandi ini, namun dewa Siwa Mahadewalah yang menempati ruang utama kompleks percandian ini..

Dalam proses pembangunannya ternyata bangunan candi Prambanan inu membutuhkan waktu Selama ratusan tahun yang dimulai oleh Rakai Pikatan lalu dilanjutkan oleh raja lokapala dan raja Balitung Maha Sambu secara berkelanjutan..

3. dari mana asal usul dari munculnya nama Prambanan ?

Jadi asal usul dari nama Prambanan yang kita ketahui saat ini merujuk kepada nama desa dimana tempat Candi ini didirikan, dan diduga nama tersebut berasal dari perubahan nama dialek bahasa Jawa dari istilah teologi Hindu para brahman yang berarti brahman Agung..

Candi Prambanan terus disempurnakan oleh raja-raja selanjutnya.. bahkan ketika era dari kerajaan Mataram, Candi Prambanan ini digunakan sebagai tempat berlangsungnya berbagai upacara Agung..

Dan saat itu lokasi dari ibu kota dari kerajaan Mataram berada tak jauh dari wilayah Prambanan, Kemudian ketika Mpu Sindok bertahta menjadi raja dan mendirikan Wangsa Isyana pada tahun 930 M an. ilIbu kota kerajaan kemudian dipindahkan ke wilayah Jawa Timur, hal ini diduga karena ternajdinya perebutan kekuasaan atau akibat dari bencana alam seperti letusan hebat dari Gunung Merapi..

Hal inilah yang kemudian membuat ibukota Candi Prambanan perlahan mulai ditelantarkan dan akhirnya mengalami keruntuhan yang terjadi sekitar abad ke-16 M.

4. Kembali dikenalnya Candi Prambanan

Akibat ditinggalkannya Kompleks Percandian ini akibat berbagai faktor yang telah dijelaskan sebelumnya membuat candi ini benar-benar telah terlupakan dalam beberapa waktu. Namun seiring dengan perubahan zaman dan bergantinya waktu, kemudian Banyak masyarakat dari luar yang mulai bermukim disekitar bekas reruntuhan Candi Prambanan ini.

Meskipun pada awalnya keberadaan dari Candi Prambanan ini mereka kuranh peduli dan sama sekali tidak tahu menahu mengenai sejarah dan latar belakang sebenarnya tentang Siapakah raja dan kerajaan apa yang membangun Monumen megah ini..

Sehingga muncullah cerita rakyat yang kemudian dikenal dengan cerita Roro Jonggrang yang kemudian banyak diceritakan dari mulut kemulut..

Kemudian ketika pemerintah kolonial inggris menguasai wilayah Jawa C.A Lons yaitu orang berkebangsaan Belanda mengaku telah menemukan reruntuhan megah bekas kompleks percandian pada tahun 1733 hal inilah yang kemudian menghebohkan dunia..

Colin Mackenzie, merupakan seorang surveyor bawahan dari Sir Thomas Stamford Raffles, ketika berkuasa di tanah Jawa..

Meskipun Sir Thomas kemudian memerintahkan penyelidikan lebih lanjut, mengenai reruntuhan candi ini, namun nyatanya kompleks percandian ini tetap telantar hingga berpuluh-puluh tahun.

Hingga kemudian Penggalian tak serius dilakukan sepanjang 1880-an yang sayangnya malah menyuburkan praktik penjarahan ukiran dan batu candi.

Pemugaran kembali dimulai pada tahun 1918, akan tetapi upaya serius yang sesungguhnya dimulai pada tahun 1930-an dan berlanjut beberapa waktu selanjutnya..

sejak saat itulah candi ini semakin dikenal dan ketika Indonesia Merdeka, proses pemugaran ini masih terus dilanjutkan. Hingga dianggap selesai pada tahun 1953 atas pengumuman resmi oleh presiden Soekarno. lamanya proses pemugaran dikarenakan bangunan candi yang runtuh dan luasnya kompleks percandian, serta banyaknya bagian candi yang hilang dan rusak karena proses alam ataupun akibat dari penjarahan. sehingga prosesnya memakan waktu lebih dari 200 tahun dan belum sepenuhnya selesai hingga saat ini.

Saat ini Candi Prambanan telah ditetapkan sebagai situs warisan budaya UNESCO pada tahun 1991. Selain itu Candi ini juga dinobatkan sebagai yang terindah yang ada di Asia Tenggara dan candi Hindu terbesar di Indonesia..

Dalam arsitekturnya Candi Prambanan ini berbentuk tinggi dan ramping mirip dengan percandian hindu lainnya. Dimana candi utamanya bernama candi Siwa yang menjulang setinggi 47 m.

Yang letaknya berada ditengah-tengah dari gugusan candi-candi lainnya yang lebih kecil. sebagai salah satu yang termegah dan terindah yang ada di Asia Tenggara Candi Prambanan kini menjadi ikon pariwisata yang ada di Yogyakarta yang mana candi ini mampu menarik kunjungan wisatawan mancanegara dari berbagai penjuru dunia untuk datang dan melihat langsung candi yang indah ini..

Nah itulah tadi sekilas mengenai sejarah dari Candi Prambanan, sekarang sudah pada taukan asal usul dari candi Prambanan ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.
Load comments