Sejarah Malaysia Merdeka Benarkan Pemberian dari Inggris

Sejarah Malaysia Merdeka Benarkan Pemberian dari Inggris

Sejarah Malaysia

Inilah Fakta Sejarah Malaysia Hingga Merdeka


Hai Historian, apa kabarnya nih semoga selalu sehat ya.. kali ini kita akan membahas materi mengenai sejarah dari negara Malaysia. apa sih yang terlitas dibenak kalian terhadap negara ini ? apakah Menara Petronas, Sirkuit Sepang atau malah kak rosnya nih hehe..ya itulah beberapa hal yang identik dengan negara dengan mayoritas penduduk bergama muslim ini.

sebagai negara tetangga, tentu akan sangat menarik jika kita juga, mengetahui bagaimana sih perjalanan sejarah dari negara malaysia hingga bisa menjadi negara yang berdaulat seperti sekarang ini..

oleh karena kita berikut ini adalah penjelasan mengenai sejarah dan fakta dari kemerdekaan Malaysia. ok lets gooo...

1. Malaysia pada masa Kerajaan

Telah kita ketahui sejak dibangku sekolah bahwa wilayah dari malaysia ini, dahulu merupakan tempat yang strategis sehingga wilayah ini pun kemudian berkembang dan menjadi pusat perdagangan utama di kawasan Asia Tenggara. 

Banyaknya bangsa yang datang seperti dari Tiongkok, India dan beberapa bangsa lainnya, membuat kawasan ini semakin ramai dan berkembang hingga muncul Kerajaan Melayu yang bercorak Hindu-Buddha yang kemudian mulai tumbuh dan menguasai pelabuhan di tepi pantai Malaysia ini.

bahkan Kerajaan-kerajaan ini pernah berada di bawah pengaruh dari Sriwijaya dan Kerajaan Chola dari India. kemudian Pada abad ke-15, muncullah Kesultanan Melaka yang didirikan oleh Parameswara yang merupakan pangeran dari sriwijaya yang kemudian memeluk agama islam..

dan sekitar satu abad berdiri, Kesultanan Melaka kemudian berhasil ditaklukkan oleh Portugis pada tahun 1511, akan tetapi keturunan dari sultan Malaka kemudian berhasil mendirikan kerajaan di beberapa tempat lainnya.

Akibat Runtuhnya Kesultanan Melaka, membuat Selat Malaka diperebutkan oleh tiga pihak, yaitu Portugis, Kesultanan Johor, dan juga Kesultanan Aceh. Kemudian Konflik ini berakhir pada tahun 1614 dengan kemenangan dari Kesultanan Johor yang dibantu oleh pihak Belanda.

2. Malaysia pada masa penjajahan Inggris

Inggris pertama kali mendirikan koloninya di Semenanjung Malaya pada tahun 1786. dan kemudian Pada tahun 1824, terdapat sebuah perjanjian yang membagi wilayah kekuasaan antara inggris dan Belanda, Perjanjian tersebut bernama Traktat London

Perjanjian ini resmi membagi kepemilikan dari Malaka sebagai bagian dari kerajaan Inggris dan Indonesia untuk Belanda.

Pengaruh Inggris pun semakin kuat setelah ditandatangani Perjanjian Pangkor pada 20 Februari 1874. Perjanjian ini memberi kuasa kepada Inggris untuk mencampuri urusan negeri Perak. Tentu saja hal ini merupakan sebuah kesalahan yang telah dilakukan oleh Raja Abdullah Ibni Sultan Jaafar,

Kemudian Ketika Jepang mulai datang dan mencoba untuk menginvasi Malaya meskipun pada akhinrya Jepang kemudian mengalami kekalahan dan menyerah tanpa syarat kepada sekutu, Namun Hal ini memunculkan semangat dari rakyat untuk memerjuangkan kemerdekaan pun muncul dan kemudian mereka sepakat untuk membentuk sebuah federasi.

3. Malaysia Uni Malaya, Federasi Malaya, Hingga kemerdekaan

Pasca kekalahan Jepang, Ternyata Inggris kembali berkuasa dan kemudian membentuk Uni Malaya pada 1946. Uni Malaya membuat semua negeri-negeri Melayu, kecuali Singapura, menjadi satu koloni. Hal ini menimbulkan ketidaksenangan dan perlawanan dari golongan nasionalis Melayu pada saat itu.

Kemudian di tahun yang sama, Kepala Mentri Johor, Dato Onn bin Jaafar membentuk Organisasi Nasional Melayu Bersatu atau (UMNO) agar perjuangan memerdekakan Malaya semakin terorganisir. Aksi yang dilakukan UMNO pun membuahkan hasil, dan pada 1948 Uni Malaya dibubarkan untuk diganti dengan Federasi Malaya.

Federasi Malaya ini terdiri dari gabungan sembilan kerajaan Melayu yang ditambah dua provinsi, yakni Johor, Kedah, Kelantan, Malaka, Negeri Sembilan, Pahang, Penang, Perak, Perlis, Selangor, dan Trengganu.

Sedangkan Pemerintah federal ini dipimpin oleh Perdana Menteri, dan ibukotanya ditetapkan di Kuala Lumpur. Meskipun pada masa itu, Partai Komunis Malaya sedang gencar melaksanakan gerilya untuk mengusir Inggris. Namun pemerintah Inggris yang dibantu oleh UMNO berhasil mengatasinya, perlawanan ini berlangsung dari 1948 hingga 1960 dan dikenal dengan sebutan Darurat Malaya.

Sehingga dari hal tersebut kemudian membuat Inggris memberikan janji kemerdekaan bagi Pihak Malaysia, hingga dilakukanlah perundingan dengan para pemimpin Federasi Malaya. Perundingan itu terjadi pada 1 Januari 1956 di London, antara utusan Persekutuan Tanah Melayu yang dipimpin oleh Tunku Abdul Rahman dengan Pemerintah Inggris yang diwakili oleh Sir Alan Lenox Boyd ,Menteri Urusan Jajahan Inggris.

Hingga dari perundingan tersebut dicapailah Kesepakatan pada 8 Februari 1956 bagi Federasi Malaya untuk merdeka dari pihak Inggris. Namun, proklamasi kemerdekaan baru dilaksanakan pada 31 Agustus 1957 di Stadion Merdeka, Kuala Lumpur dan Tuanku Abdul Rahman sebagai perdana menteri pertama dari Negara malaysia.

Namun fakta menarik mengenai negeri Jiran ini yaitu mengenai nama Malaysia yang teryata baru diadopsi pada 1963, ketika Federasi Malaya bersama Sabah, Serawak, dan Singapura membentuk Malaysia.

Dan sejak berdiri Malaysia sebagai negara baru kemudian menghadapi tantangan dari berbagai pihak. Salah satunya dari Indonesia, ketika terjadi persengketaan wilayah yang terjadi pada 1962-1966 dan Singapura memutuskan untuk keluar pada 1965. Malaysia kemudian mengalami pertumbuhan pesat di berbagai bidang mulai tahun 1980-an.

Nah itulah tadi sejarah dan fakta dari negara Malaysia jika ada informasi yang belum jelas dapat kalian sampaikan dikolom komentar ya, saya delta sampai jumpa di pembahasan selanjutnya, salam jasmerah.

Load comments