inilah 7 Puncak tertinggi di indonesia

inilah 7 Puncak tertinggi di indonesia

puncak tertinggi di indonesia


Halo assalamualaikum wr wb, selamat pagi, siang, sore ataupun malam..bagi sobat backpacker dimanapun kalian berada. Apa kabarnya nih semoga masih sehat dan banyak rezekinya ya, aamiin.

ngomongin soal gunung, kalian sudah pernah summit dimana aja nih ? atau bagi kalian yang masih menyusun rencana untuk mendaki salah satu gunung yang ada di negeri kita tercinta ini, boleh deh kalian simak dulu informasi darini,

Karena dalam video ini kalian akan mendaptkan informasi Mengenai beberapa gunung

yang sudah sangat terkenal dikalangan para pendaki, bahkan beberapa gunung ini mendapat julukan sebagai "7 summit Indonesia".

Sedikit informasi Bagi yang belum,, 7 summit adalah 7 puncak tertinggi yang ada di Indonesia. Seperti yang dirangkum dari situs 7summit indonesia ke 7 puncak tertinggi

ini dilambangankan dengan bentuk segitiga yang saling berdempetan dan di dasari oleh garis berwarna hijau yang melambangkan hutan lebat yang menyelimuti ke 7 gunung tersebut.

Sedangkan 4 warna dari lambang segitiga tersebut memiliki arti yaitu warna hitam yang melambangkan gunung yang tidak aktif atau bukan gunung berapi meliputi gunung bukit raya, gunung latimojong dan gunung binaiya..

Sedangkan warna merah pada lambang segitiga tersebut berarti gunung berapi atau gunung yang masih aktif yaitu gunung kerinci, gunung semeru dan gunung rinjani..

Sedangkan warna abu-abu melambangkan piramida cartenz atau puncak jaya..

Nah makin penasarankan seperti apa sih gunung yang dijuluki sebagai gunung tertinggi di Indonesia ini, serta bagaimana keindahan gunung tersebut yuk langsung aja kita menuju ke pembahasannya..

Eits tapi sebelum kita lanjut jangan lupa dukungannya untuk tekan tombol subscribenya dulu ya dan nyalakan juga loncengnya karena di channel ini kalian akan mendapatkan berbagai macam informasi yang menarik dan bermanfaat buat kalian tentunya... ok lets gooo...

1. Carstensz Pyramid (Puncak Jaya)

Puncak Jaya atau yang juga dikenal dengan Carstensz Pyramid yang ada di Papua ini, merupakan salah satu puncak tertinggi di Indonesia. Bahkan menjadi yang tertinggi di Indonesia,

Gunung yang menjadi lokasi sport tourism ini memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Puncak tertinggi di Indonesia ini merupakan sebuah gunung karang (limestone) dengan salju abadi. Dan satu2nya gunung di Indonesia yang diselimuti salju hingga saat ini.

Selain menjadi puncak tertinggi di Indonesia, Carstensz Pyramid juga dinobatkan sebagai salah satu dari World Seven Summits. Atau 7 puncak tertinggi di dunia. Untuk mencapai puncak Seven Summit Indonesia ini, pendaki

harus memiliki keahlian panjat tebing yang mumpuni. Sedangkan Jalur pendakian untuk mencapai puncak Carstensz Pyramid ini ada dua, yakni dari Ilaga dan Sugapa.

2. Gunung Kerinci

Menjadi gunung tertinggi yang ada di pulau Sumatera, sehingga membuat Gunung Kerinci ini layak dinobatkan sebagai salah satu Seven Summit yang ada di Indonesia. Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3.805 mdpl.

Lokasi Gunung Kerinci berada di perbatasan antara Sumatera Barat dan Jambi. Gunung Kerinci terletak di Taman Nasional Kerinci Seblat yang juga menjadi taman nasional terbesar di Indonesia.

Salah satu Seven Summit Indonesia ini telah ditetapkan sebagaiWorld Heritage Site dengan kategori Tropical Rainforest Heritage of Sumatra. Selain itu, Gunung Kerinci juga menyandang status sebagai gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara.

3. Gunung Semeru

Terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, Gunung Semeru masuk dalam jajaran puncak tertinggi di Indonesia. Gunung Semeru yang berada di bawah pengawasan administrasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memiliki ketinggian 3.676 mdpl.

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung aktif di Indonesia, sehingga kurang lebih 20 menit sekali kawahnya mengeluarkan abu vulkanik. Sehingga bagi kalian yang ingin meraih atap pulau jawa ini harus mempersiapkan diri secara matang.

Daya tarik utama dari Gunung Semeru adalah karakteristik medannya yang bervariasi. Kita dapat menemukan lanskap

padang sabana, hutan cemara, danau, hingga hutan montana dalam perjalanan menuju puncak Gunung Semeru..

4. Gunung Rinjani

Masuk dalam salah satu Seven Summit Indonesia, Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi di gugusan kepulauan Sunda Kecil. Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl.

Gunung Rinjani menjadi gunung berapi aktif kedua tertinggi di Indonesia. Salah satu puncak tertinggi di Indonesia ini berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Salah satu daya tarik Gunung Rinjani adalah danau kaldera yang berada di puncaknya.

Untuk mencapai puncak tertinggi di Indonesia ini kita bisa melewati dua jalur pendakian, yakni dari Sembalun dan Senaru.

5. Gunung Bukit Raya

Pulau Kalimantan juga menjadi salah satu lokasi sport tourism yang masuk dalam Seven Summit Indonesia. Gunung Bukit Raya memiliki ketinggian 2.278 mdpl dan masuk dalam jajaran puncak tertinggi di Indonesia.

Gunung Bukit Raya berada di perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Secara administratif puncak tertinggi di Indonesia ini berada di bawah pengawasan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya. Dan Gunung Bukit Raya ini bukan termasuk dalam gunung berapi.

6. Gunung Latimojong

Seven Summit Indonesia juga terdapat di Pulau Sulawesi, tepatnya di Gunung Latimojong yang memiliki ketinggian 3.430 mdpl. Puncak tertinggi Gunung Latimojong berada di puncak Rantemario.

Salah satu daya tarik dari Gunung Latimojong adalah ragam jenis satwa yang menghuni lokasi ini. Jika beruntung, kita dapat menjumpai anoa dan babi rusa selama pendakian. Jalur pendakian yang umum dipakai untuk mencapai puncak Rantemario adalah jalur Kecamatan Baraka.

7. Gunung Binaiya

Gunung Binaiya merupakan salah satu puncak tertinggi di Indonesia yang terletak di Kepulauan Maluku. Puncak Binaiya memiliki ketinggian 3.027 mdpl dan berada di pulau Seram, Maluku.

Gunung Binaiya termasuk dalam pegunungan karst dan tidak aktif. Keunikan dari gunung ini adalah medannya yang bervariasi. Gunung Binaiya memiliki hutan dengan ekosistem pantai, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan hujan pegunungan, hingga hutan subalpin yang indah.
 
Nah Itulah tadi sedikit informasi mengenai Seven Summit Indonesia yang cukup menantang untuk ditaklukkan. Yuk buat daftar mau mendaki yang mana terlebih dulu nih ? Hehe saya delta sampai jumpa di puncak ya.
Load comments